Filosof Transisi di Yunani Kuna

Filosof Transisi Yunani
3 29

Yunani Kuna, sebelum kehadiran Socrates, Plato dan Aristoteles sebagaimana telah penulis jelaskan sebelumnya, sering dianggap sebagai negeri dongeng penuh mistik. Mereka tumbuh menjadi kelompok masyarakat imaginer yang mentransformasi mitos ke dalam cerita-cerita hiburan masyarakat. Perkembangan dimaksud telah mendorong suatu semangat baru di kalangan masyarakat dalam melakukan observasi lebih jauh atas apa yang berkembang dalam dunia mite. Observasi itulah yang kemudian menumbuhkan ilmu pengetahuan.

Kebesaran Yunani Kuna, sebelum Socrates, Plato dan Aristoteles, sebenarnya telah lahir pemikir ulung  yang kemudian dikenal dengan istilah Filosof Pra Socrates. Filosof itu misalnya: Thales, Anaximandros, Anaximenes, Phytagoras, Xenophanes, Heraclitus, Anaxagoras, Leuxippos dan Demokritos.

Thales (624-546) dikenal ahli matematika dan astronom dari Miletus (Asia Kecil). Daerah dimaksud, hari ini sering ditafsirkan sejarawan berada di Turki. Ia adalah tokoh pertama yang mengatakan bahwa air adalah asas utama kehidupan.

Filosof pra Socrates ini, adalah pemikir pertama yang menjelaskan fenomena alam tidak dalam konteksnya yang mitologis. Ia juga tokoh pertama yang dikenal menggunakan geometri untuk menghitung ketinggian piramida yang merelasikan jarak antara kapal dan pantai. Ia dikenal sebagai pendiri logika deduktif yang salahsatunya menurunkan sebuah karya yang dikenal dengan sebutan empat Corollaries Teorema Thales.

Tokoh Awal Idealisme dalam Filsafat

Anaximander hidup setelah Thales dapat disebut sebagai tokoh awal idealisme dalam filsafat Yunani Kuna. Banyak pihak memperkirakan hidupnya pada kisaran tahun 610-546 SM. Ia adalah filosof yang tinggal di Miletus. Kota kecil di Ionia atau Turki di era modern. Dia sekolah di Milesian dan belajar tentang ajaran Thales. Dia pendukung awal ilmu pengetahuan dengan cara mengamati sekaligus menjelaskan berbagai aspek alam semesta, dengan minat khusus pada soal asal-usul alam semesta. Ia menyarakan agar dunia diperintah hukum, agar ketertiban masyarakat dapat dilakukan. Jika hukum tidak ditegakkan maka, hal itu dapat mengganggu keseimbangan alam. Dalam soal astronomi, ia mencoba menjelaskan mekanisme benda langit dalam kaitannya dengan bumi.

Dalil fisika yang dia kembangkan adalah sumber atau asas bagi alam adalah sesuatu yang tidak terbatas (to apeiron). Melalui konsepnya ini, ia kemudian dikenal sebagai filosof Yunani yang membawa masyarakatnyta ke tingkat yang baru, karena ia merumuskannya ke dalam bentuk yang abstraks secara konseptual. Dia adalah sosok yang menciptakan peta dunia pertama dan karenanya telah memberi kontribusi terhadap kemajuan geografi.

Anaximenes  yang hidup di kisaran tahun 585 – 528 SM adalah filosof Milesian dan dikenal sebagai mahasiswa Anaximander.  Jika Thales menyebut bahwa asas kehidupan itu air, maka, anaximenes mengusulkan bahwa Archai (tunggal) atau materi yang mendasari dunia itu adalah udara.

Phytagoras, hidup di Ionian, Yunani pada kisaran tahun 570-495 SM. Ia dikenal sebagai filosof dan sangat ahli dalam bidang metematika. Pengikutnya sering disebut Pythagoreanism. Ia lahir di pulau Samos, dan memiliki kebiasaan tour untuk mengunjungi berbagai daerah seperti Mesir, Yunani dan menurut sebagian hikayat ia sampai ke India. Pada tahun 520 SM, ia kembali ke Samos. Kajian penting Phythagoras adalah berkembangnya kajian filsafat dan agama. Ia kemudian dikenal sebagai teorema Pythagoras. Dialah satu-satunya filosof Yunani yang menyatakan bahwa dirinya filosof, atau pencinta kebijaksanaan. Prof. Dr. Cecep Sumarna

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. syamsul ma'arif berkata

    Syamsul Maarif
    NIM. 2016.8.1.1.0081
    MPI. IAI BBC

    Assalamualaikum. Wr. Wb.
    mengenai para filsuf diatasa apakah ada bukti sejarah baik berupa gambar atau tulisan yang mereka tinggalkan baik itu Thales, Anaximandros, Anaximenes, Phytagoras, Xenophanes, Heraclitus, Anaxagoras, Leuxippos dan Demokritos. di yunani / di turki jika ada apakah sudah di publikasikan di google dan bisa kami baca atau lihat bukti tersebut ?
    trimakasih prof.

  2. Saproni berkata

    Bissmilahirrohamanirrohim saya mau mencoba memahami tentang filsafat mudah-mudahan Allah meridhoi dan membimbing kami amin

    1. lyceum berkata

      amiin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.