Take a fresh look at your lifestyle.

Definisi Pembelajaran

47 899

Definisi Pembelajaran. Pembelajaran terstruktur dari kata ajar. Memperoleh awalan pe dan akhiran an. Banyak masyarakat menganggap bahwa kata pembelajaran sama dengan kata pendidikan. Padahal keduanya berbeda. Pembelajaran lebih mengedepankan prinsip-prinsip transformasi pengetahuan yang bersipat teknis, tidak filosofis sekaligus tidak substantif.

Misalnya, jika ada seorang guru mengajarkan berapa rukun iman. Berapa rukun Islam, atau apa makna iman dan makna Islam, maka, ketika guru menyampaikan definisi iman, Islam dan Ihsan atau jumlah dalam rukun iman dan jumlah dalam rukun Islam, maka, ia sedang menjadi seorang pembelajar. Tetapi, ketika seseorang mengatakan atau mengajarkan kenapa manusia mesti beriman, maka, ia sedang menjadi seorang pendidik.

Karena itu, pembelajaran tentu berbeda maknanya dengan pendidikan. Dalam bahasa Inggris, kata pembelajaran disetarakan dengan kata¬†learning. Bahasa Arab menyebutnya dengan kata ta’lim. Makna yang terkandung dari kata pembelajaran adalah menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada mereka yang belum mengetahui atau belum mengaksesnya.

Waktu menjadi Terbatas

Waktu yang digunakan untuk pembelajaran relatif lebih terbatas dibandingkan dengan waktu yang harus digunakan seseorang untuk memberlangsungkan pendidikan. Itulah, jika kita mengutif tulisan prof. Syuaeb Kurdie, disebutkan bahwa pembelajaran lebih mengedepankan penguasaan seseorang di dalam kelas atau di tempat-tempat tertentu di mana pelatihan atau kegiatan pembelajaran diberlangsungkan. Dalam tulisannya, Syuaeb Kurdie (2014) lebih jauh menyatakan bahwa  pembelajaran akan mengajarkan seseorang akan sesuatu yang sipatnya sangat partikular.

Lyceum Indonesia menelusuri lebih jauh filosofi pembelajaran ke dalam berbagai sumber terpercaya. Hasilnya, menyimpulkan bahwa pembelajaran memang harus diakui menjadi pintu bagi keberlangsungan pendidikan, meski, pendidikan tidak identik dengan pembelajaran. Proses pendidikan dapat dilangsungkan salah satunya melalui proses pembelajaran hanya setelah proses pembelajaran berlangsung, harus diteruskan dengan membangun jiwa kemanusiaan peserta didik.

Dr. Ety S. Tisnawati (2012) dalam disertasinya menyebutkan bahwa, di sekolah-sekolah Indoesia hari ini, ternyata lebih banyak mengedepankan prinsip pembelajaran dibandingkan dengan pendidikan. Karena itu, banyak sekolah yang berhasil membelajarkan peserta didiknya, tetapi gagal membangun jiwa kemanusiaannya. Mengapa? Karena sekolah masih terjebak dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan proses pendidikan. Team Lyceum.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. Futihatus sholihah berkata

    Pembelajaran menurut saya adalah proses atau cara untuk mengalih kemampuan pada diri manusia. Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk memungkinkan terjadi proses belajar yang dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis dan waktu yang ditempuh relatif lebih terbatas dibanding waktu berlangsung nya pendidikan.

  2. Sukinih AR berkata

    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
    kata knci : pendidik
    pndidik lebih dikenal dengan pengajar, tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan tugas khusus sebagai profesi

  3. Dea yusrun hasanah berkata

    Pembelajaran adalah suatu proses belajar mengajar yg diberikan oleh pendidi kepada pesertadidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang belum dimengertinya.
    Key word : ta’lim
    Ta’lim secara bahasa masdar dari alama-yu’alimu-ta’liman yang berarti pemberian atau pengajaran.

  4. Asri Wulandari berkata

    Pembelajaran adalah kegiatan transformasi ilmu, dimana guru hanya berbagi ilmu krpada murid., pembelajaran berbeda dengan pendidikan, pembelajaran memiliki makna lebih sempit, hanya sebatas untuk mengetahui, learn to know, tidak untuk menanamkan menjadi kebiasaan atau menjadikan siswa memiliki rasa memiliki. Kata kucinya adalah transformasi. Transformasi adalah perpidahan secara teknis.

  5. Hasanatun Nadia MPI (B) /3 berkata

    Bismillah…
    pembelajaran adalah suatu proses perubahan pemahaman yang bersifat teknis, dan tidak filosofis serta tidak substansif. pembelajaran berbeda dengan pendidikan yang hanya berubah dalam hal pengetahuan dari yang tidak tau menjadi tau namun tidak ada implikasi dan penerapannya.. contoh dari pendidikan adalah pengajaran tentang sholat sedangkan contoh dari pembelajaran adalah bagaimana cara sholat dan mengapa kita harus sholat.
    kata kunci nya adalah partikular yaitu sesuatu yang bersifat khusus dan/ sesuatu yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi atau kelompok khusus.

  6. Mar'ah sohlehah berkata

    Mar’ah sohleh MPiA 3
    Pembelajaran yaitukegiatan belajr yang terstruktur yang terdiri dari pelajar dan yang mengajar.mengajar adalah orang yang memberikan pendidikan kepada pelajar atau orang yang belajar

  7. Mar'ah sohlehah berkata

    Mar’ah sohlehah mpi A/3
    Pembelajaran yaitu kegiatan belajar yang terstruktur yang terdiri dari pelajar dan yang mengajar. Mengajar adalah orang yang memberikan pendidikan kepada pelajar atau orang yang belajar.

  8. eka ali wahab berkata

    saya sangat sependapat dengan pemaparan di atas. memang betul bahwasannya pembelajaran dalam menstransformasi ilmu lebih mengedepankan teknis.

  9. Uun Unesih MPI A smt 3 berkata

    mengenai makna pembelajaran terdapat waktu menjadi terbatas, dikarenakan waktu yang digunakan untuk pembelajaran relatif lebih terbatas dibandingkakn dengan waktu yang harus digunakan seseorang untuk melangsungkan pendidikan, menurut saya pribadi, pembelajaran tersendiri bisa dimaknai yakni merupakan suatu proses transfer ilmu dari dua arah, yakni pendidik (sebagai sumber ilmu) dan peserta didik (sebagai penerima informasi tentang pembelajaran ataupun pendidikan). sedangkan relatif memiliki makna apa yang tidak dapat didefinisikan tanpa acuan pada sesuatu hal lainya.

  10. Raudhotul Jannah MPI A smt 3 berkata

    pembelajaran yaitu proses penyampain pengetahuan dari seseorang kepada yang lain dengan prinsip transformasi. sedangkan transformasi sendiri yaitu proses perubahan secara berangsur-angsur

  11. Evy Lusiana MPI A smt 3 berkata

    menurut saya pembelajaran adalah suatu proses dalam mempelajari sesuatu yang mana awalnya kita tidak tau menjadi tau, dan tidak bisa menjadi bisa. apabila kita ingin mencapai tujuan tersebut, maka kita harus bisa menguasai materi tersebut, agar kita dapat memahaminya. sedangkan penguasaan yaitu suatu kegiatan dalam pembelajaran dimana kita dapat mengetahui inti dari pelajaran yang telah dipelajar. dan penguasaan materi itu penting bagi kita, agar kita bisa memahami dan mengerti pelajaran tersebut

  12. Rif'atul 'ula MPI A smt 3 berkata

    pembelajaran lebih mengedepankan penguasaan seseorang di dakam kelas atau tempat tempat tertentu. jadi, penguasaan dapat diartikan sebagai pengaruh dan pengendalian terhadap sesuatu dengan mensinergikan seluruh komponen yang ada di dalamnya

  13. Muhammad hananda MPI A smt 3 berkata

    alhamdulillah setelah saya membaca artikel diatas daya bisa sedikit memahami tentang definisi pemebalajarn, menurut saya pembelajaran ialah suatu proses menyampaikan ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didiknya di kelas dalam lingkungan sekolah.
    kata kunci saya adalah kelas dimana kelas adalah tempat atau ruangan untuk berangsungnya kegiatan belajar mengajar di dalam lingkungan sekolah

  14. merlindia widia Ningsih MPI A Smt 3 berkata

    pembelajarn adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. partikular adalah khusus atau kesatuan individual yang ada, yang saling berhubungan dengan kesatuan-kesatuan lainya

  15. Ikha Solekha MPI A Smt 3 berkata

    makna pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar yang terstruktur. terstruktur adalah materi yang di sampaikan oleh pengajar (guru) harus sudah dalam keadaan tersusun rapih

  16. M.fatkhurizqo berkata

    Asalamualaikum bapak izin comen artikel ini bagus karna bisa membuka para pemuda pemudi agar bisa menjadi orang yang kritis. Pembelajaran teknologi di era globalisasi kita itu dituntut untuk bisa menggunakanya baik guru, muridnya.

  17. nurul faridah berkata

    nurul faridah
    1608109039
    mpi a/3
    pembelajaran adalah transformasi pengetahuan yang bersifat teknis pembelajaran lebih ke praktek atau tindakan.
    teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan sesuatu yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia
    jadi dalam pembelajaran terdapat teknologi yang secara tidak langsung saling berkaitan dengan pembelajaran, seperti seorang pendidik menyampaikan materi pembelajarannya menggunakan power point.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Yes … good Thank Nurul

  18. Elok Firdausiana berkata

    Pembelajaran adalah suatu prosesproses penyampaian ilmu pengetahuan kepada orang lain atau peserta didik tang belum mengetahui. Proses pembelajaran ini harus didampingi atau harus melibatkan seorang guru, karena jika dalam suatu proses pembelajaran tidak melibatkan seorang guru, maka proses pembelajarannyapun tidak akan sinkron.
    Guru adalah seorang pendidik yang menyampaikan ilmunya kepada orang lain atau peserta didik yang belum diketahui oleh peserta didik.

  19. Evi Selviyana Puspitasari berkata

    Pembelajan menurut saya adalah suatu pelatihan yg di berikan oleh seorang individu kepada individu lainnya, dimana pelatihan itu sendiri ialah suatu kegiatan belajar dan praktik yg dilakukan berulang-ulang atau terus menerus yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu agar menciptakan kemampuan manusia itu sendiri.

  20. Tri anistiningsih berkata

    Berdasarkan artikel diatas dapat dikatakan pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian ilmu pengetahuan dari yang belum tau menjadi tau. Dimana pengetahuan sendiri merupakan Sumber ilmu yang bisa berasal dari pertimbangan rasio atau akal pikiran dan pengalaman atau empirisme

  21. Reza Fawziyyah berkata

    Artikelnya sangat bagus dan dapat menambah ilmu untuk siapapun yang membaca artikel ini.
    Menurut saya pembelajaran adalah suatu interaksi dua arah yang dilakukan oleh guru sebagai orang yang menyampaikan informasi dan peserta didik sebagau orang orang yang menerima informasi. Pembelajaran biasanya lebih mementingan prinsip-prinsip transformasi seperti yg ada di artikel ini, dan prinsip adalah suatu kebenaran umum yang dijadikan sebuah pedoman bagi seseorang atau sekelompok orang untuk berpikir dan bertindak.

    Reza Fawziyyah (3 MPI-A)

  22. asri wulandari berkata

    Pembelajaran adalah transformasi ilmu, dalam pembelajaran terjadi komunikasi searah dari satu orang ke orang lain. Satu orang ke kelompok maupun sebaliknya.pembelajaran beda dengan pendidikan, proses pembelajaran mengakibatkan peserta didik mengetahui dan melaksanakan tapi tidak memiliki perasaan kepemilikan atas suatu hal. Kata kunci adalah transformasi, yaitu menyampaikan, atau berbagi suatu kepada orang lain .

  23. Febrialdy Imandyanto Kusuma berkata

    Assalamualaikum wr.wb, menurut pemahaman dari artikel yg saya baa di atas, pembelajaran yaitu sesuatu yg menyampaikan ilmu pengetahuan dari pendidik ke peserta didik. kata kuncinya yaitu menyampaikan, menyampaikan yaitu sesuatu pengetahuan dari 1 orang ke orang yg lain. terimakasih.

  24. Diah ayu nuratillah berkata

    Artikel yang bapak tulis ini sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi pelajar atau pun mahasiswa. Sebelumnya mungkin banyak mahasiswa atau pelajar termasuk saya yg mendifinisikan bahwa pendidikan dan pembelajaran adalah sesuatu yang sama. Namun ternyata salah, setelah membaca artikel ini saya paham bahwa pembelajaran adalah memberikan suatu pengetahuan atau ilmu yg lebih bersifat particular. Kata kunci dari pembelajaran adalah particular. Kata Particular berarti sesuatu yang lebih khusus atau lebih spesifik. Pembelajaran hanya suatu penyampaian materi dan bagaimana cara pengerjaannya tidak sampai pada cara mengamalkannya itu bagaimana.
    Terimakasih. Artikel ini sangat bermanfaat.

  25. fajar maulana berkata

    Assalamualaikum,
    Saya setuju dengan artikel ini bahwa peembelajar merupakan tindakan pendidik untuk memberikan pengetahuan/materi kepada peserta didik. Sehingga membuat peserta didik itu yang asalnya tidak tahu menjadi tahu lewat apa yang disampaikan oleh pendidik tersebut.
    Sekian terima kasih
    R. Fajar Maulana (MPI-A)

  26. Koriatunisa berkata

    Pembelajaran ialah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didiknya pada lingkungan belajar untuk mencapai tujuan guna mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan.pembelajaran juga merupakan usaha dalam mencari sumber sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.
    Pembelajran mempunyai kaitan yang erat dengan pendidikan karena tanpa adanya pembelajaran maka tidak akan pernah ada pendidikan

  27. Silmy Awwalunnisa TIPS/1
    Silmy Awwalunnisa TIPS/1 berkata

    Learning and Education is different but can’t be sparated. dalam jangka waktu pun berbeda, untuk pendidikan sendiri membutuhkan waktu yang relatif panjang sedangkan pembelajaran dapat dilakukan dengan jangka waktu yang cukup dekat.

  28. dinny alfiana berkata

    Melihat penjelasan diatas pembelajaran menurut saya adalah menyampaikan pengetahuan kepada orang-orang yang belum mengetaui sehingga mereka tahu mengenai ilmu pengetahuan maupun teknologi.

  29. Firman Maulana semester 4 berkata

    Saya sangat setuju bahwasanya makna dari pembelajaran dan pemndidikan itu berbeda. Karena pembelajaran sendiri memiliki arti menyampaikan ilmu pengetahuan atau teknologi kepada mereka yg belum mengetahui atau mengaksesnya. Pembelajaran memang merupakan proses berlangsungnya pendidikan, tetapi seharusnya lembaga pendidikan indonesia mengevalusi kembali bahwa pendidikan tidak selalu terpatok kepada proses pembelajaran. Lembaga pendidikan harusnya bisa membangun jiwa peserta didiknya agar mempunyai rasa ingin tahu lebih dsb. Sedangkan arti pendidikan sendiri adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Pendidikan sendiri merupakan wadah dari pembelajaran dan memiliki makna yg lebih luar dibamdingkan pembelajaran yg memang waktu dan prosesnya relatif sempit.

  30. tubagusrizqyyahya mpi/4 berkata

    Artikel tentang definisi pembelajaran yang bapak buat itu sangat singkat padat jelas dan kata-katanya juga mudah saya pahami, diartikel ini bapak juga menjelaskan perbedaan antara pembelajaran dengan pendidikan namun bapak hanya memberikan penjelasan mengenai maknanya saja, jadi untuk saya yang masih belum memahami perbedaan antara pembelajaran dan pendidikan masih kurang paham betul. Makasih

  31. tubagusrizqyyahyampi4 berkata

    Artikel tentang definisi pembelajaran yang bapak buat itu sangat singkat pada jelas dan kata-katanya juga mudah saya pahami, diartikel ini bapak juga menjelaskan perbedaan antara pembelajaran dengan pendidikan namun bapak hanya memberikan penjelasan mengenai maknanya saja, jadi untuk saya yang masih belum memahami perbedaan antara pembelajaran dan pendidikan masih kurang paham betul. Makasih

  32. tubagus rizqy yahya mpi4 berkata

    Artikel tentang definisi pembelajaran yang bapak buat itu sangat singkat pada jelas dan kata-katanya juga mudah saya pahami, diartikel ini bapak juga menjelaskan perbedaan antara pembelajaran dengan pendidikan namun bapak hanya memberikan penjelasan mengenai maknanya saja, jadi untuk saya yang masih belum memahami perbedaan antara pembelajaran dan pendidikan masih kurang paham betul. Makasih

    1. umar faruq mpi/4 berkata

      Saya setuju dengan pendapat bapak mengenai pembelajaran dan pendidikan,
      Adanya perbedaan diantara nya namun saling melengkapi, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensinya.
      Maka dari itu setuju.

  33. Indah Kusumawati (MPI-4) berkata

    apa yang di katakan oleh bapak benar dan saya setuju sekali. pembelajaran adalah suatu proses yang lebih menitik beratkan pada transformasi ilmu pengetahuan yang dilakukan antara guru dengan peserta didik. pembelajaran merupakan bagian dri pendidikan, jika di ibaratkan pendidikan adalah wadahnya dan pembelajaran adalah isinya.

  34. Sri Rahayu MPI/4 (141510902 berkata

    Mengenai pembelajaran dalam artikel di atas, saya sangat setuju karena dalam pembelajaran merupakan proses dimana hanya penyampaian ilmu pengetahuannya, kepada yg belum mengetahui. Dan hal pembelajaran ini memiliki waktu yang terbatas. Sehingga berbeda dengan pendidikan. Pendidikan cakupannya lebih luas daripada pembelajaran. Namun keduanya tetap saling berkaitan. Terimakasih

    1. Sri Rahayu MPI/4 (1415109025) berkata

      (1415109025)

  35. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    Riview tentang definisi pembelajaran menurut saya
    Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

    Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan ( aspek kognitif ), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan ( aspek psikomoto r) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.

  36. Ririn Nur'aeni (MPI/4) berkata

    pembelajaran yaitu proses menyampaikan ilmu pengetahuan kepada orang yang belum mengetahuinya. pembelajaran berbeda dengan pendidikan, pembelajaran waktunya terbatas sedangkan pendidikan tidak terbatas, Pembelajaran lebih mengedepankan prinsip-prinsip transformasi pengetahuan yang bersifat teknis, tidak filosofis sekaligus tidak substantif. jika diibaratkan pembelajaran adalah proses interaksi antara murid dengan guru sedangkan pendidikan adalah wadahnya.

  37. Nailiyatul Farhah MPI/4 (1415109013) berkata

    Rievew Mata kuliah: Filsafat pendidikan islam
    Tentang pengertian pembelajaran.
    Pengertian pembelajaran (Learning) adalah suatu proses cara-cara atau teknik-teknik pada pemindahan ilmu pengetahuan, mentransfer ilmu pengetahuan dari pendidik (tenaga pendidik) untuk para peserta didik melalui pembelajaran, pengajaran, pelatihan dan lain sebagainya. Baik itu melalui jalur formal, non formal ataupun informal. Pembelajaran merupakan technical untuk menjadikan manusia yang tidak tahu menjadi tahu.

  38. yunita nur rahmawati MPI/4 berkata

    ya setuju, karena pembelajaran adalah suatu interaksi antara guru dan peserta didik yang bertujuan untuk mencari informasi atau saling tukar pendapat antara guru dan peserta didik sehingga memudah peserta didik mendapatkan ilmu dan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar .

  39. MAFTUHAH MPI/4 (1415109011) berkata

    pembelajaran berbeda dengan pendidikan, saya setuju dengan kalimat tersebut, karena pendidikan tidak identik dengan pembelajaran. pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mengetahui dan mendapatkan sebuah pengetahuan dan sebuah informasi. pembelajaran merupakan penentu keberhasilan suatu pendidikan. dalam proses pembelajaran diperlukan waktu, media dan rencana pembelajaran yang terencana dengan jelas.

  40. Wiwin Darwini (1415109033) MPI/4 berkata

    Pembelajaran yaitu menjadikan manusia dari tidak tau menjadi tau. Dengan kata lain, proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Karena pembelajaran menekankan pada prinsip-prinsip transformasi pengetahuan yang bersifat teknis, tidak filosofis sekaligus tidak substansif. Pembelajaran juga menjadi pintu bagi keberlangsungan pendidikan meski pendidikan tidak identik dengan pembelajaran.

    Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat samapi manusia itu meninggal, serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, pendidik mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.

  41. PUJIATI MPI/4 (1415109017) IAIN SNJ CIREBON berkata

    menurut saya definisi pembelajaran yaitu proses interaksi pesesrta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang meliputi guru, siswa yang saling bertukar informasi, dengan kata lain pembelajaran adalah proses cara perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup dan benar kata prof Cecep Sumarna bahwa pembelajaran tentu berbeda maknanya dengan pendidikan. Waktu yang digunakan untuk pembelajaran relatif lebih terbatas dibandingkan dengan waktu yang harus digunakan seseorang untuk memberlangsungkan pendidikan. Proses pendidikan dapat dilangsungkan salah satunya melalui proses pembelajaran hanya setelah proses pembelajaran berlangsung, harus diteruskan dengan membangun jiwa kemanusiaan peserta didik.

  42. uyunurrohmah MPI semester4 berkata

    assalamualaikum punten bapak Saya mau komentar penulisannya lebih baik lebih teliti lagi karena ada huruf kata yg kurang dan salah. dan terimakasih atas artikel dan penjelasannya sangat bermanfaat

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Ok thank you

  43. Rima Nur Anisa berkata

    Saya setuju dengan pendapat bapak tentang definisi pembelajaran diatas dan menurut buku yang saya baca bahwa pembelajaran berasal dari kata belajar yang artinya suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari suatu informasi atau lebih dalam mencari ilmu yang perlu dirancang secara baik dan benar agar dapat mempengaruhi peserta didik dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.