Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam

0 215

Dalam proses pendidikan, tujuan pendidikan merupakan kristalisasi nilai-nilai yang ingin diwujudkan kedalam pribadi murid. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan bersifat komprehensif, mencangkup semua aspek, dan terintegrasi dalam pola kepribadian yang ideal.

Tujuan pendidikan yang paling sederhana adalah ai???memanusiakan manusiaai???, atau ai???membantu manusia menjadi manusiaai???. Naquib Al Attas menyatakan bahwa tujuan pendidikan islam adalah ai???manusia yang baikai???. Ahmad D. Marimba mengatakan tujuan pendidikan islam adalah terciptanya orang yang berkepribadian muslim. Al-Abrasy mengehendaki tujuan (goal) akhir pendidikan Islam itu adalah terbentuknya manusia yang berahlak mulia (ahlak alkarimah).

Munir Musyi mengatakan bahwa tujuan akhir pendidikan Islam adalah manusia yang sempurna (al-insan al-kamil). Menurut Langgulung tujuan pendidikan adalah tujuan hidup manusia itu sendiri, sebagaimana yang tersirat dalam peran dan kedudukannya sebagai khaliffatullah dan ai???abdullah. Oleh karena itu menurutnya, tugas pendidikan adalah memelihara kehidupan manusia agar dapat mengemban tugas dan kedudukan tersebut.

Selanjutnya, Abdurahman Saleh Abdullah dalam buku educational theory a qurai??i??anic outbook, sebagaimana dikutip oleh Ahmad Zayadi menyatakan bahwa tujuan pendidikan harus meliputi aspek, yaitu:

  • Tujuan jasmani (ahdaf al-jismiyah). Bahwa proses pendidikan ditunjukan dalam kerangka mempersiapkan diri manusia sebagai pengemban tugas khalifah fi al-ardh, melalui pelatihan keterampilan fisik.
  • Tujuan rohani dan agama (ahdap al-ruhaniyah wa ahdaf al diniyah). Bahwa proses pendidikan ditunjukan dalam kerangka meningkatkan pribadi manusia dari kesetiaan yang hanya kepada Allah semesta, dan melaksanakan akhalq qurani yang diteladani oleh Nabi Muhammad SAW sebagai perwujudan perilaku keagamaan.
  • Tujuan intelektual (ahdaf al-aqliyah). Bahwa proses pendidikan ditujukan dalam rangka mengarahkan potensi intelektual manusia untuk menemukan kebenaran dan sebab-sebabnya, dengan menelaah ayat-ayat-Nya (baik qauliyah dan kauniyah) yang membawa kepada perasaan keimanan kepada Allah.
  • Tujuan sosial (ahdaf al-ijtimayyah). Bahwa proses pendidikan ditujukan dalam kerangka pembentukan kepribadian yang utuh.

Tujuan hidup manusia adalah beribadah kepada Allah. Ibadah yang dimaksud adalah ibadah dalam arti yang luas. Ibadah yang dimaksud mencangkup semua hal;amal, pikiran, dan perasaan yang dihadapkan (disandarkan kepada Allah).

Tujuan Pendidikan Islam

Berikut ini adalah sajian tentang berbagai tujuan pendidikan yang bersumber dari al-quran al-karim dan sunah Nabi Muhammad SAW yang mulia.

  • Manusia mengetahui kepada penciptanya dan membangun hubungan di antara keduanya atas dasar ketuhanan Tuhan dan kehambaan makhluk.
  • Mengembangkan prilaku individu (manusia) dan mengubah berbagai orientasi (hidupnya) agar sesuai dengan tujuan Islam.
  • Melatih individu (manusia) agar menghadapi berbagai kebutuhan hidup yang bersifat material.
  • Meneguhkan umat islam agar mengikuti ikatan akidah islamiah dan syariatnya yang adil.
  • Mengarahkan orang-orang muslim untuk memikul (menyebarkan) risalah (ajaran) islam kepada dunia.
  • Menanamkan iman ke dalam hati dengan persatuan manusia dan persamaan derajat manusia.

Jadi menurut saya pendidikan Islam adalah pendidikan yang didalamnya terdapat unsur islami yang menjadikan peserta didik menjadi manusia yang memiliki aklaq yang baik, berbudi pekerti, sopan santun, dan mengerti akan ajaran agama Islam. Pendidikan Islam ialah pendidikan yang sudah diajarkan sejak jaman Nabi Muhammad dengan melalui media dakwah, berdagang, ceramah, dan lain-lain.

Didalam pendidikan islam kita memerlukan media dalam penyampaiannya media tersebut antaralain peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana yang memadai dan kurikulum yang tepat dan jelas. Agar tidak terjadinya kesalah dalam proses kegiatan belajar mengajar dan menciptakan suasana yang nyaman, efektif dan efisien bagi peserta didik dan tenaga pendidik dan kependidikan tersebut. Ikke Nurjannah Azhar –Mahasiswa Managemen Pendidikan Islam

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.