6 Fenomena dan Kejadian Yang Viral di Indonesia Tahun 2016

0 2.131

Kendaraan umum dan pribadi mulai memadati wilayah wilayah strategis di setiap kota. Baik tempat wisata, sarana umum hingga pojok pojok kota. Pada malam ini akan menjadi malam yang ramai dan penuh dengan jumlah Manusia yang sangat padat. Tidak heran pihak keamanan pun turut berjaga jaga disetiap tempat untuk meminimalisir kegiatan-kegiaatan yang sekiranya akan mengganggu dan merusak ketertiban umum. suasana ini masih terasa hingga saat ini.

Beberapa hari yang lalu, manusia dibumi khususnya masyarakat indonesia menyambut tahun 2017 dan mengakhiri tahun 2016 dengan segala cerita unik, lucu, menegangkan hingga menjadi Indonesia viral 2016 yang sudah barang tentu akan terkenang dalam masanya. Berikut beberapa fenomena yang Viral di Indonesia 2016

1. Tukang Sate di Bom Sarinah

Tentu semua masih ingatkah bom sarinah yang terjadi diawal tahun 2016. Satu kejadian yang menewaskan delapan orang sehingga membuat geger publik di bulan Januari tersebut. Dan dengan begitu cepat nya media meliput kejadian tersebut sehingga memunculkan berbagai macam cerita. Salah satunya cerita unik adalah tukang sate yang berada di sekitar ledakan cuek cuek saja disaat orang orang berlari ketakutan lantaran adanya ledakan tesebut.

2. Kopi Jesiica

Adakah yang masih ingat opera kopi Jessica Kumala Wongso yang divonis 20 tahun penjara karena diaggap telah membunuh Wayan Mirna Salihin setelah meminum es kopi Vietnam di kafe Olivier yang diduga telah dicampur dengan racun sianida ke dalam minuman Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Kumala Wongso yang merupakan sahabatnya sendiri. Opera kopi ini menjadi isu yang viral ditahun 2016. Karena proses persidangan memakan waktu selama 10 bulan. Bahkan media media Nasional turut menyiarkan secara langsung proses persidangan opera kopi Jessica ini.

Fenomena Kopi Jessica dan Proses sidang yang ramai di perbincangakan masyarakat

Kejadian opera kopi ini menuai pro kontra dikalangan masyarakat, bahkan dalam beberapa persidangan hadir pula masyarakat yang sengaja ingin menyaksikan proses persidangan opera kopi ini, sampai sampai adapula masyarakat yang datang dari luar Jakarta yang sengaja turut ingin menyaksikan, meskipun pada akhirya Jessica Kumala Wongso harus di vonis 20 tahun penjara.

3. Game Pokemon Go

Permainan Pokemon Go adalah permainan smartphone dengan berbasis augmented reality yang sempat menghebohkan masyarakat di seluruh dunia dari bulan Juli hingga Agustus 2016. Permainan ini mencoba menggabungkan dunia virtual dan nyata sehingga pemain diajak untuk mencari pokemon di lokasi yang telah tersebar di titik tertentu. Permainan ini memiliki keunikan tersendiri.

saat rilis di indonesia, game ini membuat tempat-tempat tertentu jadi ramai

Tidak sedikit orang-orang bergerombol dalam suatu tempat sembari memegang smartphone masing masing untuk mencari Pokemon. Bahkan sampai masuk ke wilayah kemanan negara seperti kantor Polisi, TNI, tempat ibadah dan lembaga pendidikan lainya. Sehigga permainan Pokemon Go ini sempat dilarang dibeberapa tempat tertentu . Permainan ini tentu sangat menuai pro kontra lantaran efek negatif yang didapat bukan lagi persoalan menghabiskan materi waktu, melainkan sudah memakan beberapa korban kecelakaan lantaran permianan ini.

4. Mannequin Challenge

Mannequin Challenge adalah aksi sejumlah orang berdiam diri seperti patung dan aksi mereka direkam dalam bentuk video, aksi ini sempat menjadi viral di Tahun 2016. Aksi Mannequin Challenge Bukan hanya dilakukan oleh kalangan muda, kalangan tua pun turut serta dalam aksi ini. Bahkan aksi Mannequin Challenge ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan masyarakat awam, tetapi figur terkenal internasional pun turut serta dalam aksi ini.

5. Penistaan Agama dan Bela Islam

Jutaan orang berdemo hingga tiga kali demo tentang dugaan penistaan agama

Pidato Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa akrab disapa Ahok Gubernur DKI saat bertemu dengan masyarakat di Kepulauan Seribu. Dalam salah satu isi pidatonya Ahok menyinggung surat Al Maidah ayat 51 dengan mengatakan “dibohongin pakai Surat Al Maidah 51”. Hal tersebut menuai banyak kontroversi sehingga banyak yang menuntut agar Ahok dipenjarakan lantaran kasus penistaan agama. Sehingga muncul Fatwa MUI dan berujung dengan aksi Bela Islam 411 (4 November 2016) dan aksi Bela Islam 212 (1 Desemeber 2016) yang mendorong pemerintah khususnya POLRI bertindak tegas agar segera memenjarakan Ahok. Isu viral yang d anggap penistaan agama ini menjadi sorotan media Internasional

6. Indonesia Viral 2016 “Om telolet Om”

Indonesia Viral 2016. fenomena viral di indonesia Fenomena dan Kejadian Yang Viral di Indonesia Tahun 2016, Viral 2016
Fenomena Om telolet om

Fenomena terakhir di Tahun 2016 yang menjamur di masyarakat Indonesia adalah “Om Telolet om”. Nampaknya fenomena ini sudah menjadi virus hiburan murah meriah yang menggerogoti seluruh lapisan masyarakat yang setia menunggu setiap bus yang lewat. Hampir disemua media sosial menceritakan fenomena “Om Telolet om”. Seperti yang diketahui bersama fenomena “Om Telolet om” awalnya merupakan kebiasaan masyarakat Jawatengah Pantura yang seringkali meminta kepada supir bus agar membunyikan klakson bus dari sepanjang jalur Solo sampai ke Wonogiri dengan menuliskan “Om Telolet om” yang bermakna bunykan klakson. Nampaknya kebiasaan guyonan tersebut langsung melejit dan popular sampai ke sekitar daerah Provinsi Jawa Timur dan banyak diikuti pula oleh masyarakat Indonesia bahkan para pejabat pemerintah sampai artis internasioanl pun turut serta dalam meramaikan fenomena “Om Telolet om”

Jika dibeberkan satu persatu keunikan dan viralnya 2016 tentu masih banyak lagi. Hanya saja, dalam menyambut tahun 2017 ini tentu memerlukan refleksi ulang tentang hakikat memasuki tahun baru 2017 tersebut. Usia boleh bertambah, tetapi sejatiya usia berkurang. Kita sambut tahun 2017 ini dengan penuh rasa syukur atas segala limpahan dan rahmatnya dengan kegatan kegiatan yang positif. Waktu memang tak bisa diulang tapi kesempatan untuk membuat perubahan masih bisa dikejar di hari esok tahun 2017 dalam karya bakti penuh makna. Semoga Animo masyarakat Muslim Indonesia pun turut meramaikan Tahun Baru Hijriyah… Wallahu ‘Alam Bisshowab.  [Mufti Tubagus Maulana]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.