Indahnya Kompleks Istana Ratu Boko Saat Senja di Jogja

0 25

Jogja. pernah ke sana? Jika perah tentu kota ini memberi kesan tersendiri buat kamu. Jogja itu memang istimewa” Benar gak? Mengapa? Selain dijuluki kota Pelajar Jogja punya banyak sekali hal-hal yang menarik, dan itu membuat siapapun ingin berkunjung ke kota ini.

jogja memang identik denga, Candi Prambana, Candi Borobudur, malioboro. Namun, tenyata bukan hanya itu banyak spot tersembunyi di kota ini yang pasti menambah penasaran mereka yang hoby traveling.  Nah salah satunya adalah menikmati senja di jogja. Ada banyak sekali tempat menikmati seja di Jogja yang menawarkan spot menarik dan unik salah satunya diantaranya  adalah Indahnya Istana Ratu Boko saat Senja di Jogja.

Lokasi Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko merupakan ikon wisata senja di Jogja. Spot ini merupakan kompleks istana yang terdiri atas bangunan candi, lapangan, kolam dan pendopo. Lokasinya sekitar 2-3 km dari candi Prambanan, jika ke prambanan, maka tak salah habiskan waktu sekitar 5  mnit untuk menikmati senja di sini.

Lokasi yang berada di atas Bukit, Gerbang utama istana ini menghadap ke barat, sehingga ketika senja tiba pemandangan di tempat ini menjadi sangat indah. Tak salah jika tempat ini menjadi salah satu lokasi favorite para pasangan muda di Jogja yang ingin menikah untuk foto pre-wed. Banyak juga para penggemar fotografi yang memburu pemandangan senja di istana Ratu Boko ini.

Kompleks Istana Ratu Boko

Masih banyak yang mengira kalau Istana Ratu Boko hanya berupa bangunan candi. Namun faktanya Kompleks Istana Ratu Boko merupakan bekas istana yang sangat luas. Keseluruhan luas kompleks ini hampir mencapai 250.000 m² yang terdiri dari: Tengah, barat, tenggara dan timur.

Ternyata kompleks istana ini justru hanya memiliki sedikit candi. Tentu, setiap bagian tersebut terdapat bangunan yang melengkapi kompleks istana ini. Bagian tengah kompleks ada sebuah gapura utama sebagai pintu masuk kompleks, lapangan, kolam, paseban dan candi pembakaran. Dan di bagian tenggara meliputi area pendopo, beberapa balai, tiga candi, kolam, dan kompleks Keputren. Perlu di ketahui juga dalam Kompleks Istana Ratu Boko terdapat goa batu yang terletak di bagian timur. Nah sedangkan bagian barat kompleks berupa perbukitan. Dari sini kamu bisa melihat candi Prambanan yang tampak begitu megah. Soal keindahan senja di sini jangan di tanya deh, dengan berkunjung kamu pasti bakal bisa menilai sendiri.

Tips berkunjung ke Kompleks Istana Ratu Boko

Nah, Sebelum berkunjung ke istana Ratu Boko untuk menikmati senja, perlu kamu ketahui. Pengelola Istana Ratu Boko menyediakan tiket dalam dua kategori yakni reguler dan sunset loh. Untuk tiket reguler berlakunya hingga pukul 3 sore, sedangkan tiket sunset diberlakukan jam 3 sore.

Berkunjung ke kawasan ini sebaiknya memang sore hari, karena jika siang hari terik matahari sangat menyengat. walapun Ada selisih harga yang cukup mencolok beda 25 ribu untuk tiket reguler dan tiket sunset. Jadi siasati kalau ingin menikmati sunset dengan harga reguler datanglah sebelum pukul 3 sore dengan resiko panas-panasan. Sebaiknya bawa makana-dan minuman secukupnya, ingat jangan buang sampah sembarangan. [aL/Dari Berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.