Inspirasi Tanpa Batas

Generasi yang Terlalu Cepat Dewasa ‘Kids Jaman Now’

1 216

Konten Sponsor

‘Kids Jaman Now’ istilah yang sedang ramai dipakai di dunia maya. Ungkapan ‘Kids Jaman Now’ sendiri ramai di gunakan oleh warga netizen di sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dsb. Objek istilah ini mengacu kepada anak-anak generasi Z atau sesudah generasi millennials, yaitu anak-anak yang lahir setelah tahun 2000.

Lalu dari mana asalnya istilah “Kids Jaman Now’ itu sendiri?. Dikutip dari Kompasiana.com, bahwa istilah kids jaman now pertama kali diunggah oleh akun palsu yang mengatasnamakan Seto Mulyadi (pemerhati dan psikolog anak yang juga ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia). sampai saat ini belum diketahui siapa pemilik akun palsu tersebut.

Istilah Kids Jaman Now merujuk pada kelakuan anak jaman sekarang yang dianggap diluar batas, kurang pantas, absurd dan nyeleneh. Dengan seiring nya perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat anak jaman sekarang tak terlepas dari dampak teknologi. Alhasil, anak jaman sekarang begitu cepat dewasa, cepat berdandan, cepat bergaul dan pacaran.

Pikiran polos mereka tercemar oleh pesatnya perkembangan teknologi yang tanpa filter memberikan berbagai informasi. Hal ini membuat para orang tua khawatir, bahkan netizen pun dibuat geleng kepala sampai mengelus dada.

Kelakuan anak jaman sekarang tidak jauh berbeda dengan kelakuan orang dewasa pada umumnya, dimana hal tersebut tidak cocok untuk mereka lakukan. Misalnya dalam hal pacaran yang dilakukan anak SD, bukan hanya cinta monyet seperti pada jaman generasi X. Mereka berpacaran layaknya orang dewasa, mempunyai panggilan sayang, memamerkan kemesraan mereka di media sosial yang membuat warga netizen menggelengkan kepala.

Contoh lain yang membuat warga netizen menggelengkan kepala dari kelakuan ‘Kids Jaman Now ‘, jika patah hati bagi orang dewasa mungkin sudah umum terjadi, buat anak jaman sekarang yang masih SD itu luar biasa. Mereka bahkan memposting foto di media sosial dimana foto tersebut menunjukan dirinya sedang menangis sambil memegang pisau. Luar biasa bukan?.

Namun disamping hal-hal tersebut, generasi ini sebenarnya generasi yang cerdas, mereka sudah melek teknologi semenjak balita. Tidak semua ‘Kids Jaman Now’ bisa dipandang dari sisi negatif. Banyak dari generasi ‘Kids Jaman Now’ yang berprestasi, dan memahami bagaimana menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar.

Peran lembaga pendidikan, orang tua, lingkungan sangatlah penting untuk memajukan generasi emas ini demi kemajuan yang besar bagi generasi selanjutnya. Kita sebagai masyarakat yang nasionalis harus berusaha untuk memperbaiki dan memberikan solusi atas fenomena ini, jangan hanya berkomentar dan menjustifikasi.

  1. Siswanto biasa berkata

    Dalam kids jaman now pasti memiliki pengaruh yang positif dan negatif. Menurut pendapat saya hal sperti itu tidak apa-apa. Namun dalam penggunaan teknologi harus bisa memanfaatkan dengan baik . Pengawasan terhadap anak bagi orang tua harus lebih diarahkan ke hal-hal positif. Untuk itu orang tua lebih menanamkan dan mempertebal akidah agama yang dianut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar