Inspirasi Tanpa Batas

Definisi dan Fungsi Sekolah

Image by: twitter.com
0 17.394

Jika kita berbicara mengenai definisi dan fungsi sekolah, maka akan di temukan berbagai macam definisi yang dikemukakan. Sekolah menjadi salah satu lembaga pendidikan penting sebagai konsekuensi dari sibuknya orang tua terhadap pekerjaan atau kegiatan masing- masing. Sehingga, yang semula keluarga menjadi tempat pendidikan utama mengalihkan sebagian fungsinya kepada suatu lembaga yang di sebut sekolah.

Peran utama orang tua sebagai pendidik sejati terpaksa di gantikan dan di serahkan kepada tenaga pendidik (guru) sebagai pendidik profesi.

Isu pendidikan, menjadi “sesuatu” yang sangat penting untuk di kaji sekaligus dievaluasi pada tataran implementasi. Di Indonesia, hal ini kemudian dibuktikan, salah satunya dengan program wajib belajar yang di rancang oleh pemerintah.

Definisi Sekolah

Secara umum sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bersifat formal, nonformal dan informal yang didirikan oleh negara ataupun swasta yang di rancang untuk mengajari, mengelola dan mendidik peserta didik melalui bimbingan yang diberikan oleh tenaga pendidik. Untuk menjadi sebuah sekolah, ada beberapa sarana dan prasarana yang harus dipenuhi, seperti ruang belajar, perpustakaan, kantor dan lain sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan sekolah sebagai sebuah lembaga atau bangunan yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar serta menjadi tempat memberi dan menerima pelajaran sesuai dengan tingkatannya (sekolah dasar, sekolah lanjutan, dan sekolah tinggi).

Sekolah menjadi tempat dididiknya anak- anak dengan maksud mengajarkan mereka mampu menjadi manusia yang berguna bagi kemajuan bangsa.

Fungsi Sekolah

Sekolah, dengan pengertian sebagaimana di jelaskan di atas, memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Peserta Didik Suatu Pekerjaan

Peserta didik yang telah lulus dari satuan pendidikan tertentu diharapkan sanggup mendapatkan bahkan membuka lapangan pekerjaan tertentu. Jikapun tidak demikian, setidaknya mereka memiliki kemampuan dasar dalam menjamin keberlangsungan hidupnya.

Sekolah yang di bangun secara sistematis dengan tingkatan- tingkatan tertentu diharapkan mampu memberikan kesanggupan bagi peserta didik dalam melakukan suatu pekerjaan yang setarap dengan tingkat pendidikannya.

Semakin tinggi tingkatan pendidikan yang di peroleh seseorang, diharapkan semakin baik pula pekerjaan yang diperolehnya.

2. Memberikan Keterampilan Dasar

Sekolah setidaknya akan mampu memberikan keterampilan dasar berupa membaca, menulis dan berhitung. Ketiga hal ini tentu akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern seperti sekarang ini.

Hal ini pula dapat dijadikan sebagai pondasi atau dasar dalam melanjutkan ke pendidikan yanag lebih tinggi

3. Membuka Kesempatan Memperbaiki Nasib

Setiap orang tua pasti mengharapkan agar anaknya memiliki nasib yang lebih baik dari padanya. Karena itu, mereka akan berusaha untuk menyekolahkan anak-anaknya. Bahkan jika memungkinkan, mereka akan menyekolahkan anaknya hingga memperoleh gelar dari perguruan tinggi.

Hal ini disadari bahwa dengan pendidikan, seseorang yang hari ini disebut sebagai orang dari golongan rendah dapat meningkat menjadi golongan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, saat ini sekolah dipandang sebagai jalan bagi suatu mobilitas sosial. Gelar akademis akan sangat membantu dalam menduduki suatu bagian atau tempat yang disebut terhormat dalam dunia pekerjaan.

4. Menyediakan Tenaga Pembangunan

Pendidikan merupakan alat yang paling ampuh dalam menyiapkan sumber adaya yang terampil dan ahli pada semua sektor pembangunan. Kekayaan alam hanya akan mengandung arti dan bermakna jika didukung oleh keahlian sumber daya manusianya.

Oleh karena itu, manusia menjadi sumber utama bagi pembangunan suatu bangsa dan negara.

5. Membantu Memecahkan Problematika Sosial

Generasi muda di didik untuk dipersiapkan dalam mengatasi berbagai masalah sosial yang ada. Konsep dan teori- teori yang didapat di lembaga pendidikan (sekolah) diharapkan mampu di implementasikan dalam kehidupan nyata di masyarakat.

6. Membentuk Manusia Sosial

Manusia, selain sebagai suatu individu, ia juga adalah makhluk sosial. Pendidikan dituntut mampu membentuk manusia yang dapat bergaul dengan manusia yang lain.

Pergaulan dimaksud diharapkan tidak terhalang oleh adanya perbedaaan, baik suku, agama, budaya, pendapat, pendirian dan lain sebagainya. Manusia, dengan pendidikan dipersiapkan agar dapat menyesuaikan diri dalam segala situasi apapun yang di hadapinya.

7. Alat Transformasi Kebudayaan

Sekolah, diharapkan mampu menambah pengetahuan baru melalui kegiatan penelitian yang dapat membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Penemuan- penemuan baru yang belum pernah ada sebelumnya, mengindikasikan telah terjadinya sebuah inovasi dalam perkembangan dan keberlangsungan kehidupan manusia.

Demikian pembahasan tentang definisi dan fungsi lembaga pendidikan (sekolah). Semoga bermanfaat. [LM]

Komentar
Memuat...