Inspirasi Tanpa Batas

SPONSOR

SPONSOR

Kamu Entrepreneur GAPTEK? Mungkin 5 Tips ini Dapat Membantu

0 0

Konten Sponsor

Tidak dapat disangkal, keberadaan media sosial sudah merambah seluruh aspek kehidupan. Anda akan selalu mendengar pembahasan sosial media dimanapun kapanpun setiap harinya. Untuk urusan bisnis, media sosial memberikan pengaruh yang signifikan, terutama untuk hal pengembangan bisnis. Tapi, tidak semua pebisnis ataupun entrepreneur paham dan ‘melek’ media sosial.

Mereka yang mendapat julukan ‘gaptek’ (gagap teknologi) menganggap keberadaan medsos sebagai hal yang mengintimidasi dan mengarah ke hal negatif. Padahal, jika kita mengetahui cara yang mudah untuk mengerti seluk-beluk media sosial, maka hal tersebut dapat membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Konsepnya terbilang mudah, namun akan menjadi kesulitan jika saat Anda mengeksekusi dan secara konsisten guna mengembangkan konten di media sosial. Oleh karenanya, jangan jadikan medsos sebagai penghalang bisnis Anda. Berikut 5 tips untuk sukses bermedia sosial bagi para entrepreneur yang mendapat julukan ‘gaptek’:

Mulai dari Media Sosial yang Populer

Ada banyak situs medsos yang saat ini populer, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, serta LinkedIn. Bagi Anda para pemula di bagian ini, untuk ikut bergabung dalam media sosial tersebut sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi detail mengenai data diri Anda, mulai dari nama, alamat, email, dan nomor telepon. Jangan berkecil hati jika dalam awal pembuatan akun Anda memiliki 0 follower.

Ingat apa yang pernah dikatakan pengarang terkenal kelahiran Inggris, John Heywood, “Roma tidak dibangun dalam sehari.” Kemudian, saat membuat identitas profil di laman media sosial, Anda harus dapat membedakan mana yang akan digunakan untuk pribadi ataupun profesional. Misalnya dalam LinkedIn, Anda menulis profil secara profesional, sedangkan pada bagian informasi di Facebook atau Twitter akan lebih kasual dan terkesan santai.

Kenali Juga Medsos yang Kurang Populer

Untuk informasi, startup dan perusahaan medsos yang baru selalu bermunculan setiap harinya. Coba kenali media sosial mana yang sejalan dengan visi misi dan demografi bisnis Anda. Meski mereka belum sebesar Facebook atau Twitter, bisa jadi akan membuka peluang untuk memperkenalkan bisnis Anda pada calon konsumen baru.

Kualitas Lebih Penting daripada Kuantitas

Less is more. Satu hal yang wajib Anda ketahui adalah Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mem-posting sesuatu ke media sosial jika tidak ada konten yang bagus. Anda harus tahu kapan dan apa yang akan Anda posting. Calon konsumen pasti menginginkan sesuatu yang berkualitas. Sehingga, pikirkan matang-matang sebelum Anda mengunggah sesuatu ke medsos.

Perkuat Brand Anda

Tantangan pertama yang Anda hadapi saat mulai merambah medsos adalah memastikan bahwa target konsumen Anda dengan cepat tahu soal bisnis Anda. Teknik sederhana bisa dengan mengaitkan tautan Facebook dan Twitter pada homepage situs bisnis Anda. Buatlah sekreatif mungkin sehingga orang jadi tertarik untuk mengeklik tautan tersebut.

Rekrut Mereka yang Ahli

Sebagai seorang entrepreneur, Anda mungkin merasa bisa melakukan semuanya sendiri. Akan tetapi untuk urusan media sosial, walaupun kelihatannya tidak sulit, dibutuhkan waktu dan tenaga khusus untuk menguasainya. Anda bisa merekrut mereka yang ahli di bidang medsos. Cara ini bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran yang efektif untuk jauh lebih mengerti seluk-beluk medsos. (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar