Gunakan Quantum Cryptography Negara China Terdepan Dalam Komunikasi Internet

0 161

Maraknya serangan para hacker membuat beberapa negara menjadi khawatir akan keamanan jaringan komunikasinya. Namun, itu sepertinya tidak berlaku bagi Negara China kedepannya. Secara mengejutkan China Membangun Jaringan Komunikasi berteknologi kriptografi. Harus di akui, Saat ini para hacker melakukan serangannya dengan teknologi yang canggih. Sepertinya Itu bisa di antisipasi dengan menambahkan teknologi Quantum Cripthogrphy seperti yang akan diluncurkan oleh Negara China.

Jaringan komunikasi ini terbilang baru, karen para hacker tidak mudah menyentuhnya. Teknologi yang dibangun Negara tersebut akan mendeteksi dengan mudah setiap serangan yang masuk pada jaringannya. Menggunakan Teknologi kuantum kriptografi, berarti sebuah terobosan radikal dari metode enkripsi tradisional. Proyek Cina di kota Jinan ini telah disebut-sebut sebagai tonggak sejarah media Negara itu.

Seperrti yang dirilis BBC News, Proyek perintis ini juga merupakan bagian dari cerita yang lebih besar dimana China memimpin dalam teknologi di dunia. Padahal selama ini negara-negara barat ragu untuk berinvestasi di negara tersebut.

Proyek yang di bangun di wilayah Jinan ini kemungkinan kedepanya akan merangkul kebutuhan sekitar 200 sektor pengguna. Yaitu dari sektor militer, pemerintah, keuangan dan jaringan listrik, dimana mereka dapat mengirim pesan dengan aman karena data  tersebut diamankan dan yang mampu membacanya hanya mereka para pengguna.

Tekanan China dalam komunikasi kuantum berarti negara tersebut mengambil langkah besar dalam mengembangkan aplikasi yang mungkin membuat internet semakin rentan semakin aman. Permohonan bahwa negara lain segera menemukan diri mereka membeli dari China.

Cara kerja Komunikasi Internet quantum dan keuntungannya

menurut para peneliti cara kerja komunikasi quantum memang berbeda dari komunikasi biasanya, keunggulan kommunikasi quantum  yaitu, Jika kita ingin mengirim pesan aman, pertama-tama kita mengirim kunci yang tertanam dalam partikel cahaya secara terpisahBaru setelah itu kita mengirim pesan terenkripsi dan penerima akan dapat membacanya dengan bantuan tombol yang dikirim sebelumnya

Keuntungan penting dari apa yang disebut distribusi kunci kuantum ini adalah bahwa jika ada yang mencoba mencegat partikel ringan tersebut, mereka harus mengubah atau menghancurkannya. Artinya adalah bahwa di setiap upaya hacking akan segera terpantau oleh pengirim asli dan penerima yang dimaksud.

Jika komunikasi kuantum dapat membantu mengamankan komunikasi online, mengapa China begitu jauh ke depan berada di baris terdepan? menurut  Prof Myungshik Kim dari Imperial College Kepada BBC.  “Untuk waktu yang lama orang tidak menganggapnya perlu, bahwa tidak jelas apakah ada pasar komersial untuk teknologi ini. Tingkat kesulitan matematis dari sistem pengkodean saat ini sangat tinggi sehingga tidak perlu lagi menerapkan teknologi baru,” .

Menciptakan pasar Komunikasi berbasis Quantum Cryptography

Satu masalah terbesar dari Komunikasi berbasis Quantum Cryptography adalah mahalnya pemembangun aplikasi tersebut. Dan jika belum ada pasar komersial, sulit untuk mendapatkan investor atau pemerintah sebagai pendukung. Namun, Tahun lalu, Cina mampu meluncurkan satelit yang dilengkapi untuk menguji komunikasi kuantum jarak jauh yang tidak dapat dijembatani oleh kabel yaitu mampu menghubungkan Beijing dan Shanghai, sehingga kedua ujung ini dapat berkomunikasi secara luas.

Jadi walaupun mungkin belum jelas apakah komunikasi kuantum memang akan menjadi satu teknologi untuk menggantikan enkripsi tradisional, namun secara luas dianggap sebagai salah satu kandidat trend alat komunikasi terdepan. Dan Cina, pada gilirannya, adalah negara terkemuka dalam hal membangun dan bereksperimen dengan aplikasi nyata ini. [Ali Alamsyah]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.