Inspirasi Tanpa Batas

Entrepreneur Yang Sukses Harus Membantu Entrepreneur Pemula

0 12

Mengapa para entrepreneur berpengalaman yang lebih sukses di haruskan membantu para entrepreneur pemula? Bukankah jika entrepreneur baru itu sukses, mereka akan menjadi pesaing berat bagi si entrepreneur berpengalaman yang pada gilirannya akan memperketat persaingan bisnis? Begitu pikir kebanyakan entrepreneur saat mereka ditawari untuk menjadi mentor atau pembimbing bagi entrepreneur pemula.

Tahukah Anda bahwa pola pikir picik semacam itu adalah salah satu penyebab kegagalan banyak entrepreneur baru? Patut kita pahami bahwa tidak semua usaha akan menjadi pesaing kita secara langsung. Sebagian akan menjadi pelengkap satu sama lain.

Itulah pemikiran yang perlu dipahami sebagai seorang entrepreneur dan pemilik bisnis. Jangan rakus dan kikir, karena peluang di pasar akan selalu ada bagi kita semua jika kita mau berbagi dan jangkauan kita akan lebih luas jika kita mau bekerjasama. Bagi sebagian orang, konsep seperti ini mungkin terasa sukar diwujudkan tetapi berikut penjelasan logisnya.

Double Power

Katakanlah perusahaan X adalah perusahaan pengembangan entrepreneur dan strategi bisnis. Mereka khusus menggarap peningkatan pola pikir entrepreneurial dan mengingkatkan ketahanan entrepreneurial. Mereka mengadakan pelatihan tetapi tidak menguasai bidang keuangan. Perusahaan Y memiliki kompetensi dalam pengetahuan finansial. Jadi perusahaan X dan Perusahaan Y berkolaborasi bersama dan menciptakan sebuah efek ganda, yang akan menghasilkan sesautu lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan jika mereka hanya beroperasi sendiri-sendiri.

Kemitraan strategis, kerjasama penting merupakan jenis-jenis fromasi yang diperlukan bisnis untuk bertumbuh dan berkembang pesat. Mengapa harus mengejar untung sendirian jika Anda bisa mendapatkan hasil lebih banyak dengan bekerjasama dengan pihak lain? Kita perlu menyingkirkan pemikiran bahwa entrepreneur lain selalu akan menjadi pesaing, bukan pihak yang membantu kita untuk sukses. Jika kita ingin entrepreneurship tumbuh subur di dalam masyarakat Indonesia, cara ini harus dilakukan.

Kota-kota besar tidak dibangun hanya dengan oleh satu pengembang properti dan ekosistem entrepreneurship tidak akan berkembang cepat tanpa upaya bersama dan investasi kolaboratif dari berbagai pihak yang merasa turut berkepentingan. (dhirga)

Komentar
Memuat...