Inspirasi Tanpa Batas

Destinasi Wisata Kepulauan Kei, Surga Yang Tersembunyi

0 27

Kepulauan Kei yang terletak di Kabupaten Maluku Tenggara memang sangat luar biasa. Tidak salah jika Kepulauan Kei menjadi pemenang anugrah Anugerah Pesona Indonesia 2016 untuk kategori Most Popular Hidden Paradise (Surga Tersembunyi Terpopuler). Kepulauan Kei saat ini sudah sangat mudah dijangkau wisatawan, infrasturktur yang cukup memadai dan fasilitas yang di sediakan pengelola menjadi poin penting untuk memudahkan wisatawan local maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kepulauan ini.

Bukan hanya itu, transportasi untuk mengakses destinasi wisata ini kini telah tersedia Penerbangan dari Ambon ke Langgur yang menjadi titik utama, sudah dilayani oleh 3 maskapai penerbangan Nasional. Dan setiap harinya ada empat jadwal penerbangan yang melayani rute tersebut. Untuk kamu yang akan berwisata dan melakukan traveler ke destinasi ini, berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

Pulau Ngav, Er dan Ngodan

Buat kamu yang hobby island hopping, Tiga pulau yang berada tidak jauh di sebelah barat Ohoi Dertawun ini merupakan destinasi favorit. Bentang pantai pasir putih dan spot-spot snorkeling dengan terumbu karang menjadi daya tarik utama ketiga pulau ini. Jika kamu beruntung, sekelompok hiu bersirip hitam (Carcharhinus limbatus) pun bisa kamu temui di pinggir pantainya yang satu ini.

Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir

Bentangan pasir di pantai ini sangat halus dan bersih. Luas pasir pantai yang menjolok sampai dengan lebih dari 100 meter ke tengah laut, akan membuat kamu kagum, mempesona sunset dan hamparan pasir bisa membuat kamu enggan beranjak dari sini.

pulau-ngav-er-dan-ngodan

Pantai Pasir Panjang – Ngurbloat, Ohoi Ngilngof

Pantai Ngurbloat yang dinobatkan sebagai pantai dengan pasir paling halus di dunia. Penghargaan ini di laukan oleh majalah National Geographic. Panjang garis pantai ini mencapai lebih dari 2 km, makanya namanya pasir panjang. Di sepanjang pantai ini terdapat kamu bisa sewa tempat istrahat berupa Saung sambil menikmati indah pantai dan kuliner khas setempat.  Karena pantai ini sambungan dari pantai Ngur Sarnadan, pantai inipun sangat nyaman untuk dipakai berenang atau sambil menikmati sunset.

Pasir Timbul Ngurtavur, Habitat Burung Pelikan

Lokasi pantai ini berada di Pulau Waha, tepatnya di depan Pulau Warbal. Yang menarik, Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang menjorok atau memanjang tanpa putus ke tengah lautan sepanjang kira-kira 2 km dan lebarnya 7 meter.

Nah, para pengunjung dapat berjalan kaki ke tempat ini saat air surut, atau bisa juga naik perahu jika air pasang. Ketika berada di pantai ini, kamu akan merasa sedang berjalan di tengah lautan luas. Namun, sesungguhnya kamu sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

Yang menarik dari pantai Ngurtavur lainya, yaitu pantai ini merupakan habitat burung Australian Pelikan (Pelecanus conspicillatus) ketika sedang bermigrasi ke Maluku. Pelikan sendiri habitat asli mereka yaitu di Australia dan Papua Nugini. Pantai ini juga memberi pesona bawah laut yang indah, kamu sendiri bisa melakukan kegiatan seperti berenang dan snorkeling.

pulau-bair-dan-pasir-timbul-ngurtavur-habitat-burung-pelikan

Pulau Bair

Pulau Bair terletak di sebelah utara pelabuhan Dullah di Kei Kecil. Mengunjungi Pulau Bair kamu akan dimajakan Landscape yang sangat memanjakan mata dengan laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat.

Aktivitas snorkeling, berenang dan pikinik bisa dilakukan di sini. Selain menjelajahi sekeliling pulau, di Pulau ini terdapat tebing karang yang sangat eksotik. Nah, kamu bisa masuk ke celah tebing tersebut. Untuk aktivitas sorkling kamu bisa temui sebelum menuju Pulau ini, yaitu Pulau Adranan.

Gua Hawang

Persisnya teletak di Desa Letvuan. Gua Hawang ini merupakan sebuah kolam air tawar yang dalam. Pantulan sinar matahari yang masuk terlihat sangat indah. Nah usut punya usut menurut cerit masyarakat setempat, kolam yang ada di Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui saluran sungai bawah tanah. Gua Hawang terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah. Jadi kalau kamu diving di sini kamu akan dapat menembus ke dua gua tersebut melalui sungai bawah tanah tadi.

Gua Luvat dan Gua Hawang

Gua Luvat  Pesona Tebing Lukisan Tangan

Salah satu Situs purbakala yang berada di kepulauan key dan letaknya di Ohoi Dertawun. situs ini sangat fenomenal karena lukisan di dinding gua yang merupakan peninggalan masa prasejarah pada zaman Megalitikum (zaman batu besar). Lukisan berbentuk Matahari, Panah, Perahu, Hewan menggambarkan pola hidup dan aktivitas masyarakat pada Zaman itu yang berhubungan dengan alam. Dimana manusia mulai mengenal konsep ketuhanan walaupun masih sangat tradisional.

Nah Buat kamu yang berniat ingin liburan ke tempat ini rekomended bangat nih, semua destinasi tersebut bisa kamu nikmati tanpa harus takut nyasar.  Karena,  sudah terdapat beberapa kelompok wisata  Ekowisata Ohoidertawun, Ekowisata Ohoi Ngilngof, dan Kelompok Ekowisata Ohoililir yang bisa membantu tur wisata kamu di Kepulauan Kei. Selamat berkunjung….[aL/dari berbagai sumber]

Komentar
Memuat...