Inilah 4 Bahasa Baru Di Dunia Yang Lahir di Era Modern

0 57

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. Bahasa ini tidak bisa dipisahkan dari manusia dari sistem sosialnya. Darin banyaknya bahasa yang ada di dunia, ternyata ada beberapa bahasa yang usianya masih relatif muda.

Dari Sejarahnya bahasa tersebut lahir di abad ke-19 akhir, berart ini menandakan usianya jauh lebih muda dari usia bahsa yang ada di dunia. untuk mengetahuilebih lanjut, berikut ini empat bahasa termuda di dunia:

Light Warlpiri Language

Bahasa Light Warlpiri lahir pad kisaran Tahun 1970 dan diguanakan masyarakat setempat pada tahun 1980-an. Bahsa ini sebagai kodifikasi dan perluasan pola pengalihan kode Warlpiri / Kriol / Inggris yang digunakan dalam pidato yang ditujukan kepada anak kecil. Dampaknya, Anak-anak di daerah itu memproses bahsa yang mereka dengar sebagai satu sistem dan menambahkan inovasi dalam kompleks kata kerja. Di dalam masyarakat, hal itu dianggap beragam Warlpiri.

Warlpiri sendiri adalah penduduk asli di wilayah Gurun Tanami di Australia bagian utara. Penduduk ini dikenal sebagai penutur bahasa Warlpiri, bahasa yang hanya digunakan oleh sekitar 4000 ribu orang dan tercatat sebagai bahasa yang hampir punah. Light Warlpiri merupakan bahasa yang dibentuk dari penggabungan bahasa Warlpiri, Inggris, dan Kriol. Penutur tertua bahasa Light Warlpiri usianya masih 36 tahun.

Afrikaans Language

Afrikanas terlahir dari perpaduan antara Bahasa Belanda, Jerman, Inggris, Portugis, Perancis, Bantu, Khoisan dan Melayu. Afrikanas adalah salahsatu dari bahasa resmi di Afrika Selatan yang diakui. selain di Afrika selatan bahasa ini juga digunakan di Negara Namibia, Negara Botswana, dan Negara Zimbabwe.

Pada abad ke-18, bahasa Belanda mulai muncul di Afrika Selatan dengan sebutan “kitchen language”. Kemudian Pada tahun 1925 pencampuran bahasa benar-benar terjadi dan diakui di Afrika Selatan. Bahasa ini kemudian digunakan di pemerintahan. Hebatnya, saat ini Afrikaans di gunakan oleh sekitar 18% Pendududk Benua Afrika. Dalam Penggunaannya ada sekitar tujuh juta native bahasa campuran yang disebut sebagai Afrikaans tersebut.

Lingala Language

Awalnya lingala bukanlah bahasa. Kemudian pada abad ke-19 setelah Kongo resmi menjadi sebuah negara dan tekanan Negara Belgia yang menguasai wilayah tersebut memaksa untuk menyederhanakan bahasa setempat dengan tujuan komersil.

Paduan Bahasa Perancis , Portugis, Inggris dan Belanda memengaruhi pembentukan bahasa baru. Yang akhirnya, Bahasa itu dijadikan sebagai lingua france atau bahasa yang jadi jembatan untuk tentara dan penduduk lokal berkomunikasi. Tidak di sangka, bahasa ini kemudian banyak digunakan oleh orang Kongi dan Angola, lahirlah bahasa baru Lingala.  Dan Pertama kali muncul dalam bentuk cetak pada tahun 1903.

Gooniyandi Language

Inilah 4 Bahasa Baru Di Dunia Yang Lahir di Era Modern Light Warlpiri Language, Lingala Language, Gooniyandi Language, Afrikaans Language

Gooniyandi adalah bahasa lain yang digunakan oleh suku Aborigin di benua Australia. Penutur bahasa ini hanya sekitar 100 orang. Saat ini hanya ada beberapa anak yang belajar untuk menggunakan bahasa tersebut. Gooniyandi diakui secara resmi sebagai sebuah bahasa pada kisaran tahun 1982. Saat itu peneliti bahasa William McGregor menuliskan tentang tata bahasa Gooniyandi dalam bentuk kamus. Kemudian pada tahun 1984, penuturnya membuat alphabet untuk bahasa Gooniyandi Language ini.

Jika kita telaah lebih jauh, sebenarnya banyak bahasa yang baru di dunia ini, namun keterbatasan penyajian untuk di konsumsi masyarakat luas membuat bahasa tersebut tidak muncul ke permukaan. Berbada dengan 4 bahsa baru di atas, keterbukaan dan pengakuan resmi dari pemerintah setempat menjadikan bahasa tersebut dapat di konsumsi masyarakat luas di dunia ini. [Ali Alamsyah/dari barbagai sumber]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.