Hati Hati Stress Bisa Membunuh

0 9

Stress kerap menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari saat ini, entah itu dengan masalah pekerjaan dalam kantor mupun ketika menjalankan bisnisnya yang kerap mebuat kita tidak nyaman. Semua orang berbicara tentang manajemen stress. Namun bukannya mengelola stres dan berusaha menyingkirkan stress dari hidup kita. Hal ini karena stress mempengaruhi kita dalam beberapa cara yang negatif.

Stress berpengaruh pada trombosit darah serta tingkat tekanan darah. Kondisi ini kemudian bisa membanjiri sistem tubuh Anda dengan homosistein dan juga kortisol, yang terkait dengan tingginya tingkat tekanan darah, masalah pada jantung dan kecenderungan untuk terus menambah berat badan.

Stress menyebabkan tubuh membakar nutrisi penting secara langsung, yang akan dapat menyebabkan kekurangan gizi sehingga fungsi organ dan kelenjar menjadi buruk. Tak hanya itu, stress dapat mengganggu pencernaan, karena tidak sempat untuk tercerna dan Anda hanya mendapatkan sebagian kecil nutrisi dari makanan yang telah dikonsumsi. Stress juga menyebabkan depresi, kesulitan tidur serta membuat kulit tak sehat.

Melihat semua itu, maka sangat penting untuk mengurangi stres. Tidak hanya untuk secara fisik, stress juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Individu menjadi mudah gelisah, rewel, jengkel atau frustrasi atau marah ketika mudah sering di bawah tekanan.

Stress Dapat Dilihat Kasat Mata

Sementara itu, seseorang yang mengalami stress juga bisa terlihat secara kasat mata, seperti keadaan telapak tangan berkeringat, sakit perut, sakit, leher atau rahang yang kaku, kekakuan atau nyeri di punggung serta diare. Hal ini juga menyebabkan ketegangan otot dan rasa nyeri, masalah paru-paru, nyeri artritis, sakit maag, dan penyakit yang lainnya.

Selain situasi, stress juga bisa dipicu dari kebiasaan buruk seseorang, mulai dengan merokok berlebihan, minum berlebihan, terlalu banyak makan makanan yang cepat saji, makanan dengan tingginya kadar gula, melakukan diet namun kekurangan gizi dan kurang tidur.

Oleh karenanya, sangat penting untuk menghalau stres dari hidup kita. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dan hidup jauh lebih sehat, lebih bahagia dan tentu lebih lama.

Salah satu hal penting yang dapat dilakukan adalah memahami apa yang menjadi penimbul stress Anda, sehingga dapat mengurangi ketegangan. Juga, dengan melakukan diet seimbang, olahraga teratur, melakukan hal-hal yang memberikan sukacita dan di atas semua, dengan meditasi. Ini pasti akan membantu Anda untuk menjalani hidup yang bebas stress.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.