Take a fresh look at your lifestyle.

Gunung Tambora Sihir Kawah Terbesar Di Indonesia

0 66

Gunung Tambora adalah gunung aktif yang terletak di Pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tambora terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya. Hal ini menyebabkan ketinggian Tambora meningkat sampai 4.300 m dan membuat gunung ini pernah menjadi salah satu puncak tertinggi di Nusantara dengan ketinggian 2.851 mdpl.

Aktivitas vulkanik gunung berapi ini mencapai puncaknya pada bulan April tahun 1815 dan meletus dalam skala tujuh. Letusan tersebut menjadi letusan tebesar, dan terdengar hingga pulau Sumatra padahal jaraknya sangat jauh, yaitu lebih dari 2.000 km. Abu vulkaniknya jatuh sampai ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Menurut data wikipedia Indonesia, letusan gunung Tambora menyebabkan kematian hingga 71.000 orang dengan 11.000—12.000, diantaranya terbunuh secara langsung. Lebih dari itu, letusan gunung ini juga menyebabkan perubahan iklim dunia.

Tahun berikutnya, yakni tahun 1816 akibat debu yang dihasilkan dari letusan Tambora, perubahan cuaca yang drastis terjadi Amerika Utara dan Eropa. Akibatnya banyak panen yang gagal dan banyak ternak yang mati di Belahan Utara dan menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19. Akibat letusan dahsyat tersebut, gunung Tambora membentuk kaldera kering terbesar di Indonesia dan ketinggiannya berkurang dari sekitar 4.000 meter menjadi 2.850 meter hingga sekarang. Ini sebabnya gunung Tambora disebut sebagai The Greatest Crater In Indonesia atau Kawah Terbesar di Indonesia

Keindahan yang terdapat di gunung Tambora adalah tumbuhannya bunga Edelweiss di padang pasir yang membentang luas di sepanjang bibir kawah. Di sana juga ada lapisan-lapisan batuan yang ada di sepanjang tebing kawah.

Keindahan gunung Tambora akan terlihat lebih mantap jika dilihat dari puncak, karena dari puncak kita dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Hamparan kawah dan hamparan bungan edelweis yang indah, gugusan bebatuan yang indah, hamparan pasir yang indah dan luas, birunya lautan yang membentang, gugusan batu-batuan indah yang terbentuk secara alami akibat letusan, fenomena alam menakjubkan bebatuan berlapis yang datar dan berbentuk menyerupai meja serta pemandangan pulau Satonda yang indah, akan memanjakan mata kita.

Itulah kelebihan tempat wisata gunung Tambora. Jika di tempat lain hanya terdapat satu atau dua fenomena atau keindahan alam yang serupa, maka di gunung Tambora ini terdapat beberapa keindahan dan fenomena alam yang berbeda. Ini bisa dibilang tempat liburan paket komplit, karena hanya dari satu tempat saja kita bisa melihat banyak pemandangan yang berbeda. Mulai dari kawah, tanaman bunga, bebatuan, pegunungan, laut, sampai pulau. Lengkap sekali bukan?

Wisata gunung Tambora ini sangat di rekomendasikan untuk kamu yang mau liburan juga untuk para pendaki. Akses ke lokasi pendakian cukup mudah, jarak tempuh dan medan lebih pendek, alias tidak sejauh rute di gunung lain. Tentunya tidak akan memerlukan waktu sampai berhari-hari untuk dapat menyelesaikan pendakian dan kembali ke lokasi start.

Para pendaki bisa melakukan pendakian dengan menggunakan jalur resmi menuju ke Desa Pancasila dengan jarak tempuh 2.15 jam dari Cabang Banggo. Desa Pancasila adalah desa terakhir yang berada di ketinggian 600 mdpl. Sesampainya disana, kalian bisa menginap di sebuah basecamp yang diediakan dan dikelola desa setempat. Atau bisa juga meninap di rumah Bapak M Yusuf (babe) seorang guide pendakian gunung tambora yang berpengalaman.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar