Ikuti Pola Hidup Sehat Orang Jepang

0 45

Hidup sehat merupakan hal yang paling penting bagi manusia, dengan hidup sehat kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik. Banyak para pengusaha sukses berasal dari jepang, bahkan orang jepang lebih suka jalan kaki saat pergi ke kantor ketimbang membawa kendaraan pribadi. Negara Jepang terkenal negara dengan orang-orang yang mempunyai pola hidup sehat.

Dalam sebuah penelitian kesehatan menjelaskan bahwa penduduk Jepang memiliki angka dengan harapan hidup yang sangat tinggi. Dan juga tingkat obesitas orang jepang hanya berkisar 3,5% dari total seluruh penduduk negara Jepang.

Inilah beberapa kebiasaan orang Jepang yang dapat kita contoh agar lebih sehat.

Perbanyak berjalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang paling mudah untuk kita lakukan. Berjalan kaki juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang Jepang lebih memilih jalan kaki atau naik sepeda untuk berangkat kantor atau pergi bekerja.

Suka makan sayuran

Mengkonsumsi sayuran yang hijau juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita. Konsumsilah sayuran secara rutin dalam setiap harinya agar Anda sehat. Orang Jepang amatlah menyukai sayur, dan mereka sering menjadikan sayur sebagai komposisi untuk mereka diet.

Perbanyak konsumsi ikan

Perbanyak konsumsi ikan
Perbanyak konsumsi ikan

Negara jepang juga termasuk peng-konsumsi ikan terbanyak di dunia , dalam setiap harinya bisa mengkonsumsi 80-100 gram perharinya. Ikan merupaka sumber makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan juga jantung.

Membatasi makanan manis

Orang jepang lebih menyukai makan buah atau memilih untuk mengonsumsi teh hijau dari pada makanan yang manis ketika makan penutup. Karena makanan yang manis banyak mengandung asupan gula yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. Karena orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan manis atau makanan penutup.

Mengelola makanan secara sederhana

Kesederhanaan dalam mengolah makanan sangat dijaga sekali oleh kebanyakan dari orang jepang, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dengan mengolah makanan seperti inilah, makanan tidak akan melalui proses panjang saat di masak, sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan dapat terjaga dengan baik.

Minum teh hijau

Orang jepang sangat menggemari sekali teh hijau ini, karena terdapat asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, sebab teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Dari hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kita minum teh hijau juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

Makan tahu

Di Negara Jepang sangat sedikit sekali perempuan yang menderita penyakit osteoporosis. Hal itu disebabkan karena perempuan Jepang banyak mengkonsumsi tahu. Tahu mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk kesehatan hormon wanita dan menghindarkan mereka dari penyakit osteoporosis saat mereka memasuki masa menopause.

Konsumsi rumput laut

Memperbanyak mengkonsumsi rumput laut juga dapat menyehatkan tubuh. Rumput laut yang kaya akan zat antioksidan di dalamnya yang berfungsi menyerap lemak di dalam tubuh. Oleh karenanya mengonsumsi rumput laut cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.