Filosofi Kesuksesan Google Dalam Bisnis

0 44

Google yang didirikan tahun 1998 di hanya pada sebuah garasi, sekarang telah menjelma menjadi salah satu mesin pencari paling populer di ranah internet dunia, dengan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap harinya. Sebuah kisah sukses yang ideal untuk menggambarkan suatu ungkapan “From Zero to Hero“. Kesuksesan yang berhasil diraih oleh para pendiri Google ini tak didapat dengan mudah namun melalui perjuangan panjang, berbagai tahapan berjenjang dan berkelanjutan.

Salah satu unsur terpenting dari sebuah kesuksesan selain perjuangan, ialah kesempatan serta pintar melihat peluang usaha adalah memiliki prinsip-prinsip hidup yang positif dan pola pikir tepat yang telah dirancang sedemikian rupa, kemudian dituangkan ke dalam bentuk piagam filosofi perusahaan yang sebagai landasan standar kualitas kerja seluruh bagian perusahaan. Demikian juga halnya yang tengah berlangsung di Google, terdapat 10 point filosofi yang menjadi pondasi, ditulis dan juga dijadikan sebagai acuan dalam menyajikan sebuah layanan seperti yang dapat langsung kita rasakan manfaatnya sampai detik ini.

Apa saja 10 Filosofi Google tersebut, silakan baca pada point berikut ini:

Fokus untuk pengguna

Sedari awal, Para pendiri Google telah berfokus kepada penyediaan layanan terbaik agar pengguna selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini berlaku ke setiap aspek pekerjaan, entah itu dalam merancang browser internet baru atau hal-hal kecil seperti merubah tampilan home, semua perhatian semata-mata dicurahkan untuk melayani sepenuhnya pengguna. Layanan dirancang sesederhana mungkin dan supaya semua pengguna di seluruh dunia mendapatkan fitur dan kenyamanan yang selaras.

Melakukan hal yang terbaik dengan benar-benar baik

Layanan Google adalah melakukan dan membantu pencarian. Dengan prinsip “kami tahu apa yang kami lakukan, kami akan lakukan yang terbaik, dan tahu cara bagaimana dapat melakukannya dengan menjadi lebih baik.”

Dengan prinsip tersebut Google terus berinovasi memberikan perbaikan layanan yang cepat dan lancar untuk jutaan orang. Dengan dedikasi tersebut telah melahirkan berbagai inovasi layanan baru seperti fasilitas Gmail serta Google Maps yang sangat membantu.

Melayani lebih cepat, lebih baik

Google menyadari jika waktu yang dimiliki setiap orang itu berharga. Ketika seseorang mencari sesuatu, sudah tentu orang itu ingin segera menemukan yang dicari kemudian melanjutkan aktifitasnya. Sementara semua pemilik situs menginginkan semua pengunjung berlama-lama menghabiskan waktunya dalam menelusuri sebanyak mungkin halamannya, namun Google berprinsip sebaliknya, yaitu mengharap setiap orang yang berkunjung agar pergi secepat mungkin. Hal ini dimaksudkan bahwa sebagai halnya mesin pencari, Google berharap setiap kunjungan pencarian dapat menemukan hasil yang tepat secepat mungkin. Setiap kemungkinan berbagai inovasi yang berkaitan dengan kecepatan pencarian ini telah dilakukan dan akan terus menerus dilakukan, semata-mata demi kepuasan sang pengguna.

Demokrasi layanan pada karya-karya web

Pencarian Google bekerja bergantung kepada jutaan orang yang mengirim link kepada situs web mereka, kemudian akan dibandingkan dengan situs lainnya untuk menentukan konten yang lebih bernilai.

Dengan lebih dari 200 sinyal dan berbagai teknik yang ada, termasuk algoritma PageRank, Google akan menganalisis situs mana yang lebih bisa “berperan” sebagai sumber informasi yang juga digunakan oleh laman lainnya pada seluruh web. Dengan sistem tersebut semua situs web diperlakukan sama dan berhak mendapatkan nilai peringkat yang lebih baik dari laman lainnya berdasarkan dari kualitas kontennya.

Anda tidak harus selalu duduk dibelakang meja untuk mendapatkan jawaban

Dunia bergerak semakin mobile. Orang ingin bebas mengakses informasi dimanapun mereka tengah berada, kapan pun mereka membutuhkannya. Inovasi layanan berteknologi baru sudah dirintis oleh Google dan menawarkan solusi untuk layanan mobile yang membantu orang di seluruh dunia untuk melakukan sejumlah tugas dengan ponsel mereka, dari memeriksa email dan kalender acara sampai menonton video. Selain itu, sumbangan terbesar Google untuk layanan mobile adalah OS Android. Android adalah keterbukaan yang membawa Internet ke dunia mobile secara lebih menyenangkan. Tidak hanya menguntungkan konsumen Android, yang memiliki lebih banyak pilihan dan pengalaman seluler baru yang inovatif, namun membuka peluang pendapatan bagi operator, produsen dan pengembang.

Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan kejahatan

Google adalah bisnis. Google menghasilkan pendapatan yang berasal dari menawarkan teknologi pencarian kepada perusahaan dan dari penjualan iklan yang ditampilkan di situs Google sendiri dan di situs lain di seluruh jaringan internet. Ratusan ribu pengiklan di seluruh dunia menggunakan AdWords dalam mempromosikan produk mereka; ratusan ribu pemilik situs web memanfaatkan program AdSense untuk menampilkan iklan yang relevan dengan konten situsnya.

Selalu ada informasi lain dan masalah untuk diselesaikan

Selalu ada permasalahan baru yang ditemukan dan membutuhkan upaya dengan lebih banyak kreatifitas. Dalam hal ini Google berprinsip; terus mencari cara untuk membawa semua informasi dunia kepada berbagai orang yang mencari jawaban.

Kebutuhan akan informasi melintasi semua batas

Misi Mereka adalah memfasilitasi akses informasi untuk seluruh dunia dengan berbagai bahasa. Mereka juga memiliki fitur kemampuan untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan pencarian yang dilakukan dalam bahasa tertentu. Dengan Fitur Google Translate seseorang dapat menemukan konten yang ditulis dalam bahasa lain yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Anda bisa serius tanpa mengenakan seragam

Google dibangun dengan gagasan bahwa sebuah pekerjaan haruslah menantang, dan tantangan itu harusnya pasti menyenangkan. Sesuatu yang besar, berbagai hal kreatif lebih mungkin tercipta dengan perusahaan yang memiliki kultur budaya yang tepat. Ada penekanan pada prestasi tim dan kebanggaan dalam prestasi individu yang berkontribusi bagi keberhasilan secara keseluruhan. Atmosfer yang santai namun tetap melahirkan ide-ide baru yang kreatif telah terbukti lahir dari suasana yang menyenangkan ini dan diterima di seluruh dunia.

Memuaskan tapi jangan cepat puas

Hasil yang memuaskan harus dilihat sebagai titik awal, bukan sebuah titik akhir. Google memiliki filosofi yang baik yaitu dengan menempatkan diri bahwa tujuan belumlah tercapai. Melalui inovasi dan iterasi, Mereka terus melakukan evaluasi untuk mengambil hal-hal yang bekerja dengan baik dan memperbaiki hal-hal yang belum berjalan dengan baik.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.