Inspirasi Tanpa Batas

SPONSOR

SPONSOR

Filosofi Kopi Hitam Sebagai Ciri Hidup Sehat

0 16

Konten Sponsor

Kopi Hitam itu Menyehatkan. Banyak mahasiswa yang bertanya, mengapa bapak senang banget minum kopi hitam? Setiap bapak mengajar, atau melakukan bimbingan sama kami, selalu tersedia secangkir kopi hitam di meja? Bapak tidak meminta kopi dicampur susu atau cokelat. Bahkan kadang kala kopinya asli tanpa campuran gula.

Pertanyaan sejenis ini sering sekali muncul. Tidak sedikit mereka seperti mengkhawatirkan saya, karena dianggap seneng banget dengan kopi hitam. Mereka tampaknya khawatir kalau saya sakit. Maklum kata mereka, kopi itu mengandung kafein. Sesuatu yang mengandung kafein, kata mereka pasti memiliki ketergantungan.

[BCA JUGA : Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Manusia]

Terhadap pertanyaan sejenis itu, saya sering hanya diam. Bingung menjelaskannya harus dari mana memulainya. Padahal saya sendiri tidak minum kopi layaknya Mbah Surif yang jika minum kopi seperti minum juice. Paling sehari semalam, saya minum kopi 2 gelas. Paling banter tiga gelas. Itupun kalau suasana sangat terpaksa akibat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Manfaat Kopi Hitam

Karena banyaknya pertanyaan sejenis itu, akhirnya saya katakan sebagai berikut: Begini ya. Kebetulan dulu saya pernah dipercaya oleh salah satu yayasan pendidikan untuk menjadi salah seorang unsur pimpinan yang berbasis farmakologi. Pendidikan Sarjana S1 untuk Farmasi. Meski latar belakang saya bukan berasal dari dunia kesehatan, tetapi, dengan dan karena yayasan itulah, saya banyak belajar secara natural akan pentingnya menjaga kesehatan.

Saya melihat bahwa jenis pendidikan semacam ini, banyak membantu diri kita mengenal berbagai macam makanan dan minuman yang dibutuhkan manusia. Dari situlah saya justru banyak belajar bagaimana menata hidup berdasarkan prinsip-prinsip biologis manusia secara natural. Segala sesuatu yang natural, akan mendorong diri kita tetap natural. Yang natural itulah yang bakal sehat.

Terkait dengan kopi hitam, kata saya kepada teman-teman mahasiswa, itulah minuman kesehatan. Tubuh kita butuh kafein yang salah satunya terdapat dalam biji kopi. Akan sangat bagus, jika kopi itu justru tidak dicampur baik oleh susu maupun oleh gula atau cokelat. Jika terpaksa, ya gula saja. Itupun campurannya adalah 1: 2. Artinya, jika gulanya satu sendok teh, maka, kopi-nya dua sendok teh.

Jika kopi itu dicampur dengan susu atau cokelat, maka, residu kopi justru menyatu dengan susu dan cokelat itu. Jika kopi sejenis itu yang sering anda konsumsi, maka, bukan hanya sekedar lambung, tetapi, juga ginjal anda akan terbebani. Residu-residu kopi masuk ke dalam jaringan dan sel tubuh anda secara massif. Sedangkan jika kopi itu asli hitam, maka, residu kopi serendah mungkin akan tereliminir. Tidak masuk ke dalam tubuh.

[BACA JUGA : Kopi Hitam Adalah Minuman Para Intelektual]

Coba bayangkan, jika hari ini saya minum kopi satu gelas. Pastilah 25-30 persen residu kopi tetap berada di dalam gelas. Tetapi coba anda bayangkan, jika anda meminum kopi yang telah dicampur susu atau cokelat. Maka, seluruh unsur dalam air di gelas dimaksud, habis dimakan dan masuk ke dalam tubuh.

Jadi minum kopi hitam itu, adalah cara membentuk kesehatan tubuh. Itupun pasti saya imbangi dengan meminum air putih setidaknya 10-12 gelas per-hari. Jumlah air putih itu, diminum 50 persennya saat mau tidur atau pas bangun tidur.   Prof. Cecep Sumarna

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar