Inilah 7 Jenis Kopi Asal Indonesia yang Mendunia

0 116

Angka penyuka kopi kini semakin meningkat, tak ayal minuman yang berkarakter hitam, pahit, tapi menenangkan ini kini dapat kamu jumpai di warung terdekat dalam bentuk schacet atau di kedai-kedai kopi yang kian menjamur di sluruh indonesia. Rasanya yang khas membuat kopi semakin banyak penikmatnya. Siapa sangka, ternyata Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh nusantara.

Kenikmatan kopi asal Indonesia yang khas ini bahkan sudah terkenal di dunia. Kopi apa saja? Berikut beberapa jenis kopi Indonesia yang terkenal di dunia seperti yang di lansir loop.co.id:

Kopi Luwak (Luwak Coffee)

Kopi luwak masuk dalam jajaran jenis kopi termahal yang pernah ada. Langkah produksi yang tidak biasa dan ciri khas rasa kopinya yang sangat unik, membuat kopi ini tetap di buru mereka pecinta kopi. Dalam prosoes produksinya kopi ini mengalami langkah produksi yang cukup aneh. Kopi harus dimakan dulu oleh luwak, kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang nggak tercerna diambil.

Banyak orang percaya kalo proses fermentasi biji kopi oleh luwak menjadikan rasa kopi ini lembut dan eksotis. Makanya kopi ini terkenal banget, dan saking terkenalnya kopi ini masuk dalam jajaran kopi unik yang harganya cukup mahal.

Kopi Jawa (Java Coffee)

 

Sebenarnya Produksi kopi di Jawa dimulai pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan Jawa menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia sejak saat itu. Kopi Jawa atau “Java coffee” merupakan salah satu jenis kopi yang berpengaruh di dunia sampai-sampai dunia mengenal “Java” itu identic dengan kopinya. Rasanya yag khas dan unik membuat kopi ini memiliki tempat tersendiri bagi mereka pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi Toraja (Toraja Coffe)

Toraja Coffe atau kopi toraja, merupakan kopi Khas Sulawesi selatan  yang sebagian besar berasal dari Tanah Toraja di sekitar daerah Kalosi. Di dunia, Kopi ini sangat terkenal. Kopi toraja adalah jenis kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan beratnya berbeda dengan jenis kopi lainya. Pada dasarnya, kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang hampir serupa, seperti rasa tanah dan hutan sangat kental. Rasa tersebut muncul karena terpengaruh oleh lokasi penanaman dan pemrosesan setelah biji kopi dipetik yang berbeda.

Kopi Bali (Kintamani)

Kopi Bali atau Kintamani merupakan jenis kopi arabika yang terasa lembut dan manis. Kopi ini diproduksi dalam sistem Subak Abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik dan kerja sama. Kopi ini sudah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Developpement/Pusat Kerjasama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis) sebagai kopi unik yang berasal dari Bali.

Kopi Lanang

Bagi mereka pecinta Kopi, Jenis kopi lanang ini pasti tidak asing lagi, kopi yang berasal dari Jawa Timur ini bukan merupakan satu jenis biji kopi khusus, namun sebuah sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tunggal tidak terbelah seperti biji kopi pada umumnnya. Kadar kafeinnya yang sangat tinggi membuat penikmatnya jadi nggak mudah mengantuk.

 Kopi Wamena (Papous Cofee)

Kopi Wamena atau kopi Papua pada umumnya merupakan jenis Arabika. Perkebunan-perkebunan yang terkenal berada 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Karena tanah Papua yang masih sangat subur, kopi yang dihasilkan sangat baik. Aroma kopinya harum, halus, dan memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang sangat manis. Di antara kopi Arabika lainnya, kopi ini mengandung kafein paling sedikit.

Kopi Sumatera

Mengetahui berbagai macam dan Jenis Kopi Asal Indonesia yang Mendunia, Kopi indonesia, Rasa Kopi Indonesia, Varian Kopi indonesia kopi terkenal dunia

Sejak lama sumatra memang penghasil beberapa varian kopi yang unik, Kopi Sumatera terdiri dari bermacam-macam jenisnya, kopi yang berasal sebagian besar dari Mandailing, Lintong dan Gayo memang terkenal di mata pecimta kopi di seluruh dunia. Kopi dari daerah ini rasanya lembut dan halus, agak asam dan beraroma kakao, tembakau, dan tanah yang khas.

masih banyak lagi jenis dan varian kopi Indonesia, walaupun dalam sejarahnya kopi Indonesia di bawa oleh pendatang. Tentu dengan sentuhan budaya dan Rasa indonesia kopi-kopi tersebut menjadi ciri khas kopi Indonesia. Jadi makin bangga deh sama kekayaan hayati di Indonesia. [aL]

Komentar
Memuat...