Definisi Pendidikan

93 758

Definisi Pendidikan. Pendidikan dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata education. Ia berbeda dengan pembelajaran. Dalam bahasa Arab, pendidikan disejajarkan dengan kata ta’dib atau tarbiyah. Tetapi mengecualikan makna dengan kata ta’lim. Mengapa? Karena  taklim lebih mengedepankan proses transformasi pengetahuan.

Pendidikan karena itu bukan hanya sekedar mengajarkan sesuatu kepada orang lain tentang sesuatu yang belum diketahui atau patut diduga tidak diketahui pihak lain. Pendidikan justru meletakkan diri pada makna yang lebih filosofis dan lebih substantif. Pendidikan lebih menitikberatkan pada perilaku yang bernilai. Inilah yang dalam bahasa Prof. Cecep Sumarna disebut dengan pembentukkan watak dan perilaku.

Cecep Sumarna dalam disertasinya menyebutkan bahwa pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Sepintas mengesankan bahwa tulisan Cecep Sumarna menyebut bahwa banyak manusia yang tidak mengambil posisinya sebagai manusia. Ternyata setelah didalami lebih jauh, tulisan dimaksud menyodok prinsip filosofi, yang mengasumsikan bahwa manusia lahir dalam kesucian. Tidak ada manusia yang lahir dengan keburukan.

Pendidikan Fitrah Manusia

Fitrah yang dibawa manusia sejak dikandung, selalu berada dalam kesucian. Ia selalu condong pada kebenaran dan menolak segala bentuk kebathilan. Ia menyebut pikiran Langeveld sebagai sesuatu yang kongkret dan sangat tepat, terlebih ketika dihubungkan dengan hadits Nabi yang menyatakan bahwa manusia dilahirkan dalam kesucian. Hanya lingkungan di mana manusia bergaulah, yang akan mendorong dirinya untuk menjadi apapun; tentu dalam konteks kebaikan atau keburukan.

Kalau manusia lahir dengan sejumlah kebaikan dan jauh dari segenap keburukan. Maka, pendidikan memiliki asas yang sesungguhnya sebagai institusi yang seharusnya mampu menjaga kesucian manusia.

Jadi, jika ada lembaga pendidikan yang tidak mampu menjadikan peserta didik tetap berada dalam posisinya sebagai manusia yang suci, maka, pendidikan dimaksud patut dianggap gagal. Itulah mengapa UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Iman dan takwa bukan hanya menjadi core pendidikan nasional, tetapi, sesungguhnya menjadi core mengapa manusia harus dididik secara Islami.***Admin Lyceum Indonesia

  1. Amalia Fitriyanti berkata

    Pendidikan adalah menjadikan agar manusia tetap manjadi manusia. Menurut saya pendidikan akan membawa manusia menjadi manusia yang bermanfaat. Manusia yang sebenar benarnya manusia. Bahkan pendidikan sesuatu yang sangat penting dan tidak akan lepas dari kehidupan. Karena kehidupan dan pendidikan saling berkaitan begitupun dengan pembelajaran

  2. Amalia Fitriyanti berkata

    Pendidikan adalah menjadikan agar manusia tetap manjadi manusia. Menurut saya pendidikan akan membawa manusia menjadi manusia yang bermanfaat. Manusia yang sebenar benarnya manusia. Bahkan pendidikan sesuatu yang sangat penting dan tidak akan lepas dari kehidupan. Karena kehidupan dan pendidikan saling berkaitan begitupun dengan pembelajaran.

  3. Ikke Nurzannah Azhari berkata

    pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. karena pendidikan mengubah manusia yang tidak bisa menjdi bisa tanpa pendidikan manusia tak tahu apa-apa

  4. Ikke nurzannah azhari berkata

    Pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Karena pendidikan mengubah manusia yg tidak bisa menjadi bisa tanpa pendidikan manusia tak tahu apa apa

  5. Ikke nurzannah azhari berkata

    pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Tanpa pendidikan manusia tidak akan menjadi apa apa, karena pendidikan itu merubah manusia dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak paham menjadi paham

  6. Ikke nurzannah azhari berkata

    Pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Tanpa adanya pendidikan manusia tidak tahu apa apa pendidikan mengubah manusia dari tidak bisa menjadi bisa pendidikan juga dapat menjadikan manusia menjadi lebih cerdas dengan di iringi kemauan dan proses belajar

  7. Mochamad Asep Kuswara berkata

    Bahwasanya pendidikan dikatakan sebagai cahaya, tinggal kita yang menentukan akan seperti apa cahaya tersebut. Jikalau kita berhasil mencapai pendidikan yang diinginkan maka cahaya tersebut akan terang benerang, dan jikalau kita gagal dalam berpendidikan maka cahaya tersebut akan redup.

  8. Rismawati berkata

    Pendidikan sangatlah berbeda dengan pembelajaran. Pendidikan menjadikan manusia agar tetap menjadi manusia. Di dalam pendidikan terdapat karakter, nilai, kebaikan dan tindakan. Dengan demikian, pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia, karena pendidikan itu pembentukan watak seseorang.

  9. M fatkhurizqo berkata

    Pendidikan islam,umum itu untuk zaman now ini kurang ideal bukti dari itu semua adalah banyaknya anak2 yg suka tawuran,mesum, dll karna pendidikan di Indonesia saat ini hanya mengedepankan nilai akhir(kecerdasan) tidak melibatkan ahlaknya akhirnya banyak orang pintar tapi menyalahgunakan kepinyaranya seperti korupsi dll.

  10. M fatkhurizqo berkata

    I like to yang baik atau bagua itu akan menuntun kita dengan sang pencipta. kita di ciptakan dengan suci maka begitu juga dengan pendidikan yang suci. Apa bila kita sudah ilmunya maka kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari karena dengan itu kita lebih mengena dalam prakteknya. Ada beberapa tahapan dalam proses pendidikan:
    1. Internalisasi
    2. Eksternalisasi
    3. Objektifitas
    Mungkin apabila pendidikan menerapakan ke 3 itu pendidikan ya akan lebih bagus,baik.

  11. M fatkhurizqo berkata

    I like to education kenapa kita harus suka dengan pendidikan karena pendidikan yang baik atau bagua itu akan menuntun kita dengan sang pencipta. kita di ciptakan dengan suci maka begitu juga dengan pendidikan yang suci. Apa bila kita sudah ilmunya maka kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari karena dengan itu kita lebih mengena dalam prakteknya. Ada beberapa tahapan dalam proses pendidikan:
    1. Internalisasi
    2. Eksternalisasi
    3. Objektifitas
    Mungkin apabila pendidikan menerapakan ke 3 itu pendidikan ya akan lebih bagus,baik.

  12. Musfiq Hadining Amrullah berkata

    Pendidikan berasal dari bhs inggris education yang artinyq mengarahkan membibing mengembang
    kan sesseorang untuk menjadi leboh baik . Sedangkan secara filosofi pendidikan adalah suatu cara untuk merubah watak.
    Kata kunci : watak
    Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Lebih lengkap lagi Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

  13. Musfiq Hadining Amrullah berkata

    Pendidikan berasal dari bhs inggris education yang artinyq mengarahkan membibing mengembang
    kan sesseorang untuk menjadi leboh baik . Sedangkan secara filosofi pendidikan adalah suatu cara untuk merubah watak.
    Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Lebih lengkap lagi Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
    Jadi inti dari pendidikan adalah menjadikan manusia menjadi manusia

  14. danty adi sudarno jafar berkata

    Danty adi sudarno jafar (mpi b / 3)
    Menurut pendapat saya, makna pendidikan ialah suatu proses pengetahuan yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Kata kunci yang saya dapat ialah perilaku ialah gambaran dari seseorang untuk menentukan pola tingkah laku.

  15. Dahlia berkata

    Assalamu’alaikum….
    Menurut saya setuju,bahwa pendidikan hakikatnya tetap menjaga keutuhan fitrah manusia yang suci,maka oleh sebab itu agar terciptanya kader atau generasi-generasi anak didik yang baik maka kita saat ini harus memiliki akhlak yang baik. jadi dari maksud tujuan definisi pendidikan itu adalah untuk mengarahkan ke yang lebih baik lagi.

  16. Hasanatun Nadia MPI (B) /3 berkata

    Bismillah..

    kesimpulan dari semua definisi pendidikan yang pernah saya baca adalah pendidikan merupakan suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau suatu kelompok agar menjadi baik melalui upaya pengajaran dan pelatihan sebagai usaha pendewasaan diri dan sebagai bentuk ke-istiqomahan untuk tetap menjadi manusia.

  17. Nenis Nursona Jamil berkata

    Assalamualaikum
    Pendidikan ialah proses memanusiakan manusia.
    Keyword yang saya ambil dari pembahasan Pendidikan adalah “Ta’lim” (bahasa arab). Ta’lim ialah menyampaikan ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang kepada seseorang yang belum mengetahui agar orang tersebut dapat mengetahuinya.

  18. Lisna_Fitrianti (mpi.B) berkata

    Pendidikan adalah suatu proses memanusiakan manusia agar menjadi manusia seutuhnya. Dalam hal ini, memiliki maksud agar manusia memiliki jiwa serta karakter dan perilaku yang baik.
    Kata kunci yang saya ambil yaitu mendidik. Dengan mendidik serta dapat didikan manusia yang awalnya terlahir secara suci (fitrah), dapat mengalami perkembangan baik dalam pemikiran, pandangan serta penerapan diri yang diinginkan untuk mewujudkan jati dirinya menjadi manusia yang sesungguhnya.

  19. Dezidni Tazqiah MPI A smt 3 berkata

    pendidikan adalah proses belajar mengajar, disamping itu juga kita tidak hanya belajar tetapi harus ada pelatihanya karena pelatihan itu adalh sebuah hasil dari pembelajaran kita

  20. Ririn Fitriani*MPI B semester 3 berkata

    Pendidikan yakni suatu proses memanusiakan manusia,agar manusia itu terdidik dan terarah untuk melestarikan kehidupannya agar jalan yang di jadikan tujuan hidup menjadi pembaharuan hidup yang seimbang antara materi dan spiritualitas dan antara kemasyarakatan dan akhlak. Kata kuncinya Ta’lim,karena ta’lim lebih mengedepankan transformasi pengetahuan.

  21. Nisa MPI A smt 3 berkata

    pendidikan itu bukan hanya sekedar mengajarkan sesuatu kepada orang lain tentang hal yang belum diketahui, tapi justru meletakan diri pada makna yang lebih substansif. arti dari substansif sendiri adalah suatu keadaan yang bersifat real atau nyata. artinya, pendidikan itu lebih meletakan pada makna yang sifatnya lebih nyata dan penuh kesungguhan

  22. Dhani Rizal Nugraha MPI A st 3 berkata

    pendidikan adalah sebuah proses pembentukan manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya. pendidikan juga menjadikan manusia yang merdeka. hanya saja kebanyakan orang beranggapan bahwa pendidikan bagaikan penjajah waktu bagi mereka. padahal pendidikan menjadikan mereka merdeka dari kebodohan dan kemiskinan.

  23. Manarul Hidayat MPI A st 3 berkata

    pendidikan adalah usaha sadar seseorang atau kelompok dalam mengubah sikap atau prilaku untuk mendewasakan diri melalui sebuah pelajaran. kata kuncinya yaitu asah, asih dan asuh . seorang yang berpendidikan tidak akan mempunyai potensi yang baik jika ilmu yang ia dapat tidak di asah dan seseorang yang mengasah ilmunya kurang bermanfaat jika tidak di asih atau tidak dijaga. dan asuh aadalah bentuk dari buahnya ilmu yang ia dapatkan lalu ia amalkan

  24. Dede Chrismaylindra MPI A st 3 berkata

    menjaga manusia agar tetap menjadi manusia, suci, jiwa manusia itu terlahir suci, untuk mempertahankan kesucian jiwa manusia dibutuhkan suatu proses pendidikan, karena melalui proses itulah manusia di bina dan di didik agar tidak keluar dari kesucianya.

  25. Siti Mar'atul Hasanah berkata

    Menurut saya pendidikan adalah pengetahuan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajar
    Kata kunci yang saya dapat yaitu tarbiyah adalah menyampaikan sesuatu untuk mencapai kesempurnaan

  26. Siti Mar'atul Hasanah berkata

    Menurut saya pendidikan adalah pengetahuan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajar
    Kata kunci yang saya dapat yaitu tarbiyah
    Tarbiyah adalah menyampaikan sesuatu untuk menyampaikan kesempurnaan

  27. Muhammad Adha MPI A smt 3 berkata

    menurut saya pendidikan adalah proses pembentukan manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya sesuai dengan fitrah nya sebagai manusia. dalam hal ini, saya memilih kata kunci mendidik . sedangkan kata mendidik itu ialah suatu proses penyampaian, pemberian dalam bentuk ajaran atau tuntunan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran bagi peserta didik.

  28. wahyuni wati ningsih MPI A Smt 3 berkata

    pendidikan adalah suatu proses pengubahan yang tidak tahu menjadi tahu. dalam pendidikakn tentunya mempunyai suatu peraturan, kata kunci saya adalah peraturan. dalam peraturan didalam pendidikan tentunya kita sebagai mahasiswa harus mengikuti peraturan tersebut agar kita bisa mencapai pendidikan dengan baik

  29. Wahyuni Wati Nengsih MPI A Smt 3 berkata

    pendidikan adalah suatu proses pengubahan yang tidak tau menjadi tau. dalam pendidikan tentunya mempunyai suatu peraturan. kata kunci saya disini adalah peraturan, dalam peraturan di dalam pendidikan tentunya kita sebagai mahasiswa harus mengikuti peraturan tersebuta agar kita bisa mencapai pendidikan yang baik

  30. Muflikha MPI A Smt 3 berkata

    menurut pendapat saya mengenai pendidikan itu adalah bahwa pendidikan merupakan ujung tombak dari suatu bangsa. untuk itu pendidikan sangat penting bagi manusia, karena pendidikan ialah suatu kegiatan untuk mendidik manusia menjadi manusia sehingga hakikatnya pendidikan adalah manusia. sedangkan manusia sendiri yaitu mahluk yang bisa mendidik dan di didik. sehingga tanpa manusia pendidikan tidak akan pernah berjalan

  31. dedehidayatulloh berkata

    Pendidikan ialah proses mengubah manusia ke bentuk manusia.
    Haini menjadikan perubahan sikap manusia ke arah yang lebih baik dan menjadi manusia yang dipandang baik

  32. Elin yulianingsih berkata

    Assalamu’alaikum
    Pendidikan ialah mengatur seseorang untuk membiasakan suatu hal yang baik.

  33. Elin yulianingsih berkata

    Assalamu’alaikum
    Pendidikan ialah mengatur seseorang untuk membiasakan berbuat suatu hal yang baik.

  34. Siti Hayyun MPI-A smt 3 berkata

    saya setuju bahwasanya pendidikan berbeda dengan pembelajaran, dimana pendidikan sendiri lebih mengarahkan manusia untuk memiliki kualitas sikap dan prilaku yang baik. intinya pendidikan lebih berorientasi pada pembentukan watak dan kepribadian .
    haikat manusia yang terlahir dalam keadaan suci harus dijadikan dasar bagi pendidikan untuk tetap menjaga kesucian tersebut. meski kesucian tersebut terkadang dapat terhapus oleh lingkungan dan pergaulan, pendidikan harus mampu mengembalikan kesucian manusia .

  35. Putri Alfaniyah berkata

    Assalamualaikum.
    Pendidikan merupakan suatu proses pembentukan karakter, Budi pekerti, Dan kecerdasan yang dilakukan secara tatap muka untuk memberikan bimbingan dan mengajarkan kepada orang lain tentang sesuatu yang belum di ketahui. Pendidikan lebih menitik beratkan diri pada perilaku yang bernilai.

  36. Luinah berkata

    Di dalam pendidikan memiliki asas yg sesungguhnya sebagai institusi yg seharusnya mampu menjaga kesucian manusia. Oleh karena itu pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan yg luas akan tetapi dibarengi dg iman dan takwa kepada Allah swt.

  37. Maulidiya berkata

    Assalamu’alikum
    Pendidikan adalah proses pembelajaran yaang bukan hanya mentrasformasikan materi saja tapi harus dilakukan dengan tindakan nyata.

  38. Qorry Yafatihana berkata

    Pendidikan adalah proses membiasakan diri dari apa yang telah diketahui agar manusia memiliki perilaku yang bernilai.
    Perilaku adalah perbuatan yang dipengaruhi oleh sikap, adat dan lainnya.

  39. Ainun Wiliyanti berkata

    Assalamualaikum
    Pendidikan itu bukan hanya sekedar mengajarkan tentang sesuatu yang belum diketahui,pendidikan meletakkan diri pada makna yang lebih filosof dan lebih substantif,pendidikan lebih menitik beratkan pada perilaku yang bernilai. Seperti tujuan nasional dalam UU NO 20 tahun 2003 adalah membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah

  40. Ainun Wiliyanti berkata

    Assalamualaikum
    Pendidikan itu bukan hanya sekedar mengajarkan tentang sesuatu yang belum diketahui,pendidikan meletakkan diri pada makna yang lebih filosof dan lebih substantif,pendidikan lebih menitik beratkan pada perilaku yang bernilai

  41. Yuni anna berkata

    Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan bernegara dan berbangsa karena maju tidaknya negara itu bisa di lihat dari kualitas pendidikannya.

    1. Yuni anna berkata

      Pendidikan bukan hanya mengajarkan tentang pelajaran formal saja melainkan mengajarkan banyak hal baik formal maupun non formal.

  42. dhini apriliani berkata

    asalamualaikum
    pendidikan merupakan pembentukan watak dan perilaku seseorang, pendidikan juga adalah proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia merupakan filosofi yang artinya manusia lahir dari kesucian bukan dari keburukan

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Jadi terbaca nggak bedanya pendidikan dan pembelajaran

      1. dhini apriliani berkata

        perbedaannya menurut saya. pembelajaran yaitu mengajarkan sesuatu kepada orang lain tentang sesuatu yang belum diketahui sedangkan pendidikan lebih ke pembentukan karakter seseorang dan mengutamakan pada tindakan seseorang atau prilaku yang bernilai

  43. ikbal pauji berkata

    Komentar atas nama Nita Anita 3 MPI A.
    “pendidikan jika dilihat dari filosofi yakni menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Filosofi disini yakni mencari kebenaran. Dimana pendidikan dapat mengarahkan kebenaran kepada manusia agar manusia kembali ke pada fitrahnya yakni suci.”

  44. Anton Mulyono berkata

    Assalamu’alaikum
    Makna pendidikan lebih menitik beratkan pada pembentukan watak dan perilaku dimana watak adalah cara berpikir seseorang dimana seseorang tersebut mempunyai pemahaman atau pemikiran.

  45. ikbal pauji berkata

    Ade Ikbal Pauji 3 MPI A :
    Dari hasil bacaan diatas, Pendidikan itu harus bisa memanusiakan manusia, mengembalikan manusia ke dalam fitrahnya, menjadikan manusia yang berkarakter yakni pribadi yg bukan hanya tahu tapi juga faham dan mengerti. Bukan hanya tahu bahwa A itu baik, B itu buruk tapi menjadikan manusia faham dan mengerti, Tahu A itu baik kemudian meng-aktualkannya dalam kehidupan, Tahu B itu buruk kemudian menghindari dan mem-proteksi diri utk tidk melakukannya.
    Fitrah ini merupakan sesuatu perbawa atau sifat asal manusia dari sejak lahir. Fitrah manusia ini lebih condong kepada sifat2 kebaikan atau ilahiyat.
    Jadi pendidikan itu tidak hanya berkutat tentang hal teoritis, tapi juga praktis yang pada akhirnya harus menjadikan manusia-manusia (subjek didik) memiliki nilai jiwa yang terinternalisasi dari pengetahuan yang berupa teori.

  46. Khoiron Alkaromah berkata

    Assalamualaikum…
    Makna pendidikan sangat berbeda dengan pengajaran, pengajaran hanya menyalurkan pengetahuan kepada peserta didik sedangkan pendidikan lebih menitikberatkan pada sikap atau tingkah laku seseorang agar tetap menjadi fitrahnya yang suci sebagai manusia sesuai dengan hadis yang disebutkan di atas….

  47. Suyana berkata

    Pendidikan adalah upaya pembentukan karakter bukan hanya proses belajar dan pembelajaran akan tetapi lebih di tekankan pada pola tindakan langsung seseorang yang mengacu pada nilai yang baik atas apa yang ia telah pelajari

    1. Cecep Sumarna
      Cecep Sumarna berkata

      oke siiip ….

  48. Siti Sutihatin berkata

    Berdasarkan hasil diskusi minggu lalu mengenai definisi pendidikan dan pembelajaran, saya dapat menyimpulkan bahwa pendidikan memiliki makna yang lebihvluas daripada pembelajaran. Pembelajaran hanya terpaku pada kegiatan yang terikat dengan waktu dan tempat. Pendidikan dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk memanusiakan manusia seperti yang tertulis di artikel adapun tujuan pembelajaran adalah untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswanya.

  49. Rahmat Maulana/MPI/4 berkata

    Definisi pendidikan, pendidikan difokuskan pada manusia, mengingat bahwa manusia adalah makhluk yang dimuliakan Allah dengan karakteristik fisiologis dan psikologis, sehingga mereka mampu mengekploitasi alam dan lainnya. Selain itu manusia adalah makhluk yang dapat dididik dan dapat mendidik karena manusia mempunyai pendengaran, penglihatan bahkan hati nurani. Dengan usaha sadarnya serta keterkaitan antara memanusiakan manusia.
    Sedangkan pembelajaran adalah yang memfasilitasi kegiatan pendidikan, dengan berbagai macam metode

  50. Riana sri anisah MPI /4 berkata

    Hasil pertemuan ke 2 mata kuliah filsafat pendidikan islam sangat sangat menarik, menurut saya pendidikan merupakan suatu proses untuk mengembangkan semua aspek kepribadian manusia yang mencakup pengetahuan, nilai sikap dan keterampilan nya. Hakikatnya mencakup kegiatan mendidikan, mengajar dan melatih.Sedangkan untuk pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku yang melibatkan keterampilan kognitif yakni penguasaan ilmu dan perkembangan intelektual.

  51. MUHAMMAD YASIR ARAFAH/MPI/4 berkata

    Saya setuju, karena pendidikan merupakan ilmu terapan yang menyangkut segala hal aspek, dan berbagai materi subjek lain yang merupakan bahan kajian dalam pembelajaran definisi pendidikan. Terimakasih

  52. dinny alfiana berkata

    Setuju, menurut saya Pendidikan hakikatnya usaha menjaga fitrah manusia yang Tuhan berikan sejak lahir.

  53. siti halimah mpi/4 berkata

    Menurut saya pendidikan adalah suatu usaha yang dibentuk sebaik mungkin untuk mengembangkan kemampuan, potensi peserta didik, serta bakat minat yang dimilikinya untuk memperoleh kemampuan melalui pelajaran, pelatihan, dan penelitian. Sedangkan pembelajaran adalah suatu interaksi pendidik dan peserta didik dalam suatu lembaga, atau pun berbagai kelompok orang baik formal, nonformal maupun informal.

  54. asiro mpi/4 berkata

    Menurut saya, pendidikan merupakan sebuah wadah yang di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendewasakan manusia dalam hal perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

  55. asiro mpi/4 berkata

    Menurut saya, pendidikan merupakan sebuah wadah dimana di dalamnya berlangsung sebuah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendewasakan manusia dengan mengembangkan aspek kognitif afektif dan psikomotorik peserta didik.

  56. Firman Maulana semester 4 berkata

    Setelah saya baca dan meniliti dengan baik, Saya setuju dengan disertasinya prof. Cecep sumarna bahwa pendidikan merupakan proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Tidak perlu dijelaskan lagi karena tulisan diatas sudah jelas bahwa pendidikan pembelajaran itu sangatlah berbeda, dan tulisan diatas sangat bagus dan bermanfaat.

  57. uyunurrahmah (1415109031) MPI 4 berkata

    saya setuju pendidikan adalah proses memanusiakan manusia dengan artian menjaga kesucian manusia sebagai makhluk yang baik yang terlahir dalam keadaan fitrah.

  58. Asyifa Nuraeni Kartika Ali berkata

    Saya sependapat dengan bapak Cecep bahwa Pendidikan merupakan suatau proses memanusiakan manusia, maksudnya adalah menjadikan manusia agar tetap menjadi manusia sebagaimana yang telah Allah fitrahkan. Proses tersebut dapat melalui berbagai aspek yaitu dengan melalui proses pembelajaran serta pendidikan yang dapat mengubah sikap, tingkah laku dan pola pikir manusia dalam upaya mendewasakan diri melalui proses pelatihan dan pengajaran. Dalam Pendidikan dibagi menjadi tiga yaitu Pendidikan Informal, Formal dan Nonformal, yang paling utama adalah pendidikan keluarga yaitu dimana seorang ibu/ orang tua mengajarkan kepada anaknya cara berjalan, berbicara, makan yang baik.

  59. ABDURRAHMAN HASYIM ( MPI-4 ) berkata

    iya, saya setuju karena pendidikan bukan hanya memberikan pengetahuan , akan tetapi pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha pembentukan watak dan perilaku seseorang agar bernilai positif yang tidak menyimpang dari kodratnya sebagai manusia, sehingga apa yang ada didalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah bisa tercapai. sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Prof. Cecep Sumarna dalam disertasinya menyebutkan bahwa pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia yang mengasumsikan bahwa manusia lahir dalam kesucian. Tidak ada manusia yang lahir dengan keburukan.

  60. Sri Rahayu berkata

    Mengenai definisi pendidikan, tentunya banyak sekali definisi-definisi yang di ungkapkan oleh para ahli maupun kita sendiri yang mendefinisikannya. Namun ada definisi yang memang relevan sekali maknanya sesuai apa maksud pendidikan tersebut. MPI semester 4 dalam pertemuannya bersama Prof. Cecep mengadakan diskusi yang sangat menarik mengenai definisi pendidikan. Dan dari 3 kelompok besar itu semuanya mempunyai pendapat masing-masing sesuai dengan pemahamannya. Ada yang mendefinisikan pendidikan itu sebagai usaha sadar untuk merubah seseorang menjadi lebih baik, kemudian ada juga yang mendefinisikan menurut pendapat para ahli yang lain. Dan dari kelompok saya sendiri itu definisi pendidikan itu adalah memanusiakan manusia sesuai dengan disertasi dari Prof. Cecep yang mana definisi pendidikan adalah menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Keduanya berketerkaitan yang mana untuk menjaga manusia itu dengan adanya pendidikan sehingga pendidikan disini adalah proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia dan saya sangat setuju dengan artikel yang di paparkan di atas karena relevan dengan apa yang di maksud dengan pendidikan tersebut. Terimakasih

  61. Lu'lu Atul Alawiyah berkata

    saya setuju, karena pendidikan adalah proses perubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok orang dalam upaya pengajaran,pelatihan, bimbingan, pembinaan atau pertolongan yang sesuai prosedur pendidikan itu sendiri yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup mampu untuk melaksanakan tugas hidupnya sendiri secara mandiri tidak terlalu bergantung terhadap bantuan dari orang lain. Sedangkan menurut UU No. 20 tahun 2003, Pendidikan adalah sebuah usaha yang di lakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, membangun kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

  62. Indah Kusumawati (MPI-4) berkata

    dari hasil diskusi kemarin yang saya dapatkan tentang definisi pendidikan. mengenai pendidikan saya setuju dengan prof. Cecep sumarna yang mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. dengan kata lain pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk memanusiakan manusia, dimana pendidikan bertujuan untuk memberi tahu dari yang tidak tahu, menjadi bisa dari yang tidak bisa. pendidikan dapat dibagi menjadi dua pengertian, yaitu secara sempit dan secara luas.pendidikan secara sempit biasanya hanya dilakukan di suatu tempat secara formal ataupun informal, terbatas waktunya dan lain sebagainya. sementara pendidikan secara luas adalah pengalaman hidup dan memiliki waktu yang tidak terbatas. manusi dilahirkan secara fitrah atau suci, oleh karena itu manusia perlu mendapatkan pendidikan guna menjaga generasi penurus yang memiliki akhlakul karimah.

  63. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    Saya setuju tentang definisi pendidikan dalam desertasi oleh prof cecep bahwasanya pendidikan itu proses menjaga manusia untuk tetap jadi manusia.
    Fitrah yang dibawa manusia sejak dikandung, selalu berada dalam kesucian. Ia selalu condong pada kebenaran dan menolak segala bentuk kebathilan. Ia menyebut pikiran Langeveld sebagai sesuatu yang kongkret dan sangat tepat, terlebih ketika dihubungkan dengan hadits Nabi yang menyatakan bahwa manusia dilahirkan dalam kesucian. Hanya lingkungan di mana manusia bergaulah, yang akan mendorong dirinya untuk menjadi apapun; tentu dalam konteks kebaikan atau keburukan.

  64. Siti Nurbaeti (MPI/4) berkata

    saya sepakat akan pemaparan dari prof. Cecep Sumarna bahwasanya pendidikan yaitu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Menjaga disini menurut saya lebih menitikberatkan pada tingkah laku manusia itu sendiri, seperti hal nya tugas Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul Allah itu untuk memperbaiki akhlak umatnya. Dalam suatu hadits yg memiliki makna “sesungguhnya Rasulullah itu suri tauladan yang baik” dari hadits ini kita dapat mengkaji bagaimana sifat-sifat kemanusiaan Rasul Allah tersebut, kita juga dapat mencontoh perilaku-perilaku beliau agar hakikat suci tidak hilang dari kodrat manusia. Adapun pendidikan menurut saya pribadi ialah proses usaha sadar untuk membimbing, membina, mengarahkan akal, moral, sikap agar manusia tidak kehilangan kodratnya sebagai manusia.

  65. Ririn Nur'aeni berkata

    hasil diskusi minggu kemarin yaitu tentang definisi pendidikan, seperti yang telah dikemukakan oleh Prof. Cecep Sumarna bahwasannya pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia, saya setuju dengan beliau, karena pada dasarnya pendidikan adalah proses memanusiakan manusia artinya manusia lahir pada hakikatnya suci tidak mengatahui apapun dengan proses pendidikan manusia dibentuk menjadi manusia yang seutuhnya yakni mempunyai watak dan perilaku yang baik. dalam prinsip filosofi dikemukakan bahwa manusia lahir dalam kesucian, tidak ada manusia yang lahir dalam kebukurukan. pendidikan lebih menitik beratkan pada pembentukan watak dan perilaku yang bernilai.

    1. Ririn Nur'aeni (MPI/4) berkata

      hasil diskusi minggu kemarin yaitu tentang definisi pendidikan, seperti yang telah dikemukakan oleh Prof. Cecep Sumarna bahwasannya pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia, saya setuju dengan beliau, karena pada dasarnya pendidikan adalah proses memanusiakan manusia artinya manusia lahir pada hakikatnya suci tidak mengatahui apapun dengan proses pendidikan manusia dibentuk menjadi manusia yang seutuhnya yakni mempunyai watak dan perilaku yang baik. dalam prinsip filosofi dikemukakan bahwa manusia lahir dalam kesucian, tidak ada manusia yang lahir dalam kebukurukan. pendidikan lebih menitik beratkan pada pembentukan watak dan perilaku yang bernilai.

  66. Nailiyatul Farhah MPI/4 (1415109013) berkata

    “Pendidikan” dalam bahasa arab istilah ini sering di terjemahkan dengan “Tarbiyah” yang berarti pendidikan.
    Pendidikan yaitu suatu proses menjaga manusia agar menjadi manusia, pendidikan (Education) yaitu dapat menginspirasi atau dapat dijadikan contoh untuk manusia, karena manusia diciptakan Allah SWT sejak lahir dalam keadaan fitrah (suci). Seperti halnya bayi yang baru lahir dan tidak tahu tentang apapun dan harus di didik. Islam itu adalah agama Allah yang diperintahkannya utuk mengajarkan tentang pokok-pokok serta peraturan-peraturannya kepada Nabi Muhammad dan menugaskannya untuk menyampaikan agama tersebut kepada seluruh manusia dan mengajak untuk memeluknya. (Endang saepudin Anshari, 1986:22). Dalam konsep pendidikan menurut islam yaitu manusia akan menjadi manusia karena berpendidikan, mendidik berarti memanusiakan. Untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa diperlukan pendidikan. Setiap generasi dan bahkan individu akan selamat dunia dan akhirat, bilamana dididik dengan mengikuti petunjuk-petunjuk dari Allah swt, meskipun banyak yang ingkar. Kegagalan pendidikan menyebabkan manusia tidak lagi berkedudukan sebagai manusia dan bersifat manusiawi. Dengan demikian pendidikan sangat penting untuk manusia, melalui pendidikan manusia bisa saling menghormati, menghargai, dan bisa saling toleransi sesama manusia. Pendidikan dalam sistem filosofis dapat membentuk nilai, karakter dan bisa menjadi inspirator bagi manusia. Manusia bisa mulia, bisa menyandang gelar paling mulia karena melalui pendidikan, bahkan manusia bisa saja menjadi makhluk yang paling rendah karena tidak ada pendidikan. Pendidikan sangatlah penting bagi manusia.

  67. Winda Dwi Nurrachmawati (MPI-4) berkata

    Hasil diskusi pertemuan minggu lalu tentang definisi pendidikan sangatlah menarik. Dapat dipahamin bahwa Pendidikan seperti yang telah dijelaskan oleh Prof. Cecep Sumarna dalam disertasinya menyebutkan bahwa pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Saya sangat setuju, karena pendidikan merupakan proses pembentukan manusia yang berupa pembentukan watak dan perilaku. Dalam pembentukan manusia tidak untuk merubah manusia itu sendiri tetapi, untuk menambahkan atau mengembangkan potensi yang ada dalam diri manusia itu sendiri. Yang berupa proses pembentukan bahwa pendidikan bukanlah pedoman terjadinya perubahan dalam kehidupan manusia melainkan sebagai penegasan dalam setiap langkah yang diambil dalam perubahan yang menitik beratkan kepada perilaku yang akan menghasikan penilaian yang tinggi dalam kehidupan manusia itu sendiri. Yang berasumsikan bahwa pendidikan itu sangatlah bersifat filosofis yang artinya merupakan kebenaran yang utuh. Prinsip pendidikan itu filosofis juga ditegaskan bahwa manusia lahir dengan kesucian yang ada pada dirinya.

  68. Yunita Nur Rahmawati MPI/4 berkata

    ya saya setuju karena, pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan suatu potensi diri pendidikan bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan tetapi pendidikan juga bisa berupa nilai, moral dan sebagainya untuk bisa di terapkan ke peserta didik, tujuan pendidikan itu sendiri untuk memanusiakan manusia yang tadinya tidak tahu apa-apa menjadi tahu, Adapun pendidikan bisa dilakukan sampai kapan saja tidak ada batasanya

  69. Wiwin Darwini berkata

    Menurut saya pendidikan adalah usaha dan dasar yang terencana untuk menciptakan dan mengembangkan potensi peserta didik yang meliputi pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan juga berupaya menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Dimana manusia yang lahir kedunia ini pada mulanya dalam keadaan suci.
    Pendidikan yang utama adalah pendidikan keluarga (dimana seorang ibu mengajarkan kepada anaknya cara berjalan, berbicara, makan yang baik dan lainnya) sampai dengan pendidikan tinggi.

  70. MAFTUHAH MPI/4 berkata

    dari pertemuan kemaren, saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang apa itu pendidikan. dan saya setuju dengan kutipan yang ditulis oleh Prof. Cecep Sumarna yang mengatakan bahwa pendidikan itu pada dasarnya yaitu suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia, karena pada fitrahnya manusia itu terlahir dalam keadaan suci. kemudian prof. cecep sumarna juga mengatakan bahwa pendidikan itu bukan menjadikan seseorang yang tidak baik menjadi baik. pendidikan di dalam kelas juga dikatakan tidak baik karena dapat membunuh karakter peserta didik.

  71. PUJIATI MPI/4 IAIN SNJ CIREBON berkata

    menurut saya memang pendidikan adalah cara memanusiakan manusia dengan berbagai aspek salah satunya melalui proses pembelajaran, dengan begitu pendidikan dapat mengubah sikap, tingkah laku dan pola pikir manusia dalam upaya mendewasakan diri melalui proses pelatihan dan pengajaran. saya setuju dengan pembahasan dari bpk.Prof. Cecep Sumarna yang menyatakan bahwa Fitrah yang dibawa manusia sejak dikandung, selalu berada dalam kesucian yaitu bahwa manusia lahir dalam kesucian. Tidak ada manusia yang lahir dengan keburukan, Kalau manusia lahir dengan sejumlah kebaikan dan jauh dari segenap keburukan. Maka, pendidikan memiliki asas yang sesungguhnya sebagai institusi yang seharusnya mampu menjaga kesucian manusia. Jadi, jika ada lembaga pendidikan yang tidak mampu menjadikan peserta didik tetap berada dalam posisinya sebagai manusia yang suci.

  72. saya setuju bawasanya pendidikan bukan hanya sekedar mengajarkan sesuatu kepada orang lain yang belum tahu. Tetapi pendidikan juga lebih menitikberatkan pada perilaku yang bernilai.
    Dengan adanya pendidikan kita yang dulunya tidak tahu menjadi tahu, dan dengan adanya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada allah sepeti yang disebutkan UU Nomer 20 tahun 2003.

  73. Tika Mellianti berkata

    Saya setuju, bahwa pada hakikatnya manusia terlahir dalam keadaan( fitrah) suci dan baik hanya saja faktor lingkunganlah yang menyebabkan atau menentukan manusia untuk menjadi pribadi yang baik ataukah buruk. Untuk itu melalui pendidikan,watak dan perilaku manusia dibentuk agar menjadi manusia khususnya pribadi yang memiliki akhlak yang akhlakul kharimah,pribadi yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.sebagaimana yang sudah tertera dalam uu no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

  74. sofiyah berkata

    Saya setuju,dengan definisi pendidikan diatas yang menurut prof.cecep sumarna bahwa pendidikan adalah suatu proses menjaga manusia agar tetap menjadi manusia. Karena pendidikan itu bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja melainkan mentransfer nila-nilai.Dengan nilai-nilsi inilah,diharapkan agar manusia bisa tetap berada pada posisinya sebagai manusia dan bisa menjaga kesuciannya menjadi manusia.trimakasih.

  75. Sarah agustinah berkata

    Saya setuju. Karna pembelajaran dan pendidikan itu berbeda pengertiannya. Pembelajaran itu sendiri adalah sebagai proses dimana terciptanya suatu pendidikan. Sedangkan pendidikan itu sesuatu yg di miliki oleh semua manusia untu bersosialisasi atau hidup d kalangan masyarakat. Pembelajaran itu sebagai terciptanya suatu pendidikan.

  76. Srigilanganjani berkata

    Saya setuju,dengan pemaparan definisi pendidikan menurut Prof.Cecep terlebih ketika dihubungkan dengan hadist Nabi yang menyatakan bahwa ‘manusia dilahirkan dalam keadaan suci atau fitrah’ .Dapat disimpulkan bahwa definisi pendidikan menurut islam adalah suatu proses pembentukan watak,kepribadian manusia agar menjadi kepribadian islam yang luhur.Bahwa Pendidikan menurut Islam memiliki tujuan utama yaitu untuk menjadikannya selaras dengan tujuan utama manusia menurut islam,yakni beribadah kepada Allah SWT.Saya berharap dengan pemahaman tentang definisi pendidikan ini.Bisa memberikan motivasi agar manusia khususnya muslim selalu mencari ilmu hingga akhir hayat.Dalam rangka mewujudkan Generasi Insan yang berpendidikan sesuai dengan Fitrahnya.

  77. siti nurkhamidah berkata

    Saya setuju, Nabiallah Muhammad Saw adalah educandum atau seorang pendidik yang berhasil. Indikator nya adalah beliau telah memberikan perubahan sikap dan perilaku masyarakat sesuai dengan petunjuk ajaran yang dibawanya. Dengan demikian, secara umum dapat katakan bahwa pendidikan adalah pembentukan kepribadian musim. Namun demikian, hampir semua pakar pendidikan sepakat bahwa inti pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa dalam upaya mempengaruhi peserta didik melalui pembelajaran, pembinaan, pembimbingan, pelatihan dan pembiasaan supaya mereka menjadi dewasa. Dewasa dalam hal ini adalah dapat mempertanggung jawabkan dirinya sendiri secara biologis, psikologis, pedagogis dan Susiologis.

  78. Nihay hay berkata

    saya setuju, pada hakikatnya pendidikan merupakan usaha untuk membentuk watak, perilaku manusia menjadi baik, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai islam didalamnya. dengan tujuan agar manusia menjadi makhluk yang berpendidikan dan juga dapat melaksanakan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. faktor lingkungan masyarakat, keluarga juga dapat mempengaruhi pembentukan karakter manusia.

  79. Nidya Nitania berkata

    saya setuju bahwa pendidikan itu tidak hanya mengajarkan tetapi juga membuat karakter lebih baik, tidak hanya membuat kecerdasan otak tapi membuat kecerdasan pada jiwa juga. Benar apa yang dikatakan oleh prof Cecep bahwa hakekatnya manusia itu dilahirkan dalam keadaan baik. Begitupun dengan pembentukan watak dan perilaku tergantung pada faktor eksternal atau internal.

  80. Wati berkata

    Saya setuju bahwa pendidikan bukan hanya transformasi ilmu pengetahuan, akan tetapi memiliki makna lebih luas dari itu yakni pembentukan watak dan perilaku. Pembentukan watak dan perilaku disini adalah membentuk manusia agar kembali kepada fitrah manusia yang suci dan beriman serta bertakwa kepada Allah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Sehingga, pendidikan yang sesungguhnya adalah pendidikan yang islami, dimana selain mencerdaskan manusia, juga berisikan tentang pembentukan watak, sikap, kepribadian dan perilaku manusia yang sejalan dengan nilai-nilai islam. Dan hal tersebut merupakan jawaban dari permasalahan sistem pendidikan yang selama ini berjalan.

  81. selviana devita berkata

    Saya sangat setuju, karena pendidikan itu ibaratkan sebuah investasi sumber daya manusia terbesar bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia, seperti yg kita semua ketahui bahwa kemajuan dan kejayaan suatu bangsa di dunia terletak pada pendidikannya, tumbuh kembang manusia itu terganggung dari pendidikan yg ia peroleh, jika pendidikan nya baik maka hasilnya pun akan baik namun apabila pendidika nya kurang baik maka hasilnya pun akan kurang baik, karena tujuan dari pendidikan itu sebdiri ialah memanusiakan manusia, pada dasarnya fitrah manusia itu terlahir baik dan suci, hanya saja perkembangan manusia itu sangat dipengaruhi oleh yg namanya lingkungan, sama halnya seperti pendidikan, lingkungan juga apabila lingkungan disekitarnya itu baik maka manusia tersebut akan baik tapi jika lingkungan nya tidak baik maka manusia itu juga akan terpengaruhlah tidak baik. karena lingkungan dan pendidikan sangatlah berpengaruh banyak dalam kehidupan manusia .

  82. Sandra Ismaya berkata

    Saya setuju, pendidikan memang sangat berbeda jauh dengan pembelajaran. Karena sejatinya pendidikan adalah suatu proses manusia menjadi manusia maksudnya agar manusia itu mempunyai nilai dan akhlak yang muslimah, menjadikan manusia yang bermoral serta manusia yang mempunyai etika-etika yang baik dan berfikir positif yang sudah menjadi kodrat-Nya. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap generasi bangsa, jika bangsa ini melahirkan pendidikan yang hebat maka dapat pula melahirkan pendidik-pendidik yang hebat.

  83. Sandi wiyana berkata

    Setuju karena Salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran.
    Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa Materi pembelajaran (instructional
    materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik
    dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. 

  84. RIZKI MAULANA LUKMAN berkata

    pendidikan bukan melulu tentang pemberian pengetahuan,pentranferan informasi kepada peserta didik dari yg tadinya tidak tahu menjadi tahu, namun yg lebih penting dari itu pendidikan pada dasarnya adalah pemberian, pengenalan nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, karna dalam masyarakat nilai dan norma merupakan sesuatu yag dianggap penting, dan masyarakat senantiasa menilai seseorang dari kesopanan, tingkah laku dan tutur kata. pada hakikatnya rasulullah diutus untuk memperbaiki (menyempurnakan) akhlak manusia, maka jelas bahwa akhlak yg mesti harus diperhatikan dalam pendidikan. dan jika akhlak sudah dapat dibangun sejak dini maka bukan tidak mungkin kalau tujuan pendidikan nasianal yg tercantum dalam UU No.20 tahun 2003 yaitu mewujudkan manusia yg beriman dan bertaqwa akan dapat terwujud. MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA
    RIZKI MAULANA LUKMAN (IPS C SMT 3)

  85. Ryan Darmawan berkata

    setuju, karena pendidikan merupakan ilmu terapan yang menyangkut psikologi, sosiologi, dan berbagai materi subjek lain yang merupakan bahan kajian dalam pembelajaran. salah satu aliran filsafat dalam pendidikan yaitu idealisme berpandangan bahwa pengetahuan sebenarnya sudah berada dalam jiwa (mind) kita, tetapi membutuhkan usaha untuk dibawa pada tingkat kesadaran kita melalui suatu proses yang disebut intropeksi. jadi, berpikir kembali tentang ide-ide terpendam yang ada didalam jiwa kita.

  86. Rima Nur Anisa berkata

    Setuju, bahwa pendidikan dapat dirumuskan sebagai usaha yang terencana dan sungguh-sungguh untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan,budaya, nilai nilai yang berkembang pada suatu generasi agar dapat ditransformasi kepada generasi berikutnya, sehingga peserta didik bisa mengembangkan potensi dirinya dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, dalam hal ini pendidikan berkaitan erat dengan segala seuatu yang bertalian dengan perkembangan manusia baik pikiran, perasaan sampai pada perkembangan iman nah perkembangan ini membuat manusia menjadi lebih berbudaya dan bermoral karena pendidikan itu memiliki tujuan yang mulia baik dihadapan Allah maupun dihadapan manusia.

  87. Ratnasari berkata

    Saya setuju, kita seringkali salah menafsirkan antara pendidikan dan pembelajaran, meyamakan pendidikan dengan pembelajaran. Benar seperti yang telah dikemukakan oleh Prof.Dr.Cecep S bahwa pendidikan “education” yang berarti mentransformasikan nilai, sedangkan pengetahuan “learning” yang berarti mentransformasikan pengetahuan. Dari kata “pendidikan” saja mengadung makna mendidik yakni bukan hanya sekedar mengajarkan kepada seseorang yang tidak tahu agar menjadi tahu tetapi juga bagaimana kita dapat mentransformasikan nilai-nilai yg terdapat di dalamnya.
    Pendidikan yang diharapkan dapat membentuk watak dan perilaku seseorang agar bernilai positif yang tidak menyimpang dari kodratnya sebagai manusia agar tetap menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

  88. Sunoto berkata

    setuju. bahwa pendidikan hakikatnya tetap menjaga keutuhan fitrah manusia yang suci, sebagaimana dijelaskan dalam hadits Nabi. oleh sebab itu, agar terciptanya keutuhan fitrah manusia tersebut pendidikan harus mampu mentransformasikan nilai-nilai luhur sehingga generasi anak didik saat ini dan yang akan datang memiliki akhlak seperti generasi-generasi terdahulu. hal tersebut sejalan dengan apa yang dikatakan Imam Malik Rohimahullah bahwa “generasi umat ini tidak akan baik sebelum dididik dan diperbaiki sebagaimana umat-umat terdahulu dididik dan diperbaiki”. generasi umat terdahulu yang dimaksud adalah masa ketika Rosulullah mendidik para sahabat, bahkan Rosulullah menyebutkan bahwa sebaik-baik generasi adalah generasiku, kemudian setelahku dan setelahnya (Khoirol quruuni qorni tsumaladzina yalunahum, tsumaladzina yalunahum)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.