Inspirasi Tanpa Batas

Jadikanlah Sayur Sop Menu Utama Ramadhan ini Manfaatnya

0 5

Konten Sponsor

Menu sayur tentu selalu jadi rekomendasi bagi setiap dokter, ahli gizi bahkan para pakar nutrisi di seluruh dunia. Begitu juga dengan sayur yang satu ini, yupzz sayur sop. Nah, menjelang Ramadhan sedikit kita ungkap referensi menu utama Ramdhan yang kaya akan manfaat menjaga kebugaran tubuh kita selama menjalani Puasa.

Sayur yang terdiri dari berbagai macam bahan dan rempah ini, selain enak juga merupakan gudang gizi dari berbagai macam bahan itu sendiri. Sayur sop yang terdiri dari wortel, kentang, daun kol, kembang kol, tomat, seledri dan rempah rempah memang asupan yang mumpuni bagi tubuh kita. Berikut ini gizi yang terkandung pada masing-masing bahan sayur sop :

Fakta menarik dari kandungan Wortel yang baik buat mata dan jantung

Tumbuhan yang berwarna Orange ini, baik untuk kesehatan mata, kaya akan vitamin A, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, vitamin C, vitamin E dan beta karoten yang terlihat dari warna orange-nya. Selain untuk kesehatan mata wortel ini juga mampu mencegah serangan jantung karena akan mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

Uniknya kandungan Kentang dalam sayur sop mampu mengatur tekanan darah

Kentang yang kaya akan  potassium, vitamin C dapat meyalurkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian pada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Kentang juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi yang baik bagi tubuh kita.

Kandungan Kol Daun dan Kembang Kol bagi lambung dan usus

Daun & kembang Kol mengandung senyawa anti kanker dan merupakan salah asatu sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol ternyata sangat tinggi sehingga mampu memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus.

Tomat dapat Cegah radikal bebas dan sebagai antioksidan

buah yang satu ini mengandung banyak vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat lycopene yang tekandung dalam tomat juga membantu tubuh memerangi radikal bebas sebagai antioksidan.

Sop yang Biasa mengandung Daun Seledri mampu menjaga ginjal dengan Baik

Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Natrium dalam daun seledri berfungsi untuk melarutkan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal. Seledri juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika Perlu, tambahan Ayam atau daging ayam yang kandungan gizinya sangat mumpuni

Fakta kandungan gizi  pada daging ayam Menurut USD Aadalah  sebagai berikut, dalam 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.

Selain bahan pokok tadi, untuk menambah rasa, sayur sop bisa juga ditambah dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan berbagai macam kasiat, tentu ini akan menambah selera.

Nah jadi, jika ingin menjaga gizi dalam tubuh selama beraktifitas apa lagi saat menjalani ibadah puasa. Rasanya, sayur yang satu ini recomended banget ada dalam menu shaur atau menu berbuka  anda. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar