Hadapi Rasa Takutmu Akan Kegagalan Bisnis

0 10

Beberapa pengusaha selalu berbicara mengenai “ketakutan untuk memulai”. Namun, hal itu akan menjadi hambatan keberhasilan jika Anda tak dapat menghadapinya. Ron Koss, salah satu dari pendiri Earth’s Best Baby Food, menunjukkan bagaimana menghadapi ketakutan akan menjadi sesuatu yang dapat memotivasi dan mencerahkan diri. Dan akhirnya akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang pastinya lebih cerdas dan mengatasi kegagalan bisnis.

Mengadaptasi dari buku berjudul “The Earth’s Best Story: A Bittersweet Tale of Twin Brothers Who Sparked an Organic Revolution”.

Inilah pertanyaan yang perlu direnungkan jika Anda mempertimbangkan untuk memulai sebuah usaha. Apa yang diidentifikasikan lebih buruk: tak pernah mempraktekan gagasan yang Anda sukai karena Anda takut kegagalan, atau merealisasikan semua gagasan yang Anda miliki, tapi mungkin masih harus menghadapi kegagalan?

Apakah sebenarnya kegagalan itu? Saya harus menghadapi pertanyaan tersebut secara tak terduga saat saudara kembar saya, Arnie, meluncur ke tempat parkir Ronald McDonald House (1984) di mana saya dan istri saya bekerja sebagai manager dan berkata, “Saya memutuskan menjalankan usaha makanan bayi organik. Kami telah membicarakannya selama beberapa tahun belakangan. Ide tersebut masih bagus. Tak seorang pun telah melakukannya. Mengapa bukan dari kita? Saya akan melakukan ini dengan atau tanpa Anda.” dan kemudian ia meninggalkan saya dalam keadaan yang begitu kacau.

Itulah pertanyaan yang dengan dramatisnya mengganggu pikiran saya, saat diriku melihat van merah Arnie menghilang di ujung jalan. Bagaimana jika saya menjalani hidup saya dan tak pernah “memperjuangkannya” dan tidak pernah terjebak sesuatu, apapun yang akan terjadi? Bagaimana jika harus melihat kembali ke belakang saya dan menghadapi semua alasan mengapa impian-impian saya ini tidak pernah terwujud dan apapun yang saya dambakan tak pernah tercurah? Bagaimana jika saya tahu bahwa saya hanya menjalani sepotong bagian kehidupan tetapi tak pernah menjalaninya secara keseluruhan, tidak pernah menjelajahi bagian lain kehidupan ini karena saya berpikir tantangannya akan mustahil ditaklukkan, atau di sisi lain tak dikehendaki, atau harapan-harapan saya yang tak dapat diraih?

Jelasnya, kecemasan tersebut memulai tidak lenyap begitu saja tetapi keputusan dan kepasrahan untuk mengejar sesuatu saya yakini mendorong saya maju ke depan. Sebuah momen yang tak pernah terlupakan dalam kehidupan saya. Hasilnya ialah pendirian Earth’s Best Baby Foods, perusahaan makanan bayi organik yang pertama di AS, dan perusahaan senilai 150 juta dollar dimiliki Hain Celestial Group.

Inilah 5 tips yang termanjur untuk mengatasi ketakutan untuk memulai sesuatu atau jika tidak, menghargai ketakutan tersebut.

Jawab pertanyaan -“Bagaimana jika” untuk anda sendiri

Hanya ada dua skenario: jika Anda mulai melakukan dan jika tidak Anda mulai lakukan. Jadi sisihkan waktu Anda untuk menjawab dua pertanyaan tersebut dan tuangkan pikiran anda ke tulisan. Anda mungkin terkejut akan apa yang akan muncul.

Jangan biarkan anda terisolasi dalam ruang hampa

Hindari berputar-putar pada satu lingkaran dan menyiksa Anda dengan putaran mental “tidak pergi ke mana pun”. Keluar dan bicaralah dengan orang-orang cerdas yang Anda kenal. Gunakan jejaring anda. Dapatkan perspektif dan miliki keingintahuan. Lontarkan beberapa pertanyaan dan libatkan diri dengan yang lainnya baik yang memilih untuk melakukan lompatan atau yang tidak. Masukannya akan menstimulasi, menjamin, dan langkah maju selanjutnya yang akan tampil dengan sendirinya.

Ketahuilah sifat Anda dan hargai itu

Sebagian besar seorang pengusaha adalah orang yang selalu optimistis dan kecenderungan ini sering mengakibatkan masalah pada satu sisi, dan kemungkinan juga pada sisi yang lain. Mereka memimpikan kesuksesan dan cenderung diperkuat dengan ide cemerlang dan mungkin bahkan diperkuat diri mereka sendiri. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda terlalu asyik dengan kegagalan, atau lebih yakin akan keberhasilan? Jika jawaban Anda ialah “kegagalan”, itu merupakan petunjuk bahwa mungkin ada beberapa ketidakcocokan antara Anda sang petualang dengan usaha awal yang Anda impikan. Kembalilah ke Tip #1, pertanyaan “Bagaimana jika” dan bayangkan bahwa Anda ucapkan selamat tinggal pada gagasan Anda. Anda simpan gagasan itu. Merenunginya selama beberapa hari. Dengan mempertimbangkan sifat Anda, apakah ide itu akan menjadi sebuah keputusan yang baik atau buruk?

Masalah tidak dapat dihindari

Jadi jangan rencanakan untuk menghindarinya. Buat strategi tentang bagaimana Anda akan menghadapinya. Bila prospek ini tidak menyenangkan dan tidak menggembleng anda untuk siap bekerja 24 jam 7 hari seminggu atau paling tidak 12 jam sehari 6 hari seminggu, ketakutan awal Anda mungkin akan menjadi teman anda. Usaha awal akan sangat menguras energi bahkan dengan jalan yang tak terbayangkan. Bila Anda tidak memiliki gairah, Anda mungkin tidak mempunyai dorongan yang diperlukan untuk melejit yang diperlukan semua usaha kecil. Tidak ada cara untuk bisa setengah hamil dan tidak ada cara untuk memulai setengah jalan.

Kenali kekuatan dan kelemahan Anda

Sehubungan dengan gagasan awal, apakah Anda memiliki cukup banyak akal untuk meminimalisir kekurangan dan mengatasi kelemahan Anda? Apakah Anda seorang kolaborator? Dapatkah Anda memberi tenaga pada yang lain dan membangun sebuah jaringan pendukung? Bila Anda cenderung untuk bertindak tanpa mempertimbangkan masak-masak, pikirkan kembali. Kumpulkan keahlian-keahlian yang Anda tidak miliki dan rasa takut awal Anda akan lebih mungkin untuk teratasi. Ingatlah, sebagai seorang pengusaha, Anda tidak harus menjadi “semuanya”. Anda hanya harus mencoba untuk mengantisipasi semuanya (tidak ada yang dapat mengantisipasi semuanya) dan jadilah seseorang dengan banyak akal, menemukan bantuan dan dukungan yang Anda butuhkan untuk menempuh perjalanan.

Gunakan rasa takut Anda ini. Gunakan ketakutan untuk memulai. Dengarkan ketakutan tersebut. Mengertilah dan ajak bicaralah ketakutan Anda. Ketakutan Anda sebenarnya dapat mengajari Anda banyak hal. Namun, rasa takut bukan majikan Anda atau tidak seharusnya. Berdayakan diri Anda sendiri dengan tidak menghilangkan ketakutan untuk mengawali, tetapi dengan menghadapi mereka secara langsung dan mengatasi rasa takut. (dhirga)

(ketakutan untuk memulai) (rasa takut)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.