Hindari Kegagalan dan Fokus Pada Tujuan Hidup

0 191

Setiap manusia pasti memiliki tujuan hidup masing-masing. Hanya saja, kadang kala manusia suka lupa pada tujuannya sendiri. Nah, lupa inilah yang menjadi salah satu faktor kegagalan pencapaian tujuan. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa fokus pada tujuan hingga membuahkan sebuah hasil dan kepuasan.

Kenyataannya, banyak orang yang gagal mewujudkan tujuannya, bahkan ada yang sampai meninggalkan tujuannya. Disitulah pentingnya kita untuk terus fokus dan memperjuangkan tujuan.

Aning Naafiah (2009) mengatakan, fokus adalah satu cara jitu mencapai keberhasilan. Setelah memilih suatu tujuan, perhitungkan dan rencanakan apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Orang yang mengalami kegagalan atau tidak mampu meraih kesempurnaan hasil, biasanya ia akan menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak memiliki manfaat untuk tujuannya.

Sebaliknya, jika kita tetap berkonsentrasi pada tujuan, menjalankan planing yang sudah terencana, dan menyelesaikan tepat pada waktunya, maka keberhasilan atau kesuksesan yang kita impikan itu akan tercapai.

Orang yang tidak mampu meraih keberhasilan adalah orang yang tidak fokus pada tujuannya sendiri. Orang yang kurang fokus pada tujuannya memang sangat mudah terpengaruh oleh keadaan di sekelilingnya.

Andaikan ia akan berjalan ke kanan, tapi dalam perjalanannya ia bertemu dengan orang atau sekelompok orang yang ingin berjalan ke kiri, maka ia akan ikut berjalan ke kiri. Itulah gambaran orang yang tidak punya pendirian dan tidak fokus pasa tujuannya sendiri.

Untuk bisa selalu fokus pada tujuan memang tidak mudah dan sedikit berat, namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga fokus pada tujuan hidup, diantaranya :

  • Pertama, catatlah rencana, planing, dan tujuan kita di awal waktu. Dengan mencatat, apa yang menjadi tujuan hidup kita tidak akan mudah terlupakan. Kalaupun suatu saat lupa, kita bisa melihat kembali catatan itu dan tidak perlu susah-susah mengingat lagi karena sudah dicatat. Tulis semua target dan planing yang ingin dicapai secara terinci. Ini akan membantu kita untuk tetap berpikir fokus.
  • Kedua, carilah tempat yang mudah kita lihat. Misalnya pintu kamar tidur atau cermin. Taruhlah catatan itu pada cermin atau pintu kamar agar kita selalu membacanya ketika kita akan masuk kamar atau akan bercermin. Dengan mencatat dan menempelkannya pada tempat yang strategis di rumah kita, maka fokus kita akan tujua-tujuan hidup akan terjaga, dan mungkin yang tadinya lupa akan teringat kembali.
  • Ketiga, jangan hiraukan apa pun yang bisa membuat fokus tujuan kita lalai. Misal, dalam 1 bulan ke depan menargetkan sesuatu, lantas ada teman yang mengajak touring atau sekedar jalan-jalan ke luar kota, maka segeralah untuk menolaknya dan kembalilah fokus pada tujuan, karena sekali kita mengiyakan, maka berantakanlah sudah fokus tujuan kita.

Jika ada sesuatu yang dapat membuat kita mengabaikan tujuan, maka pertimbangkanlah kembali secara matang. Ingat betapa pentingnya tujuan itu hingga butuh untuk segera diwujudkan. Kalau waktu kita banyak terbuang untuk hal-hal di luar fokus kita, maka kita akan sulit mewujudkan impian tersebut.

Oleh karena itu, jika kita mempunyai impian, tujuan, planing atau tujuan hidup, maka berusahalah untuk mewujudkannya, konsisten dalam berusaha, jangan tergoda oleh hal-hal spele yang dapat menghambat tujuan, supaya tujuan dan cita-cita kita mudah tercapai.(VAU)

Komentar
Memuat...