Inilah Alasan Kenapa Menjadi Pramuka Itu Keren Dan Asyik

0 322

Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi Bangsa Indoneia. Pada bulan ini terdapat dua Hari Besar Nasional. Pertama, hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Kedua, hari dimana presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas dan Kwarnari. Dalam prosesi itu pula dilanjutkan dengan menganugerahkan panji- panji kepramukaan dan defile pramuka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 14 Agustus 1961  yang kemudian diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana artinya “orang muda yang berkarya”. Gerakan pramuka merupakan organisasi  pendidikan non formal yang mengedepankan pendidikan karakter anggotanya. Dan ini jelas tergambar dalam hymne pramuka. “Kami Pramuka Indonesia, manusia Pancasila, Satyaku kudharmakan, Dharmaku kubaktikan, agar jaya Indonesia, Indonesia tanah airku, kami jadi Pandumu.”

Tri Satya dan Dasa Dharma

Ada dua kata kunci dalam hymne pramuka diatas yaitu Satya dan Darma yang dijabarkan dalam kode kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma. Tri Satya yang berarti tiga janji kesetiaan yang harus dipenuhi pramuka. Ketiga satya dimaksud yaitu:

1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.

3. Menepati Dasa Dharma.

Dasa Dharma pramuka yang berarti sepuluh kebaikan yang harus dijadikan pedoman dan diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. Kesepuluh dharma dimaksud adalah:

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

3. Patriot yang sopan dan kesatria.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.

5. Rela menolong dan tabah.

6. Rajin terampil dan gembira.

7. Hemat cermat dan bersahaja.

8. Disiplin berani dan setia.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Dalam Tri Satya dan Dasa Darma inilah semakin nampak secara operasional bahwa pramuka merupakan pendidikan karakter.

Dari penggalan hymne dan kode kehormatan pramuka diatas, menunjukan bahwa Gerakan Pramuka di Indonesia mempunyai tekad yang kuat serta turut serta dalam membentuk karakter anak bangsa, khususnya yang tergabung dalam pramuka, serta terus berikhtiar mendharma baktikan dirinya demi kehormatan bangsa dan negara.

Turut serta Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda Indonesia

Lima puluh lima tahun sudah pramuka turut serta dalam pembentukan karakter generasi muda indonesia. Dalam usianya yang tidak lagi muda, nampaknya tidak berlebihan jika kita memberikan apresiasi positif, pujian, dukungan serta do’a kepada pramuka yang telah berfikir cerdas dan terus bekerja keras dalam memenuhi janji kesetiaannya demi dan untuk bangsa tercinta.

Di usia yang ke lima puluh lima ini penulis juga menitipkan harapan, semoga  pramuka dapat menjalankan janji kesetiaannya secara konsisten serta mengimplementasikan semua Dasa Dharma khususnya bagi dirinya dan semoga dapat menjadi sengatan positif bagi generasi muda lainnya. Semoga gerakan pramuka terus menjadikan dirinya sebagai wadah pembinaan karakter kaum muda di tengah- tengah arus zaman yang menawarkan gaya hidup hedonis, konsumeris, serta apatis. Selamat Hari Pramuka yang ke-55. Keren, gembira, asyik.!!! *** Fajar Rahmawan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.