Daun Salam Ampuh Mengobati Diare, Kolesterol dan Lambung

0 270

Khasiat daun Salam: Salam mempunyai nama latin Syzygium polyanthum  (Wight) merupakan pohon yang bertajuk rimban, daun nya bebentuk lonjong sampai berbentuk elips atau seperti bulat telur sungsang, pangkal nya lancip  dan ujung nya tumpul serta terdapat urat daun lateral. ketika di remas daun nya,  akan mengeluarkan aroma wangi yang menjadi ciri khas tanaman salam tersebut. Kelopak bunga berbentuk seperti cangkir yang leba, mahkota bunga nya berwarna putih, benag sari nya berwarna kuning lembayung. Buahnya berwarna merah gelap berbentuk bulat.

Salam ini sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai bahan pengharum pada masakan yang selalau memberikan kesegaran dan bau yang khas. Yang sering diguanakan sebagai pengharum pada masakan adalah daun nya, akan tetapi secara keseluruhan baik dari akar, batang, daun dan buah semunya mempunyai nilai manfaat.

Berbagai penelitian telah dilakukan sehingga kandungan yang terdapat dalam salam sudah ditemukan. Kandungan dalam salam diantaranya yaitu kandungan vitamin C dan B kompleks, minyak asiri, sitral dan eugenol seta tanin dan plavonoid. Dengan beberapa kandungan tersebut, akhirnya salam mempunyai manfaat yang cukup komplkes juga bgai kesehatan seperti digunakan untuk penyakit asam urat, diare, kolesterol tinggi, kencing manis, radang lambung, gatal-gatal, dan stroke.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan:

1. Daun Salam Untuk Mengobati asam urat dan kencing manis

Cukup dengan merebus beberapa helai daun dengan air secukup nya, di godok sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas dari asalnya 3 gelas awal. Setelah tersisa 1 gelas, disaring kemudian diminum hangat-hangat.

2. Daun Salam Untuk Mengobati diare

Cukup petik beberapa helai daun, dicuci terlebih dahulu lalu kemudian digodog dengan air selam kurang lebih 15 menit secukupnya waktu yang dibuthkan kemudian ditambahkan sedikit garam. Tunggu sampai dingin kemudian di saring lalu di minum.

3. Daun Salam Untuk Mengobati Kolesterol tinggi

Rebus daun salam dan daun ceramai dengan menggunakan air secukupnya kemudian di godog, hasil godogan atau rebusan setengahnya dari air yang pertama. Seperti biasa setelah dingin kemudian diminum secara teratur dan kontinewitas.

4. Daun Salam Untuk Mengobati Radang lambung

Rebus daun salam sebanyak 15 helai dengan setengah liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari sampai rasa nyeri pada lambung tersebut hilang, anggaplah ramuan tersebut sebagai teh santapan dipagi hari.

5. Daun Salam Untuk Mengobati Gatal-gatal

Ketika kulit terkena gatal, ambilah dari salam baik akar, kulit maupun daun nya kemudian di cuci bersih, setelah itu tumbuk atau gerus sampai halus lalu kemudian di oleskan pada bagian yang gatal.

Semoga bermanfaat bagi kesehatn tubuh kita. Aamiin. ** Paridah Z

Baca Juga: Manfaat Bandotan Bagi Kesehatan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.