Inspirasi Tanpa Batas

GUNUNG INERIE, PIRAMIDA YANG DILINDUNGI DEWA-DEWA

0 50

Konten Sponsor

Gunung Inerie adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Flores. Gunung ini memiliki ketinggian 2.245 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Bajawa, Kabupaten Ngada, Pulau Flores. Dari kota Bajawa kita bisa melihat gunung Inerie seperti piramida yang lurus sempurna dan berhadapan dengan gunung Ebulobo.

Gunung Inerie menjadi simbol kebanggaan penduduk Kampung Adat Bena, Bajawa Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sangat dipuja serta diagungkan oleh penduduk setempat. Gunung Inerie dianggap sebagai ibu oleh penduduk kampung Bena. Nama Inerie diambil dari kata “Ine” yang artinya ibu, dan “Rie” yang berarti cantik. Jadi Gunung Inerie adalah ibu yang cantik

Menurut mitos warga setempat, konon katanya di puncak Inerie berdiamlah dewa-dewa penjaga harmoni Flores. Salah satunya adalah dewa kesatria Jaramasi yang dipercaya tinggal di sebuah batu besar yang terletak di sisi selatan gunung. Jaramasi merupakan ayah dari Inerie yang dikuburkan di puncak gunung itu dan menguasai orang-orang mati di gunung itu.

Keberadaan Gunung Inerie yang tampak dari semua sisi kampung, membuat masyarakat yakin bahwa gunung Inerie memantau segala aktivitas mereka. Oleh sebab itu, kehidupan penduduk di kampung Bena masih sangat tradisional tanpa menggunakan barang elektronik dan mereka pun sangat menjaga alam. Termasuk para pemuda dan pemudi di sana, kehidupan mereka masih sangat tradisional dan jauh dari kemewahana seperti anak-anak muda zaman sekarang yang gaul dan mengikuti perkembangan zaman. Mereka tidak mengenal telpon dan internet. Walaupun ssebenarnya sudah ada beberapa orang yang mengenal telpon dan internet, tetapi mayoritas dari penduduk di sana belum mengenalnya. Bahkan di sana juga masih ada yang belum menggunakan listrik.

Dalam mitos lain diceritakan bahwa nama gunung Inerie diambil dari nama seorang perempuan bernama Inerie yang merupakan istri dari Ebulobo yang punya nama lain Amburombu. Tapi sayangnya mereka tidak akur. Di suatu pertengkaran, Inerie melemparkan sendok ke Ebulobo hingga satu giginya tanggal. Itulah sebabnya mengapa ada sedikit lekukan di puncak gunung Ebulobo.

Jika kita mau memperkaya eksplorasi Inerie dari segi budaya, maka desa-desa tradisional terdekat seperti Desa Bena atau desa Gurusina menyodorkan kebudayaan yang menakjubkan.

Ketika kita sampai desa Bena, maka kita akan disambut dengan suasana yang amat berbeda. Seolah-olah kita dibawa ke masa lampau karena adat dan budaya di sana masih sangat kental dan kita akan menemukan banyak situs pra sejarah seperti megalitikum batu-batu besar yang menjadi tempat persembahan untuk acara upacara adat.

Selain mendaki puncak sambil menikmati keindahan Gunung Inerie yang menyerupai piramida, ternyata di lereng gunung Inerie juga terdapat pepohonan hijau subur yang menyegarkan tubuh dan jiwa. Seperti pegunungan Flores yang lain, gunung Inerie juga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Di sana terdapat banyak keaneka ragaman hayati burung-burung yang indah. Kita bisa mengamati burung endemik dan mendengarkan secara langsung kicauan burung-burung dengan suara yang beragaman di sini.

Bagi kamu yang ingin mendaki atau berlibur ke gunung Inerie, di sana sudah terdapat penginapan klasik dengan pemandangan indah yang bisa kamu tinggali selama berlibur di sana, yaitu Penginapan Manulalu.
Alamat: Jalan. Mangulewa Jerebu’u, Tiworiwu, Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.
Telepon: +62 812-5182-0885

Akses untuk mencapai gunung Inerie adalah, pertama kamu harus sampai di Kota Bajawa. Kota Bajawa dapat dicapai dengan mengambil penerbangan dari Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Bajawa menuju Terminal Watujaji, kemudian ambil sisi kanan jalan yang mengarah ke Desa Langa, dan langsung ke Desa Bela. Dari situ menuju ke arah Desa Watumeze.

Itulah sepintas informasi dari keindahan gunung Inerie, semoga bisa menjadi referensi untuk berlibur atau mendaki. Semoga terinsfirasi untuk datang ke sana dan semoga bermanfaat. (VAU)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar