Inspirasi Tanpa Batas

Indahnya Melihat Atraksi Lumba-Lumba Secara Langsung Di Teluk Kiluan Lampung

0 137

Teluk Kiluan adalah sebuah tempat wisata bahari yang pemandangannya sangat indah dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba serta ikan paus. Teluk ini merupakan tempat migrasi bagi sekumpulan ikan lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus). Dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil. Terletak di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung Selatan, Sumatera atau berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Kamu yang suka sama ikan lumba-lumba, datanglah ke teluk Kiluan, karena di sini kamu bisa melihat atraksi lumba-lumba secara langsung di laut. Lumba-lumba itu berlompatan ke permukaan. Sebentar mereka muncul di satu titik, lalu yang lain berjumpalitan di titik yang lain.

Biasanya atraksi sekumpulan lumba-lumba ini bisa dilihat di pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai pukul 10.00 WIB. Semakin siang, jumlah lumba-lumba yang muncul bisa ratusan, dan kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat atraksi ikan paus.

Untuk melihat atraksi lumba-lumba dan ikan paus tersebut, kamu harus menyewa perahu atau jukung yang akan membawa kamu ke tengah laut tempat para lumba-lumba berkumpul. Biaya sewa setiap jukung tersebut berkisar antara Rp 250.000,- hingga Rp 300.000,- dan setiap jukung dapat menampung tiga orang penumpang. Waktu tempuhnya sekitar dua puluh lima menit perjalanan dari bibir pantai.

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Mereka senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Mari jarak dekat kamu bisa melihat sekumpulan ikan lumba-lumba yang sedang berenang bahkan melompat-lompat beratraksi di sisi perahu yang seolah-olah ingin menyambut kedatangan kamu.

Di Teluk Kiluan juga terdapat destinasi wisata lain, yaitu Laguna Gayau atau kolam renang alami yang terbentuk oleh cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding-dinding batu karang. Air di dalam laguna tersebut sangat jernih dan bersih dengan warna biru kehijau-hijauan. Kedalaman laguna berkisar 1-3 meter sehingga aman untuk berenang ataupun sekadar berendam di dalamnya.

Rute ke Teluk Kiluan Lampung

Laguna-Gayau-atau-kolam-renang-alamiUntuk sampai di spot Laguna Gayau, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit karena letaknya berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Selama perjalanan menuju Laguna Gayau, kamu akan melewati pantai yang sangat indah yang dipenuhi dengan hamparan bebatuan besar, namun kamu harus waspada karena ombaknya cukup besar. Untuk masuk ke area Laguna Gayau, kamu harus membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang.

Buat kamu yang baru pertama kali datang ke sana dan bingung karena gak tau temapat atau jalan, jangan khawatir, karena di sana juga banyak guide lokal yang siap memandu para wisatawan. Mereka akan memandu kalian yang ingin menikmati keindahan-keindahan yang ada di Teluk Kiluan. Dengan biaya Rp 50.000 rupiah saja, kamu sudah bisa menyewa jasa guide yang siap mengantar kamu untuk satu kali perjalanan bolak balik.

Aktivitas water sport yang bisa kamu lakukan di Teluk Kiluan, yaitu snorkeling. Sisi tepi pantai bervariasi, mulai dari pantai berpasir putih yang halus seperti terigu dengan kontur pantai yang landai hingga tebing-tebing berbatuan.

Kabar gembira buat kamu yang suka memancing, di sana juga tersedia tempat untuk memancing. Selain terkenal dengan keindahan alam dan atraksi ikan lumba-lumba, ternyata Teluk Kiluan juga terkenal sebagai surga bagi para pemancing andal. Oleh karena itu, setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing andal di seluruh Indonesia. Woooowww….

Jika kamu berencana untuk berlibur ke sana, di sana juga sudah terdapat banyak penginapan yang tersebar di sepanjang tepi pantai Teluk Kiluan dengan fasilitas yang cukup nyaman.

Tapi sayang, belum ada penginapan ber AC di sini, umumnya menggunakan kipas angin. Lokasi rumah penginapannya pun ada yang langsung berada di atas air tepi pantai teluknya, ada pula yang terletak di sisi bukitnya.

Biaya ke Teluk Kiluan Lampung

Biaya ke Teluk Kiluan LampungTarif penginapan bervariasi, tergantung fasilitas, jenis bangunan dan luas kamar yang ditawarkan. Biasanya berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Jika ingin menyewa penginapan, usahakan untuk mem-booking terlebih dahulu, apalagi jika berkunjung di akhir pekan atau di waktu liburan seperti tahun baru, agar kebagian penginapan dan terhindar dari penuhnya penginapan.

Akses jalan yang bisa dilalui bila kamu dari Jakarta adalah : Jakarta-Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakaheuni-Teluk Betung-Pasawaran-Kiluan. Kondisi jalan untuk menuju ke tempat ini memang cukup sulit dan menantang.

Sebagian kondisi jalan ada yang belum beraspal dan berlumpur. Jadi disarankan jangan menggunakan mobil sedan untuk menuju ke tempat ini. Tapi jangan khawatir karena medan perjalanan yang cukup berat akan terbayarkan kalau kamu udah sampai di tempat tujuan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah sekitar bulan April hingga September dimana musim kemarau sedang berlangsung.

Itulah sedikit gambaran dari keindahan yang ada di Teluk Kiluan Lampung. Semoga bisa menjadi referensi kamu yang sedang mencari tempat wisata. Jangan dulu jauh-jauh berlibur ke luar negri jika di Indonesia banyak tempat indah yang belum kamu kunjungi. Tempat ini sangat direkomendasikan karena di sana banyak keindahan alam yang tidak ada di tempat lain.

Komentar
Memuat...