Inspirasi Tanpa Batas

Disaat Anda Melakukan Presentasi Bisnis Yang Tiba Tiba

0 5

Konten Sponsor

Disaat Anda Melakukan Presentasi Bisnis Yang Tiba Tiba – Salah satu tuntutan utama dalam dunia bisnis ialah kemampuan untuk dapat berbicara secara lancar dan efisien tanpa teks. Apakah itu memberikan elevator pitch ataupresentasi singkat mengenai bisnis Anda pada investor yang potensial . Atau juga diminta dengan cepat mengajukan proposal pada calon konsumen atau klien potensial, banyak dari kita yang diharuskan berbicara tanpa persiapan memadai sebelumnya.

Lain kali Anda dihadapkan pada situasi semacam itu, Anda tak perlu cemas. Ada cara untuk mengatasinya.

Langkah pertama ialah dengan tetap tenang. Janganlah panik. Presentasi bisnis yang terburuk adalah yang panjang dan membosankan serta tak menarik audiens. Jika Anda memang harus berbicara di depan umum tanpa adanya persiapan, susunlah draft singkat mengenai struktur argumen atau gagasan Anda di sebuah kartu kecil atau jika tak ada, gunakan kertas tisu!

Di atasnya tulislah pembukaan, 2 atau 3 poin pendukung, dan juga sebuah penutup.

Gunakan waktu ekstra untuk memaparkan contoh atau data pendukung yang Anda akan sajikan. Selalu utarakan gagasan utama Anda di depan sehingga audiens akan dapat dengan mudah mengikuti penjelasan/ uraian pendukung Anda.

Jangan lupa untuk fokus pada berbagai topik berita yang menarik dan statistik pendukung yang meyakinkan gagasan utama Anda. Jika Anda mengetahui sebuah topik dengan sangat baik, kalimat pasti akan muncul secara alami. Fokus saja pada apa yang ingin sampaikan, daripada keinginan untuk memberikan kesan sempurna atau hanya terlalu memikirkan cara penyampaian yang baik. Semua itu hanya akan membuat Anda terlalu susah berpikir jernih di hadapan audiens.

Dan yang paling penting adalah usahakan untuk tetap singkat dan juga padat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar