Inspirasi Tanpa Batas

Husnudzan Adalah Obat Hati yang Paling Baik

0 513

Husnudzan menurut bahasa adalah prasangka baik. Kata husnudzan sendiri diambil dari kata ‘husnu’ artinya baik, dan ‘zan’ artinya prasangka. Lawan kata dari khusnudzan Ai??adalah ‘suudzan’ artinya berburuk sangka. Husnudzan adalah pandangan seseorang yang selalu berpikir positif terhadap segala kejadian.

Berpikir positif akan membuat hidup seseorang aman dan damai. Sebab menganggap segala kejadian yang menimpa dirinya merupakan hal baik. Berbeda dengan suudzan (berburuk sangka), hidupanya akan ditemani dengan rasa cemas.

Allah swt berfirman dalam surat Al-Hujuraat ayat 12: “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah di antara kamu mengunjing orang lain. Apakah ada sebagian kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. DanAi?? bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat Lagi Maha Penyayang.”

Kita sebagai manusia awam bersikap Husnudzan merupakan hal yang paling sulit, meski berusaha untuk melakukannya. Husnudzan sendiri terdibagi menjadi 3 macam, pertama husnudzan kepada Allah SWT, Husnudzan kepada diri sendiri, dan Husnudzan kepada sesama manusia.

1 Husnudzan Kepada Allah SWT

Husnudzan kepada Allah SWT, berarati selalu berprasangka baik kepada-Nya. Ketika seseorang berprasangka buruk kepada Allah SWT, maka buruklah prasangka Allah SWT pada orang tersebut. Pada hakikatnya, segala kejadian yang terjadi pada seseorang selalu ada hikmahnya.

Berbaik sangka biasanya dilakukan oleh orang- orang yang mempunyai iman kuat. Pada dasarnya semakin besar cobaan yang kita dapatkan maka semakin sayang Allah AWT terhadap hambanya.

2 Husnudzan Kepada Diri Sendiri

Husnudzan terhadap diri sendiri, berarti selalu berprasangka baik terhadap segala kejadian yang kita alami. Kita harus tetap bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan. Jika tidak, maka kemungkinan besar akan muncul sikap suudzan.

Contoh beberapa kejadian yang meembuat seseorang bersikap suudzan adalah cacat pada tubuh atau sakit. Padahal jika kita bersikap Husnudzan akan membuat kita menjadi semangat dalam menjalani hidup.

3 Husnudzan Kepada Sesama Manusia

Husnudzan kepada sesama manusia merupakan suatu sikap yang selalu berprasangka baik kepada sesama manusia. Sikap tersebut akan membuat hubungan kita dengan sesama akan lebih aman, nyaman dan tentram.

Hal ini akan menjauhkan kita dari rasa dengki atau curiga terhadap sesam tanpa sebab. Hukum berprasangka baik terhadap sesama adalah mubah/boleh. Salah satu sikap husnudzan yaitu Kita harus menunjukkan sikap baik, ucapan yang sopan dalam kehidupan kita sehari-hari. ***Agni fauzan

Komentar
Memuat...