Take a fresh look at your lifestyle.

Guru, Pekerjaan Mudah Dan Sulit

0 327

Guru adalah seorang insan yang mulia dan berjasa, berkat merekalah lahir generasi yang cerdas dan cakap. Mereka mendidik serta sanggup melaksanakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan negara. dalam sejarah hidupnya, guru senantiasa menghargai kejayaan anak didiknya serta sanggup berkorban apa saja demi manfaat dan kesejahteraan orang lain.

Pekerjaan yang Mudah

Menjadi Guru bukan merupakan pekerjaan yang mudah namun juga bukan pekerjaan yang menyulitkan, cukup dengan mampu bangun pagi-pagi dan memulai pekerjaan dari jam tujuh pagi sampai dengan jam dua siang yang bentuk pekerjaannya cukup memberikan pengajaran kepada siswanya dengan bantuan buku paket yang banyak dan berbagai pendekatan itulah pekerjaan guru setidaknya. Dikala guru sudah mulai lelah menyampaikan materi pembelajaran dengan cara ceramah, seorang guru bisa menyuruh siswanya untuk menulis materi pelajarannya dipapan tulis dengan bantuan buku paket yang dimiliki guru tersebut. Sementara itu gurunya bisa sejenak beristirahat dikantor sekolah dengan sambil menikmati secangkir kopi atau air mineral dengan sesekali sambil berdiskusi dengan teman gurunya diruangan kantor.

Cukup mudah terlihat menjadi seorang guru ketika melihat referensi kegiatan guru diatas, ditambah janji pemerintah yang diberikan oleh pemerintah utuk dedikasi seorang guru dengan diangkatnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak heran ketika banyak orang yang berbondong bondong menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi bidang pendidikan dan berharap anaknya kelak menjadi guru dan menjadi Pegai Negeri Sipil (PNS). Dengan jaminan masatua dan berbagai tunjangan lainnya, dewasa ini banyak sekali guru dinegeri tercinta ini baik yang sudah menjadi PNS atau masih menjadi tenaga honorer, baik yang usianya sudah mendekati pensiun atau yang masih begitu muda, semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Namum bagaimana caranya tujuan pendidikan ini tercapai ketika guru hanyalah semata merupakan pekerjaan semudah yang diceritakan tadi.

Pekerjaan yang Sulit

Idealnya guru merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena untuk mencapai tujuan itu bagaimana caranya seorang menyiapkan segalanya guna mencapai tujuan pendidikan yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, kercerdasan yang mencakup kognitif, apektif dan psikomotorik. Guna mencapai tujuan itu bagaimana seorang guru bukan hanya bisa bangun pagi tapi juga lebih pagi lagi. Karena waktu itu guru harus mengecek kembali persiapannya utuk mengajar bagaimana menyiapkan metode dan media guna mencapai tujuan dari pembelajarannya itu.

Selain itu juga guru bukan hanya pulang tepat waktu tapi bagaimana seorang guru juga mampu membuat evaluasi atas apa yang telah diajarkannya kepada siswa guna menentukan model pembelajaran dikeesokan harinya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dari hari sebelumnya, ditambah lagi seorang guru harus mampu membuka wawasan yang luas dan untuk mencapai itu seorang guru harus terus belajar dan belajar baik belajar dari menanbah buku bacaan atau membuka banyak informasi dari pihak lain. Dengan demikian tidaklah terlihat mudah menjadi seorang guru yang baik guna mencapai tujuan pembelajaran sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh: Nunu Nurfirdaus, M.Pd (Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar