Take a fresh look at your lifestyle.

Inilah 3 Tempat-tempat Suci Kota Jerusalem

0 229

Tempat – tempat Suci Kota Jerusalem – Jika secara historis, Jerusalem menjadi Kota Suci tiga agama, maka, apa saja sesungguhnya yang terdapat di Jerusalem? Inilah Kota yang sempat dibuat Salahudin al Ayubi, saat perang salib berlangsung. Salahudin menjadikan Jerusalem sebagai tempat perayaan suci tiga agama, dalam waktu yang sama.

Berikut ini, beberapa tempat suci tiga agama yang terdapat di Jerusalem.

1 Tembok Ratapan

Tembok Ratapan

Tembok Ratapan adalah tempat yang penting dan disayang oleh orang Yahudi. Tembok ini, sebenarnya adalah sisa dinding Bait al quds [rumah Suci] di Yerusalem. Tembok ini dibangun Raja Herodes. Di 40 sebelum masehi, Antigonos dan orang-orang Partia, secara brutal menyerang Yudea. Herodes raja yang menguasai daerah Jerusalem, tidak sanggup menahan serangan ini. Ia akhirnya meninggalkan Yerusalem dan melarikan diri ke Roma. Di Roma,  Herodes diberi gelar raja Yudea. Oleh siapa? Ternyata gelar itu diberikan Markus Antonius.

Setelah itu, Herodes kembali ke Jerusalem untuk menaklukkan Yudea. Ia akhirnya memerintah negeri dimaksud  yakni sebagai raja pada tahun 37 SM. Bait Suci itu, hancur berkeping-keping ketika orang-orang Yahudi memberontak kepada kerajaan Romawi pada tahun 70 Masehi. Wilayah inilah yang disebut sebagai wilayah Yahudi. Ia menjadi tempat bagi Kotel atau Tembok Barat atau dikenal sebagai Tembok ratapan.

Di balik tembok ratapan, terdapat candi yang dulu dikenal dengan ruang Maha Kudus. Ia menjadi situs suci bagi umat Yahudi. Masyarakat Yahudi percaya bahwa lokasi ini merupakan batu fondasi penciptaan bumi, dan tempat di mana Ibrahim bersiap untuk mengorbankan anaknya Ismail.

Saat ini, Tembok Ratapan merupakan tempat terdekat bagi kaum Yahudi untuk berdoa ke Maha Kudus. Lokasi ini dikelola oleh Rabi dan setiap tahunnya jutaan orang Yahudi dari seluruh dunia melakukan ziarah. Persis seperti orang Islam menempatkan Ka’bah sebagai tempat suci mereka.

2 Gereja

Gereja

Di dalam wilayah Kristen terdapat Gereja Makam Kudus. Inilah situs penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Situs ini berada di tengah sejarah perjalanan Yesus. Sejarah soal kelahiran, kematian, penyaliban dan kebangkitan Isa setelah proses penyaliban. Menurut tradisi Kristen, Yesus disalib di sana, di Golgotha, atau bukit Calvary, makamnya berada di dalam gereja dan juga menjadi lokasi kebangkitannya.

Gereja dikelola secara bersama oleh perwakilan kaum Kristen yang berbeda. Namun, sebagian besar dari Patriarkat Ortodok Yunani, Biara Franciskan dari Gereja Katolik Roma, dan Patriarkat Armenia, tetapi juga Ethiopia, Koptik, dan Gereja Ortodoks Suriah. Lokasi ini merupakan tempat tujuan ziarah bagi jutaan umat Kristen di seluruh dunia.

3 Masjid

Masjid

Wilayah Muslim merupakan yang terbesar di antara yang lain. Di tempat ini, terdapat tempat suci Dome of Rock dan Masjid the al-Aqsa serta dataran tinggi yang dikenal sebagai Haram al-Sharif oleh umat Islam.

Masjid ini merupakan tempat suci ketiga bagi Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid al-Aqsa dikelola oleh yayasan Islam Waqf. Umat Muslim yakin Nabi Muhammad ke Yerusalem dari Mekkah ketika melakukan perjalanan malam yang disebut Isra Mi’raj, diyakini pula di Masjid al-aqsa Nabi Muhammad sholat bersama dengan roh seluruh nabi.

Dan di dekat tempat suci Dome of the Rock, terdapat batu yang dipercaya umat Muslim, merupakan tempat yang dipijak nabi sebelum melakukan perjalanan ke surga. Umat Muslim mengunjungi situs suci tersebut sepanjang tahun, tetapi setiap Jumat pada bulan Ramadhan, ratusan ribu umat Muslim melakukan sholat di masjid. Acep M. Lutvhy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar