Definisi dan Fungsi Keluarga Dalam Membentuk Masyarakat

0 224

Keluarga dianggap penting sebagai bagian dari masyarakat secara umum. Seorang individu terbentuk karena adanya keluarga dan dari keluarga pada akhirnya akan membentuk masyarakat.

Definisi Keluarga

Istilah keluarga dapat di definisikan sebagai sekumpulan manusia yang hidup secara bersama- sama dalam satu kesatuan. Keluarga adalah satu kesatuan masyarakat terkecil dan biasanya dapat di identifikasi dengan melihat hubungan darah, perkawinan dan tinggal bersama dalam satu rumah. Duval dan Logan (1986) mendefinisikan keluarga sebagai sekumpulan manusia yang timbul dari suatu ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi. Kumpulan ini kemudian memiliki tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan berbagai budaya serta meningkatkan perkembangan, baik perkembangan fisik, emosional, mental dan sosial dari setiap anggota keluarga.

Selanjutnya, Bailon dan Maglaya (1978) menyatakan bahwa keluarga merupakan dua atau lebih individu yang hidup bersama- sama dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan, baik hubungan darah, perkawinan, ataupun adopsi. Dalam prakteknya, mereka akan berinteraksi dan mempunyai peran masing-masing. Mereka akan mampu menciptakan serta mempertahankan suatu budaya yang sudah ada di dalam keluarga. Undang- Undang Nomor 52 Tahun 2009 menyebut bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam suatu masyarakat yang terdiri dari suami istri, atau suami, istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.

Fungsi Keluarga

Ada seperangkat tugas yang harus dilaksanakan dalam sebuah keluarga dalam menjalankan fungsinya, sebagai berikut:

Fungsi Reproduksi (Biologis)

Pada dasarnya, setiap manusia pasti memiliki kebutuhan biologis. Baik laki-laki maupun perempuan. Fungsi ini dapat pula di sebut sebagai fungsi regenerasi dimana setiap pasangan dalam sebuah keluarga berkeinginan dapat melanjutkan generasi yang tumbuh dengan hak- hak dan kewajiban keluarga yang bersangkutan. Untuk memenuhi kebutuhan biologis dan proses regenerasi inilah maka, akan terjadi suatu “perkembangbiakan” berupa keturunan.

Fungsi Religious

Pada fungsi ini keluarga memiliki kewajiban untuk memperkenalkan sekaligus mengajak anak dan anggota keluarga lainnya untuk hidup sebagai manusia beragama sesuai keyakinan yang dianut. Oleh karenanya, orang tua hendaknya mampu menciptakan dan menjalankan fungsi dimaksud agar tercipta suatu tatanan kehidupan keluarga yang religius.

Fungsi Perlindungan (Protektif)

Salah satu yang dijadikan alasan dalam membentuk sebuah keluarga adalah untuk memperoleh jaminan dan perlindungan, baik perlindungan secara fisik maupun psikologis. Maka, dalam sisi ini, fungsi keluarga harus di optimalkan dalam upaya memberikan perlindungan bagi seluruh anggota keluarganya.

Fungsi Ekonomi

Keluarga merupakan unit ekonomi yang akan memberikan kebutuhan- kebutuhan ekonomi seluruh anggota keluarganya. Fungsi keluarga sebagaimana dimaksud, menjadi sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan keluarga. Salah satu contoh dari fungsi ini adalah tanggungjawab keluarga dalam pencarian nafkah dari mulai perencanaan dan penggunaannya.

Fungsi Pendidikan (Edukatif)

Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama. Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama kali dicerna, diserap dan diterima oleh anak. Orang tua, dalam hal ini ayah dan ibu harus berperan aktif dalam memberikan pendidikan bagi anak-anaknya dalam keluarga. Maka, disisi inilah salah satu tanggung jawab terpenting sekaligus terberat yang harus dipikul oleh orang tua. Keduanya harus mampu menjadi inspirasi sekaligus contoh yang baik bagio anak- anaknya.

Fungsi Sosial dan Pengendalian Sosial

Fungsi ini sesungguhnya berkaitan erat dengan fungsi pendidikan (edukatif), karena didalamnya mengandung unsur sosialisasi, begitupun sebaliknya. Di lain pihak, keluarga juga harus mampu menjadi tempat pengendalian sosial bagi anggota keluarganya. Setiap keluarga harus mampu melakukan upaya pencegahan (preventif) terhadap anggota keluarganya agar tidak melakukan sesuatu (perilaku) menyimpang dari kaidah atau norma yang sudah berlaku di masyarakat.

Fungsi Afeksi

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kasih sayang atau cinta. Ketika anak masih kecil misalnya, fungsi ini memiliki peranan yang sangat penting. Ia dapat merasakan dan menangkap apapun yang di rasakan orang tuanya ketika berkomunikasi dengan mereka. Anak akan sangat membutuhkan kehangatan (keintiman) dari orang tuanya. Lebih jauh, ketiadaan fungsi ini akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, orang tua sudah semestinya melaksanakan fungsi ini dengan baik agar anak tumbuh dan berkembang dengan jiwa yang sehat.

Demikian uraian tentang definisi dan fungsi pendidikan yang penulis rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat***LM

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.