Google Doodle Victor Hugo Sang Pembangkang Yang Romantis

0 40

Victor Hugo merupakan salah satu penulis aliran romantisme pada abad ke-19 dan Hugo sering dianggap sebagai salah satu penyair terbesar Perancis. Hari ini 30 Juni Google mengapresiasi dengan doodlenya dengan ikut merayakan kelahiran sang maestro tersebut.

Banyak hasil karyanya menggambarkan hampir semua isu politik dan social yang tersebar pada masa itu. Hugo juga kecenderungan artistik pada zamannya.

Karya-karyanya yang paling terkenal adalah novel Les Misérables dan Notre-Dame de Paris. Karya puisinya yang dianggap sangat menonjol diantaranya adalah Les Contemplations dan La Légende des siècles.

Biografi Victor Hugo

Frofil Victor Hugo, Biografi Victor Hugo, Google Doodle Victor Hugo Sang Pembangkang Yang Romantis, Victor-Marie Hugo adalah salah satu Maestro PrancisVictor-Marie Hugo merupakan anak ke tiga dari pasangan Joseph Léopold Sigisbert Hugo (1774–1828) dan Sophie Trébuchet (1772–1821). Saudara laki-lakinya adalah Abel Joseph Hugo (1798–1855) dan Eugène Hugo (1800–1837). Lahir pada tanggal 26 Februari 1802 di Besançon, dan menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di Negara Prancis, namun berpindah-pindah.

Ayahnya yang seorang perwira militer Prancis, membuat Hugo dan keluarganya banyak berpindah tempat. Namun, dengan berpindah-pindah Hugo bayak mendapat ilmu pengetahuan dan pengalaman sosial. Dalam perjalanan keluarga Hugo tidaklah utuh, perbedaan keyakinan agama antara ayah dan ibunya membuat keduanya memutuskan untuk berpisah sementara.

Hal ini yang membuat ibunya lebih mendominasi pendidikan utuk Hugo. Namun, menjelang Revolusi Perancis pada tahun 1848, Hugo memutuskan untuk berpindah keyakinan dari Royalis Katolik menjadi Atheis. Pada usia remaja dan menjelang dewasa Hugo mulai melawan keinginan-keinginan ibunya. Secara diam-diam Hugo bertunangan dengan teman masa kecilnya, Adèle Foucher (1803–1868).

Pada tahun 1822, yaitu setahun setelah ibunya meninggal, Victor-Marie Hug menikahi Adèle. Dari pernikahan tersebut Hugo dikaruniai lima orang anak. Putra pertamanya, Léopold, lahir pada tahun 1823 namun akhirnya meninggal saat masih bayi. Anak-anak Hugo yang lain yakni, Léopoldine lahir pada tanggal 28 August 1824, Charles lahir pada tanggal 4 November 1826, François-Victor lahir pada tanggal 28 October 1828 dan putri bungsunya, Adèle yang lahir pada tanggal 24 August 1830.

Pada tahun 1829 sampai pada tahun 1840, Hugo menerbitkan lima buku kumpulan puisi yakni Les Orientales, 1829; Les Feuilles d’automne, 1831; Les Chants du crépuscule, 1835; Les Voix intérieures, 1837; and Les Rayons et les ombres, 1840 yang memperkuat reputasinya sebagai penyair terbaik pada masanya.

Kesedihan Hugo Yang Mendalam

Frofil Victor Hugo, Biografi Victor Hugo, Google Doodle Victor Hugo Sang Pembangkang Yang Romantis, Victor-Marie Hugo adalah salah satu Maestro Prancis

Kematian putri sulung Hugo, Léopoldine, membuat Hugo begitu terpukul. Léopoldine meninggal saat berusia 19 tahun pada tahun 1843 ia adalah anak kesayangan hugo. Tragisnya  kematian Léopoldine terjadi hanya beberapa bulan setelah ia menikah. Léopoldine tenggelam saat perahu yang ditumpanginya terbalik. Suami Léopoldine, Charles Vacquerie, juga ikut meninggal saat berusaha menyelamatkannya.

Dengan kejadian tersebut hugo menyampaikan kesedihannya disalah satu puisinya, À Villequier. Hugo yang sempat menghabiskan sebagian masa hidupnya di pengasingan memang jadi pendiam. Walaupun diakui, dari pengasingan itulah Hugo menghasilkan karya-karya yang akhirnya banyak dikenal oleh orang-orang. [Ali Alamsyah]

Frofil Victor Hugo

Frofil Victor Hugo, Biografi Victor Hugo, Google Doodle Victor Hugo Sang Pembangkang Yang Romantis, Victor-Marie Hugo adalah salah satu Maestro Prancis

Nama Lengkap : Victor Hugo

Alias : Victor-Marie Hugo

Profesi : Sastrawan

Agama : Tidak Beragama

Tempat Lahir : Besançon, France

Tanggal Lahir : Jumat, 26 Februari 1802

Zodiac : Pisces

Warga Negara : Perancis


Sumber : Wikipedia Indonesia

Foto : Google doodle Edisi 30 Juni 2017

Komentar
Memuat...