Inilah yang Harus Diperhatikan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital

0 123

EVERYTHING IS DIGITAL. Begitulah kiranya sebutan yang tepat untuk mendeskripsikan kondisi kita hari ini. Mendidik anak di era digital berarti selalu berupaya mendampingi mereka dalam menerima manfaat dari teknologi yang ada secara optimal. Dengan begitu, orang tua dapat mencegah hal- hal yang tidak diinginkan serta mencegah dari penggunaan peralatan dimaksud secara berlebihan.

Digitalisasi telah merambah ke setiap sisi kehidupan manusia termasuk pendidikan. Kehadiran teknologi digital seakan mampu meniadakan batasan- batasan interaksi manusia di segala aspek. Selain itu, digitalisasi dimaksud telah membawa umat manusia “tercebur” kepada gaya hidup baru yang ternyata tak bisa lepas dari perangkat yang serba digital. Namun, perlu di ingat bahwa, tak selamanya yang serba digital memberikan manfaat, ia juga memiliki sisi- sisi negatif yang perlu menjadi perhatian bersama, khususnya para orang tua.

Kondisi saat ini yang sudah lazim di sebut sebagai era digital memaksa para orang tua lebih waspada dan melakukan penyesuaian terhadap cara mendidik anak- anaknya sehingga lebih bisa diterima oleh mereka.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan para orang tua dalam mendidik anak di era digital:

Batasi Penggunaan Gadget

Orang tua sebaiknya tidak membiarkan anaknya bermain- main atau menggunakan gadget hingga berjam-jam lamanya. Orang tua sebaiknya memberi batasan waktu dalam penggunaan hal dimaksud. Hal ini tentu menjadi cara yang paling bijak yang dapat di lakukan orang tua agar seimbang.

Dorong Melakukan Aktivitas Motorik

Anak- anak harus diingatkan akan tanggung jawab dan prioritasnya. Hal ini dilakukan agar dapat menstimulasi tumbuh kembang anak, sehingga mereka tidak hanya pasif dengan bermain gadget saja. Artinya, jika para orang tua membolehkan anaknya menggunakan gadget, mereka harus selangkah lebih maju dan lebih paham daripada anak- anaknya

Selektif Memilih Media atau Tayangan yang Tepat dan Aman

Harus di akui bahwa kehadiran multimedia menjadi sangat sulit untuk dihindari oleh anak-anak. Maka, hal yang penting dilakukan para orang tua adalah memilihkan mana yang sesuai dengan umur anak- anak. Orang tua harus bersikap tegas dalam memberi aturan main kepada anak yang belum cukup usia.

Monitoring Lingkungan

Mendidik anak, dalam kondisi semacam ini memiliki tantangan yang cukup besar. Mengapa? Karena mengasuh dan menjaga anak- anak bukan hanya dari dunia nyata, tapi juga melakukan pengawasan dan penjagaan dari dunia maya. Sehingga para orang tua di tuntut untuk belajar membaca dan memahami situasi saat ini agar dapat memonitor anak- anaknya.

Demikianlah hal- hal yang dapat di lakukan para orang tua dalam upaya mendidik anak- anak di era digital seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.