Inspirasi Tanpa Batas

Fakta Unik Langit dan Asal Muasal Warna Biru Langit Yang Kita Lihat

Langit yang menjadi simbol tingginya harapan, langit yang menjadi misteri, dan langit sebagai tanda-tanda kekuasaan-Nya. Namun Benarkah langit itu berwarna biru?

0 61

Konten Sponsor

Perbedaan 7 Lapis Langit Saat kita menatapnya penuh ketakjuban, pikiran kita seketika dihiasi dengan berbagai imajinasi yang terbang tak berhingga, menikmatinya dengan penuh sensasi dan kesan, dan berbagai keindahan lain yang hadir dalam benak serta pikiran dalam mentafakurinya. Ya, langit yang terbentang diatas bumi, langit yang menjadi bagian dari sumpah Allah dalam firman-Nya, langit yang menjadi simbol tingginya harapan, langit yang menjadi misteri, dan langit sebagai tanda-tanda kekuasaan-Nya.

Asal Muasal Biru Langit

Langit adalah ruang yang terbentang di atas permukaan bumi, setiap lapisannya disebut atmosfer. Setiap lapisannya terbentuk dari gas dan udara dengan komposisi yang berbeda. Dua unsur utama yang terdapat pada atmosfer langit adalah Nitrogen (NO2) dan Oksigen (O2). Langit tampak berwarna biru berasal dari spektrum cahaya matahari yang mengenai atmosfer dengan mudah dihamburkan, hanya warna birulah yang paling banyak menyebar. Selain itu, kemampuan retina mata yang lebih mudah menerima warna biru.

Langit memiliki tujuh lapisan, salah satu fungsinya adalah melindungi bumi dari sinar mata hari dan benda-benda langit lainnya. Panjang gelombang yang dimiliki warna biru lebih kecil sehingga intesitas peredarannya lebih besar, proses tersebut dikenal sebagai  Rayleigh scattering, hal ini mengakibatkan warna biru dominan nampak di langit. Yang menyebarkan warna biru ke arah mata kita adalah seluruh atom-atom yang ada di atmosfer.

Perbedaan 7 Lapis Langit

Ketujuh lapisan langit pada dasarnya sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam QS Al-Baqarah ayat 29 dan QS Fushshilat ayat 11. Ketujuh atmosfer tersebut memiliki fungsinya masing-masing, ketujuh atmosfer tersebut dibedakan berdasar kepadatan dan ketinggiannya. Adapun masing-masing atmosfer adalah:

  • Troposfer merupakan lapisan yang membentuk 90% keseluruhan berat lapisan atmosfer dan menjadi lapisan paling terdekat dengan bumi.
  • Stratosfer merupakan lapisan kedua setelah troposfer.
  • Ozonosfer merupakan lapisan yang mampu mengembalikan sebagian besar sinar ultraviolet dan bahaya lainnya.
  • Mesosfer merupakan lapisan ketiga.
  • Termosfer merupakan lapisan diatas mesosfer.
  • Lonosfer merupakan lapisan yang terbentuk gas-gas terionisasi.
  • Eksosfer merupakan lapisan yang membentang paling luar dari lapisan atmosfer bumi.

Masih ada definisi dan pertanyaan lain tentang langit, masih banyak misteri yang ada padanya bersama benda-benda langit lainnya. Setinggi apapun langit, sejauh apapun penglihatan kita, langit adalah suatu sistem dahsyat yang Allah ciptakan dengan perhitungan yang tepat.**Die

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar