Entrepreneur Selalu Belajar Memanfaatkan Peluang

0 47

Sehubungan dengan pertumbuhan perusahaan dalam perjalanannya, maka perusahaan diharuskan menganalisa peluang pasar yang bisa dimanfaatkan. Analisa peluang pasar ini sangatlah penting, karena perusahaan diharuskan mengetahui berapa besarnya peluang yang ada dalam memasarkan produknya itu. Serta dapat menetapkan apakah pasar cukup besar untuk mendukung produk yang lain dan juga yang masih memberikan laba.

Peluang Pasar adalah sebuah kenyataan yang harus di hadapi oleh setiap organisasi. Yang dimana mereka hidup selalu di bawah tekanan perubahan. Perubahan yang di akibatkan oleh kemajuan dalam berbagai bidang dalam kehidupan telah berimplikasi pada semakin beraneka ragamnya kebutuhan dan tuntutan hidup di setiap individu. Setiap organisasi hidup di bawah pengaruh perkembangan budaya yang dicapai oleh masyarakat sekitarnya serta berbagai macam faktor eksternal lainya seperti : kondisi ekonomi, situasi politik dll. Keadaan yang terjadi di luar organisasi tersebut ada yang bisa di kendalikan oleh perusahan serta ada juga bahkan pada umumnya merupakaan keadaan atau faktor yang tidak dapat di kendalikan.

Melihat

Melihat Peluang

Melihat peluang pasar bisa dianalogikan seperti seorang anak kecil yang mulai untuk mempelajari hal-hal yang baru. Sebelum ia bisa untuk belajar membaca, hal yang pertama kali ia lakukan adalah dengan melihat. Dalam konteks membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah bahwa kita melihat apa yang menjadi masalah dari berbagai fenomena yang ada di sekitar kita dan siapa yang mengalami masalah tersebut. Yang kemudian kita mencari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam celah-celah kecil tersebut.

Kejelian dalam hal melihat masalah dan membaca peluang disini sangatlah diperlukan. Karena semakin kita jeli dalam melihat peluang dan semakin tipis marjinal (selisih) dari besarnya masalah yang tengah terjadi. Dengan kemampuan kita untuk menutup atau mengatasi masalah tersebut akan menentukan kesuksesan dalam membaca peluang di pasar.

Mendengar

Setelah kita melihat masalah yang terjadi dari kejauhan, kita harus memastikan kembali dengan cara membandingkan antara masalah yang kita lihat dari kejauhan berupa berbagai abstraksi singkat tentang poin masalah yang terjadi di masyarakat (konsumen) dengan kejadian yang sebenarnya terjadi di masyarakat sebenarnya. Apakah yang telah kita poinkan sebelumnya sudah tepat atau bisa bahkan meleset.

Mendengar dalam hal ini maksudnya adalah bagaimana kita mengetahui secara langsung tentang kebenaran masalah yang terjadi pada pasar. Mendengar disini juga memiliki tujuan agar kita mengenal lebih dekat dengan konsumen, sehingga masalah yang didapatkan lebih tepat sasaran.

Membaca

Membaca Peluang

Setelah kita melihat dan mendengar mengenai masalah yang tengah terjadi, kemudian semuanya kita baca perlahan tentang apa yang telah kita lihat dan kita dengar. Penting untuk diingat, kita membaca bukanlah untuk menghafal, tetapi untuk memahami. Demikian juga yang terjadi pada tahap membaca berikut ini, usaha kita tidak akan pernah sukses apabila kita terpatok pada teori. Sebaliknya apabila kita memahami apa yang telah kita lihat dan kita dengar, hasilnya akan lebih baik daripada kita menghafal.

Selain itu juga dalam tahap membaca ini, perlu diingat bahwa jangan ada satupun poin terlewatkan untuk dibaca, dipahami, dan dianalisis. Karena seberapa kecilpun poin yang telah dihasilkan, akan memiliki peranan yang cukup dapat diperhitungkan dalam kesimpulan akhir yang akan dibuat.

Menulis

Menulis adalah tahap yang terakhir dari keempat hal yang dilakukan oleh seorang anak kecil kita ia akan mempelajari hal baru. Setelah kita melihat, mendengar, dan membaca , kita perlu untuk menuangkan semua analisis yang telah diambil dalam tahap membaca. Semua poin harus tertuang baik-baik di dalam sebuah tulisan yang kemudian akan menjadi tolak-ukur atau untuk pegangan yang akan menuntun kita. Saat kita benar-benar terjun guna mengaplikasikan semua itu.

Dalam hal menulis selain kita merangkum apa yang telah kita lakukan, ada baiknya juga apabila kita menambahkan dan mencampurkan analisis yang sudah ada. Contoh : Analisis SWOT

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.