Beranda » Blog » Tokoh » Menilik Eiko Ishioka Sang Desainer Surealis yang Jadi Google Doodle

Share This Post

Tokoh

Menilik Eiko Ishioka Sang Desainer Surealis yang Jadi Google Doodle

Menilik Eiko Ishioka Sang Desainer Surealis yang Jadi Google Doodle

Laman mesin pencari Google hari ini, Rabu (12 /7/2017), menunjukkan ilustrasi 6 Mahakarya dalam bentuk beberapa media grafis, desainer hingga potongan topeng yang tampil di halaman utama Google. Gambar atau doodle spesial ini untuk merayakan ulang tahun ke-79 Eiko Ishioka.

Gambar-gambar tersebut ialah sejumlah karya terkenal  Eiko Ishioka yang muncul dalam film ”The Fall” tahun 2006. The Fall sendiri adalah  salah satu film bergenre drama komedi petualangan yang berkisah tentang rumah sakit di Los Angeles tahun 1920-an. Di ceritakan ada seorang pemeran pengganti adegan laga film yang sedang menjalani perawatan.

BACA JUGA:  Google Doodle Victor Hugo Sang Pembangkang Yang Romantis

Lahir dan besar di Jepang, Eiko Ishioka menggeluti karier di bidang desain grafis. Saat itu masih sangat sedikit perempuan yang berkecimpung dan bekerja di bidang industri tersebut. Terlepas dari tantangan yang dihadapinya, ternyata Eiko Ishioka mampu bebas dari kekangan sosial dan artistik yang menghantuinya.

Dengan kegigihannya Desain iklan di media cetak pertamanya begitu meakjubkan. Ia mampu membangkitkan begitu banyak tema desain yang di kemudian erat dikaitkan dengan gaya desainnya yaitu tebal, surealis, dan secara konsisten tak terduga.

Desainer ikonik ini, sangat piawai dalam berimajinasi mulai dari desain iklan di media cetak, sampul album musik, hingga kostum untuk film dan teater desainer dengan ciri khusus. Tentu, semua itu membuat sang ikonik asal Jepang ini melakukan semuanya dengan sempurna. Dia menekuni semua itu selama puluhan tahun sepanjang kariernya. Sesuatu yang sangat jarang dilakukan sebelumnya oleh seorang wanita.

Eiko Ishioka Peraih Piala Oscar  dan Grammy Award

Eiko Ishioka Peraih Piala Oscar  dan Grammy Award, Menilik Eiko Ishioka Sang Desainer Surealis yang Jadi Google Doodle Frofile Eiko Ishioka

Eiko Ishioka mendapat pengakuan dunia atas karyanya saat rancangan kostumnya untuk film ”Dracula” tahun 1992 diganjar piala Oscar. Dia juga meraih penghargaan Grammy lewat karyanya yaitu sampul album ”Tutu” milik Miles Davis tahun 1986. Eiko Ishioka pun tercatat dua kali menjadi nomine Tonny Award lewat karyanya yaitu kostum untuk pertunjukan teater bertajuk ”M. Butterfly”.

Perempuan Kelahiran Jepang ini, mendapat pengakuan dunia atas karyanya saat rancangan kostumnya untuk film ”Dracula” tahun 1992 diganjar piala Oscar.DENGAN raihan satu piala Oscar, Satu piala Grammy, dan dua kali menjadi nomine Tony Award, karya-karya Eiko Ishioka sangat layak diperhitungkan.Pengakuan dunia atas karyanya tahun 1992 diganjar piala Oscar.

Dia juga meraih penghargaan Grammy lewat karyanya yaitu sampul album ”Tutu” milik Miles Davis tahun 1986. Tercatat dua kali menjadi nomine Tonny Award lewat karyanya yaitu kostum untuk pertunjukan teater bertajuk ”M. Butterfly”. Dia pernah bekerja sama secara intens dengan sutradara Tarsem Singh dalam beberapa film termasuk ”Mirror Mirror” tahun 2012 lalu.

Frofile Eiko Ishioka :

Lahir : 12 Juli 1938Lahir 12 Juli 1938Tokyo, Jepang
Meninggal :12 Juli 1938 (umur -74) Tokyo, Jepang
Kebangsaan: Jepang
Almamater : Tokyo National University of Fine Arts and Music
Penghargaan : Academy Award 1992 Desain Kostum Terbaik (Oscar) – Dracula
Situs web www.eikoishioka.com

BACA JUGA:  Mengenal Eva Ekeblad Penemu Tepung Dari Kentang Yang Jadi Doodle Google

[Ali Alamsyah Putra]

Share This Post

Foto Profil dari alialamsyah
Sosok muda yang banyak menghabiskan waktu untuk membaca berbagai literatur penting dalam soal ilmu pengetahuan. Hobi traveling, Penyuka Sastra dan sosok dingin dalam menyikapi perkembangan Zaman. Itu juga yang menyebabkan ia pindah haluan dari pekerja profesional perkantoran menjadi webster ilmu dalam dunia maya. Dialah, Bagian tertentu yang menjadikan lyceum menjadi ternama di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>