Nilai Yang Terkandung dan Filosofi Logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72

Nilai Yang Terkandung dan Filosofi Logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72
0 129

Dalam menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negra Republik Indonesia Yang ke-72 yang tepatannya Pada hari Kamis 17 Agustus ini Pemerintah Indonesia telah memilih Logo dengan menggunakan angka 72 dan kata-kata yang tersemat dalam logo tersebut. Namun bagi sebagian besar Masyarakat Indonesia yang sangat antusias menyambut kemerdekaan ini jauh-jauh hari, kebanyakan dari mereka belum mengetahui Filosofi yang terkandung dalam Logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 ini.

Padahal Kementerian Sekretariat Negara melalui surat edaran yang disebar luaskan kepada para menteri, pimpinan lembaga negara, gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh indonesia memita untuk mensosialisasikannya dengan baik.

Filosofi Logo Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72

Logo HUT RI Ke-72 Memang terlihat sederhana, Namun memiliki nilai filosofis di dalamnya. Nilai filosofi ini terangkum sebagai berikut Ini:

  • Angka 7 pada logo menjadi simbol anak panah yang menyerong ke kanan atas. Ini melambangkan sebuah dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan yang positif.
  • Letak dan posisi angka 2 pada logo yang terlihat merangkul angka 7. Ini melambangkan asas kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia agar mencapai target yang telah direncanakan. Bentuk angka 2 juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.
  • Slogan yang digunakan “Kerja Bersama, Bersama Kerja“. Memiliki arti “Kerja bersama” menunjukkan sebuah pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sedangkan “Bersama kerja” menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Polemik Logo hari ulang tahun ke-71 kemerdekaan Indonesia

desainer logo Hut RI ke 72, Polemik Logo hari ulang tahun ke-71 kemerdekaan Indonesia, Nilai Yang Terkandung dalam Logo HUT Kemerdekaan RI ke-72

Ada yang menarik dari logo tersebut dari sisi bentuk dan tulisan yang tersemat. Tak ayal banyak Netizen belakangan ini ramai berpolemik seputar logo hari ulang tahun ke-71 kemerdekaan Indonesia. Logo tersebut dianggap mirip dengan logo milik Infanteri 71 Amerika Serikat.

Namun menurut Aditya Yoga, desainer logo hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tersebut memastikan bahwa ia tak mencontek desain mana pun saat membuat logo. Seperti yang di lansir Kompas ia mengatakan dengan tegas. “Untuk saya, terlalu bodoh apabila saya meniru logo lain. Saya mempertaruhkan nama saya dong,”

Desainer dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia ini tak menampik bahwa logo yang dibuatnya mirip dengan logo milik Infanteri 71 Amerika Serikat. Namun, kata dia, ada perbedaan mendasar dari kedua logo. Angka 71 dalam logo Infanteri AS berada di dalam lingkaran, sedangkan angka 71 dalam logo HUT RI tidak berada dalam lingkaran.

Adit mengaku menghargai kritik dan masukan yang diberikan oleh berbagai pihak. Ia akan menjadikan berbagai masukan yang datang sebagai masukan agar ke depannya lebih jeli.

Logo “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama” menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Secara resmi, softcopy tema dan logo Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun 2017 ini dapat diunduh di situs resmi Kementerian Sekretariat Negara di setneg.go.id. “Dirgahyu Indonesia” Semoga Rakyatmu Makin Peduli Padamu [Ali Alamsyah/Dari berbagai Sumber]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.