Investasi Lego Ternyata Lebih Menggiurkan Dari Emas

0 39

Investasi Lego Ternyata Lebih Menggiurkan Dari Emas – Orang mungkin mengenal Lego sebagai sebuah brand mainan terkenal, bukan barang investasi. Namun, sejak memasuki tahun 2000, perusahaan mainan asal Denmark ini lebih diapresiasi oleh banyak orang sehingga menaikkan nilai investasinya.

Dalam 15 tahun terakhir, nilai rata-rata sebuah set Lego dengan kondisi baik bisa naik sampai 12 persen, yang bisa bertambah saat set tersebut sudah berhenti diproduksi. Bahkan, untuk set Lego yang keluar tahun sebelumnya, nilainya bisa bertambah sekitar 36 persen.

Lego Eiffel Tower
Masuk dalam 10 termahal di Dunia – Lego Eiffel Tower dengan harga $1,601.93 (Milik orang Indonesia)

Kenaikan ini dinilai banyak pihak sangat luar biasa. Jika dibandingkan dengan investasi emas dalam jangka waktu yang sama, investasi logam mulia ini hanya naik sekitar 9,6 persen.

Produk Terbatas Miliki Nilai Investasi Tinggi

Produk-produk Lego dengan permintaan tinggi kebanyakan adalah set terbatas seperti Star Wars. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk set lainnya juga memiliki harga investasi yang tinggi.

Sebagai contoh, harga Ultimate Collector’s Millennium Falcon saat perilisannya di tahun 2007 hanyalah 510 dolar AS atau sekitar 7 jutaan rupiah. Sekarang, harga set tersebut sekitar 4.041 dolar AS atau sekitar 56 jutaan rupiah.

Ultimate Collector's Millennium Falcon
Ultimate Collector’s Millennium Falcon

Harga yang meningkat naik ini dikarenakan Lego tidak mempromosikan barang-barangnya pada pasar khusus barang-barang bekas, melainkan menjual langsung pada pelanggannya.

Sehingga, naik harga yang melambung ini didukung oleh perangkat lain. Seperti pelelangan di internet macam eBay yang memasarkan set Lego yang sudah jarang dan tidak diproduksi lagi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.