Take a fresh look at your lifestyle.

Inilah Karakter Sang Entrepreneur Sejati

1 34

Untuk dapat meraih kesuksesan, seorang entrepreneur diharuskan memiliki karakter-karakter perilaku tertentu. Karena, seorang entrepreneur merupakan manusia terpilih yang tampil berbeda dibanding dengan manusia pada umumnya. Mereka tentunya memiliki berbagai keunggulan-keunggulan.

Geoffrey G. Meredith, seorang ahli ekonom dunia mengemukakan karakteristik yang harus dimiliki seorang entrepreneur yang sukses. Karakter tersebut adalah:

Percaya diri

Seorang entrepreneur harus mempunyai keyakinan diri atas kemampuannya dalam menjalankan bisnisnya maupun terhadap berbagai masalah yang harus dihadapinya saat menjalankan bisnisnya tersebut. Keyakinan diri ini juga harus dapat dibarengi dengan sikap kemandirian dan rasa optimis yang tinggi.

Berorientasikan tugas dan hasil

Seorang entrepreneur sejati senantiasa memiliki tujuan-tujuan tertentu yang ia tetapkan untuk meraih hasil maksimal bagi bisnisnya. Dan, sebagai seorang pelaku bisnis, tentu laba menjadi salah satu tujuan utamanya. Dalam usaha mencapai tujuan-tujuan yang ada, seorang entrepreneur harus memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan penuh inisiatif.

Pengambil risiko

Seorang entrepreneur harus berani mengambil resiko, bahkan selalu tertarik akan tantangan.

Kepemimpinan

Seorang entrepreneur juga harus mampu bertindak sebagai pemimpin. Ia harus dapat menempatkan dirinya di tengah para bawahannya dengan baik, maupun dengan berbagai pihak luar yag harus ia temui setiap harinya berkaitan dengan bisnis yang ia jalani.

Keorisinilan

Seorang entrepreneur harus memiliki kreativitas tinggi dan mampu menciptakan inovasi-inovasi dalam usahanya. Tanpa adanya kreativitas untuk menciptakan ide-ide orisinil, tentu seorang entrepreneur tidak akan bisa bertahan dalam dunia persaingan bisnis.

Berorientasi masa depan

Seorang entrepreneur sejati tak boleh terjebak dengan pemikiran sempit dan rencana-rencan jangka pendek saja. Ia wajib memiliki rencana jangka panjang dan cara berpikir yang berorientasi terhadap kelangsungan bisnisnya di masa depan.

Mau menerima kritik

Seorang entrepreneur sejati tidak menganggap kritik sebagai suatu hal yang menakutkan. Kritik merupakan masukan berarti untuk memperbaiki diri.

Sementara itu, ahli ekonom lainnya, M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer mengemukakan delapan karakteristik yang harus dimiliki seorang entrepreneur:

  1. Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya.
  2. Lebih memilih risiko yang moderat.
  3. Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil.
  4. Selalu menghendaki umpan balik yang segera.
  5. Berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan.
  6. Memiliki semangat kerja dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
  7. Memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.
  8. Selalu menilai prestasi dengan uang.

Dalam mencapai keberhasilannya, seorang entrepreneur memiliki karakteristik-karakteristik tertentu. Buku “Enterpreneurship and Small Enterprise Development Report” menitikberatkan tiga karakter yang dimiliki seorang entrepreneur yang sukses.

Proaktif

Memiliki inisiatif dalam berbisnis dan tegas saat membuat keputusan.

Berorientasi prestasi

Tercermin pada cara pandang dan tindakan yang diambil saat peluang bisnis ada di depan mata. Entrepreneur yang sukses juga menyadari pentingnya efisiensi dalam menjalankan bisnis, mengutamakan kualitas dalam pelaksanaan pekerjaan, memilki kemampuan perencanaan yang baik dan tidak melupakan arti penting dari pengawasan.

Komitmen terhadap pihak lain

Kesuksesan seorang entrepreneur juga dipengaruhi kemampuannya dalam memenuhi komitmen terhadap pihak lain, misalnya dalam kontrak bisnis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. muhamad Rida Subagja nim (1415104070) TIPS B/III IAIN Cirebon berkata

    dalam point mau menerima kritik terutama pada no 8 yang isinya Selalu menilai prestasi dengan uang??? itu maksudnya apa?. dan jika kita memiliki jiwa seorang entrepreneur dan kita ingin sekali yang namanya mempunyai usaha. terkadang saya bingung, dari mulai titik manakah kita harus bergerak dalam orientasi membangun bisnis??