Hukum Produk Materialisme | Kajian Ulang Metafisika Part ai??i?? 10

Hukum Produk Materialisme.
0 41

Hukum Produk Materialisme. Tahukah bahwa produk hukum, termasuk hukum Islam, melakukan adaftasi terhadap corak filsafat yang materialisme? Tentu mereka yang menggiati dunia hukum sadar, bahwa objek kajian mereka diperoleh dengan menggunakan pendekatan atau paradigma tertentu, yang secara filosofis dekat dengan filsafat materialisme. Apa indikatornya?

Mengapa pernyataan semacam ini muncul? Dari pertanyaan sejenis ini, ada kesan munculnya sikap gegabah dalam menyatakan sesuatu. Bukankah Islam adalah agama hanief yang mengajarkan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan, dan tentu saja ketuhanan. Terhadap soal dimaksud, memang tergantung dari sudut mana kita melihatnya.

Toch tidak semua produk materialisme salah dan berdosa. Banyak aspek-aspek yang didesain materialisme, yang memiliki dimensi fungsionalnya dalam menata kehidupan manusia.Ai??Karena itu, apa yang dimaksud dari pertanyaan tadi, mungkin ada benarnya. Hukum IslamAi?? [fiqih], tentu apalagi hukum Barat, memang, dalam banyak kasus menggunakan paradigma dan pendekatan materialisme.

Sebut misalnya, hukum perzinahan. Seseorang dianggap syah menjadi saksi atas tuduhan perzinahan yang dilakukan seseorang, jika, minimal terdapat 4 orang saksi yang tsiqah. Mereka yang menjadi saksi dalam jumlah dimaksud, harus juga benar-benar menyaksikan, maaf, keluar masuknya penis ke dalam vagina. Jika tidak, maka, bisa jadi yang menyangkakan seseorang telah melakukan zina, layak atau patut diberi hukum had.

Jadi jika anda bertemu dengan sepasang [laki-laki perempuan] ke luar kamar hotel, tidak serta mereka layak disebut telah berzina. Inilah yang saya kira yang disebut dengan berdekatan dengan materialisme. Materialisme selalu mengabaikan kemungkinan, apalagi hanya bersandar pada perasaan. Berikut beberapa keterangan ayat al Qur’an dan hadits Nabi yang menerangkan tentang saksi yang patut atau layak disebut saksi dalam perzinahan.

Surat Al Nisaai??i?? [4: 15]

ai???Dan (terhadap) para wanita yang mengerjakan perbuatan keji , hendaklah ada empat orang saksi di antara kamu (yang menyaksikannya). Kemudian apabila mereka telah memberi persaksian, maka kurunglah mereka (wanita-wanita itu) dalam rumah sampai mereka menemui ajalnya, atau sampai Allah memberi jalan lain kepadanya.ai???

Surat Al Nur [24: 4 dan 13]

ai???Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.ai??? Ayat ke 13 surat ini menyatakan: ai???Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak mendatangkan empat orang saksi atas berita bohong itu? Olah karena mereka tidak mendatangkan saksi-saksi maka mereka itulah pada sisi Alloh orang-orang yang dusta.ai???

Hadits Nabi Tentang Saksi Zina

Anas putra Malik r.a ia berkata: liai??i??an pertama yang terjadi dalam Islam adalah bahwa syarik putra Sahma dituduh oleh hilal putra umayyah berzina dengan isterinya. Maka Nabi bersabda kepada hilal: ai???ajukanlah saksi. Apabila tidak maka engkau dikenakan hukuman had.ai??? Dalam riwayat lain Nabi bersabda: ai???ajukanlah empat orang saksi. Apabila tidak bisa maka hukuman had akan dikenakan terhadapmu.ai???

Berdasar pada ayat al Qur’an dan hadits Nabi di atas, wajar jika kemudian, ulama fiqih memberi syarat dan batasan yang sangat ketat, ketika tuduhan perzinahan dituduhkan kepada seseorang. Maksudnya, dalam konteks tertentu, suatu pelaksanaan hukum, harus mencerminkan kenyataan yang sesungguhnya. Kaidah ushulnya adalah: “Melepaskan mereka yang salah jauh lebih baik dibandingkan dengan menghukum mereka yang tidak salah”. Prof. Cecep Sumarna bersambung

Komentar
Memuat...