Inspirasi Tanpa Batas

Google Apps for Education Era Baru Pendidikan Berbasis Teknologi dan Terintegrasi

Google Apps for Education Era Baru Pendidikan Berbasis Teknologi dan Terintegrasi
0 49

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memberi kita kemudahan dalam menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari. Ya inilah rupanya yang terus mnginspirasi google untuk terus mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia. Sebagian besar dari kita tahu bagaimana pentingnya meyelaraskan teknologi dengan pendidikan dewasa ini, dan google menjawab itu beberapa tahun lalu. [Google Apps for Education Era Baru Pendidikan Berbasis Teknologi dan Terintegrasi]

Ya, Google Apps For Education, aplikasi google untuk membantu perkembangan pendidikan dunia. Layanan google ini ditujukan untuk dunia pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA/MA/SMK dan perguruan tinggi. Nah seperti apa aplikasi ini? Berikut beberapa hal yang kamu wajib tahu tentang GoogleApps for Education :

Google memberi solusi untuk komunikasi yang terintegrasi dengan email, kalender dan obrolan atau diskusi dan solusi berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Google Apps For Education ini terdiri dari beberapa fitur yang di gabungkan diantaranya:

  • Gmail. Akun email untuk masing-masing siswa, pengajar, staff dengan fasilitas, fungsi dan  kapasitas sama seperti akun gmail reguler, 7 GB, sehingga membantu siswa dalam mencari informasi dengan cepat dan mudah.
  • Google Calendar. Siswa dapat mengorganisir rencana kegiatan dan even-even yang kemudian dapat di bagikan pada yang lainnya.
  • Google Talk. Siswa dapat memanggil dan mengirim pesan pada yang lainnya setiap saat, dari manapun di muka bumi ini.
  • Google Docs. Siswa dapat berbagi file dokumen. Kolaborasi dalam waktu yang nyata (real time) dengan kelompok dalam satu sekolah/ kampus dan hasilnya di publikasikan pada dunia.
  • Google Sites. Kerja sama untuk menjaga hubungan antar dokumen, isi web dan informasi lain pada satu tempat.
  • Google Video for Educations. Video hosting dan sharing untuk internal lembaga pendidikan untuk mengefektifkan kerja sama. Dan aplikasi lainnya.

Cara Baru Memangkas Biaya Pendidikan

 

Dari beberapa aplikasi yang tersedia tersebut tentunya  sangat mendukung pengembangan diri para peserta didik yang serius memanfaatkannya. Aplikasi ini dapat diintegrasikan pada sistem yang sudah ada, karena menggunakan teknologi yang terbuka dan API yang lengkap bagi pengembangan yang akan dilakukan nantinya oleh lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Selain itu dengan aplikasi ini juga  dapat menghemat Buyget. Karena dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus. Ini bersifat non-profit alias gratis. Soal keamanan jangan di tanya, Privasi dilindungi oleh Google, Keamanan terjamin seperti halnya produk Google lainnya serta kita tidak sendirian, banyak lembaga pendidikan yang sudah menggunakan aplikasi google ini. Inovasi akan tetap dilakukan secara terus menerus.

Hebatnya lagi dengan aplikasi ini, Kita bisa juga melakukan kolaborasi secara Global (Globalisasi) dengan sangat mudah dan yang paling penting kita bisa bertanya langsung ke Google mengenai apapun yang berhubungan dengan aplikasi kaitannya dengan google.

Jadi, dengan aplikasi ini memberi kemudahan lembaga pendidikan dalam memantau perangkat didiknya dengan baik. nah, sekarang yuk,,, Mulai lebih cerdas dengan memanfaatkan fasilitas yang mumpuni ini untuk kebutuhan pendidikan anda. [Ali Alamsyah Putra]

Komentar
Memuat...