Inspirasi Tanpa Batas

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Sebuah Penelitian

0 183

Konten Sponsor

Metode Penelitian Kualitatif – Sebelum melakukan sebuah penelitian, hal yang harus diperhatikan adalah cara atau metode. Dalam kesempatan ini, penulis akan menjelaskan dua metode penelitian yakni Pertama: metode penelitian kualitatif dan Kedua: metode penelitian kuantitatif. Metode-motode inilah yang harus diperhatikan dan juga dipahami oleh seorang peneliti.

Metode Penelitian Kuantitatif

Di dalam Metode penelitian kuantitatif landasan teori adalah sangat diutamakan. Karena sifatnya untuk mengukur sesuatu. Maka membutuhkan alat ukur yang bisa dipertanggungjawabkan. Seperti berapa banyak peneliti membaca buku tentang disertasinya.

Teori Menghasilkan Variabel

Dari teori tersebut nantinya akan memunculkan variabel. Variabel tersebut terbagi menjadi dua macam. Pertama, variable X yang merupakan sebab teori itu digunakan. Kedua, variable Y yang merupakan akibat dari teori itu digunakan.

Contoh dan Penjelasan Variabel :

Ketika penulis akan melakukan penelitian tentang “Pengaruh pemakaian gadget selama lebih dari 8 jam perhari terhadap kesehatan mata dan sikap menutup diri dalam berinteraksi secara langsung kepada temannya”.

Pemakaian gadget selama lebih dari 8 jam tersebut merupakan variabel X1. Sedangkan kesehatan mata dan sikap menutup diri dari interaksi sosial merupakan variabel Y1 dan Y2.

Indikator

Setelah variabel ditemukan. Maka hal selanjutnya yang harus dibuat adalah indikator. Jika mengambil contoh tentang “Pemakaian gadget selama lebih dari 8 jam perhari terhadap kesehatan mata dan sikap menutup diri dari interaksi sosial”. Maka indikatornya adalah memakai gadget seperlunya dan sesuai fungsinya yakni untuk alat informasi dan komunikasi kepada teman atau kerabat yang tidak bisa dijangkau dengan jarak dan waktu.

Instrument

Dari indikator tersebut dibangunlah instrument. Yakni misalnya dengan paham terhadap beberapa buku mengenai pengaruh buruk dari pemakaian gadget selama lebih dari 8 jam perhari. Selain itu kondisi psikologi dari pemakai bisa menjadi instrument. Maka akan melahirkan daftar pertanyaan seperti buku tentang sosiologi yang berfokus kepada interaksi sosial ? dan Kondisi psikologi pengguna gadget tersebut ?.

Untuk Menguji Kebenaran-kebenaran Teori

Setelah membuat daftar pertanyaan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan peneliti adalah menguji kebenaran-kebenaran teori yang dikumpulkan berdasarkan pertanyaan yang sudah dibuat.

Tahapan-tahapan :

  • Reliabelitas (dapat dipercaya). Bertujuan untuk memeriksa data-data yang telah dikumpulkan terhadap penelitian yang akan kita lakukan. Apakah bisa dipercaya atau sebaliknya ?.
  • Validitas (tepat atau tidaknya). Bertujuan untuk memeriksa data-data yang telah dikumpulkan terhadap penelitian yang akan kita lakukan. Apakah setelah data yang kita periksa bisa dipercaya, misalnya karena ditemukan beberapa fakta yang menunjang terhadap penelitian yang akan kita lakukan. Bisa juga dibuktikan ketepatannya?

Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif tidak menjadikan teori sebagai landasan utama untuk melakukan sebuah penelitian. Karena dalam metode penelitian kualitatif teori hanya berfungsi untuk mencari inspirasi. Supaya kita memahami apa yang akan terjadi dilapangan.

Oleh karena itu basis dari metode penelitian kualitatif ini bukan hanya dari buku buku semata. Tetapi juga apa yang ada dilapangan. Misalnya karya-karya, dokumen, observasi lapangan dan sebagainya.

Contoh Penelitian Yang Dilakukan Dengan Metode Penelitian Kualitatif

Misalnya jika kita melakukan penelitian tentang sebuah pesantren. Buku-buku mengenai pesantren tersebut tidak dijadikan sebagai landasan teori untuk menjelaskan langsung mengenai pesantren yang akan kita teliti. Tetapi bertujuan agar kita bisa memahami pesantren yang ada dilapangan. Setelah itu maka kita bisa menjelaskan penelitian pesantren yang telah kita teliti.

Tema diatas dijelaskan sesuai dengan apa yang penulis dengarkan. Ketika diampu oleh dosen metode klinik
IAIN Syekh Nurjati Cirebon semester 7 yakni Bapak Didin Nurul Rosidin. Hari senin, tanggal 30 oktober 2017.
Beliau Menutup perkuliahan dengan tiga kutipannya.

  • Pertama – “Landasan Teori bukannlah sumber yang kaku melainkan adalah sebagai pisau analisa kita”.
  • Kedua, “Sejarah tidak hanya tentang pemikiran semata. Tetapi juga tentang kebudayaan dan lingkungan”. Dan
  • Ketiga, “Pemikiran siapapun tidak bersifat local. Tapi terbatas oleh ruang dan waktu”.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar