Inilah 5 Khasiat Tersembunyi dari Jambu Biji

0 22

Jambu biji dalam bahasa ilmiah disebut Psidium guajava L. merupakan tanaman yang mempunyai nama yang berbeda disetiap daerahnya. Jambu klutuk  atau jambu batu orang Sunda menyebutnya, gawas sebutan bagi orang Papua adapun bayawas, tetakol atau  takol  sebutan orang Jawa. Tanaman ini merupakan makanan yang cukup bervariatif ketika dimakan, seperti bisa dimakan langsung, bisa di makan dengan petis, dan bahkan selalu menjadi makanan pavorit bagi mereka yang menyukainya selain enak untuk dimakan ternyata ada 5 Khasiat Tersembunyi dari Jambu Biji ini untuk berbagai pengobatan.

Kandungan yang Terdapat pada Jambu Biji

Secara morfologi,  tanaman ini merupakan tanaman perdu  termasuk kedalam pohon yang tinggi dan mempunyai banyak percabangan. Batang nya berkayu, bulat, kulit nya berkelupas dan berwarna cokelat kehijauan. Daun nya berwarna hijau dan saling berhadapan, bentuk helaian daun elips, lonjong dan bundar telur dan berbulu halus di bagian bawah nya. Buahnya berwarna hijau sampai kuning, dan berdaging berwarna merah dan berwarna putih. Biji nya berwarna cokelat kemerahan dan banyak. Macam tanaman ini terdiri atas jambu biji lokal dan jambu biji Bangkok.

BACA JUGA: Perasan Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Batuk

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kandungan yang terdapat didalam jambu biji sudah di temukan, dimana kandungan yang terdapat didalamnya yaitu asam ursolat, asam oleanolat, asam gumjavolat, asam p-kumaram, asam ferulat, asam vanilat, asam hidroksi benzoat, dan tanin.

Ada sedikitnya lima macam penyakit yang sudah terbukti sembuh dengan menggunakan ramuan Jamu Biji ini, yaitu:

1. Maag

Cara penggunaan jambu biji sebagai obat magh cukup dilakukan dengan cara merebusa daun jambu biji kurang lebih delapan helai dan ditambah dengan 1 liter air kemudia di minum setiap pagi, siang dan sore.

2. Diabetes Militus

Adapun cara penggunaan sebagai obat diabetes militus cukup dengan merebus satu buah jambu yang sedikit masak dengan satu liter air, kemudian di minum setiap pagi dan sore.

3. Luka

Dan cara penggunaan obat sebagai luka cukup memetik daun kemudian di remas atau dikunyah dan tempelkan pada bagian yang luka.

4. Diare

Adapaun cara untuk pengobatan diare hampir sama seperti pengobatan luka dimana cukup mengambil pucuk atau daun muda kemudian kunyah langsung ditelan atau dengan diperas airnya.

Selain itu tanaman ini sudah dikenala sejak zaman dahulu sebagai obat dalam kesehatan yaitu sebagai obat kumur gigi karena daun nya yang muda ketika di kunyah akan terasa kesat sehingga mungkin akan bisa membersihkan gigi. Pengalaman penulis di kampung halaman nya, ketika ada orang yang sakit perut atau mencret selalu disarankan untuk memakan daun pucuk jambu dan memang benar setelah memakan nya mencret ataupun diare tersebut akan mampet. Bagian yang secara khusus dimanfaatkan dari jambu biji dalam kesehatan yaitu bagian buah dan daun nya.

Mudah-mudahan bermanfaat, jaga selalu kesehatan sebagai ikhtiar untuk dapat melangsungkan kehidupan. Aamiin. **Paridah Jakiyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.