Jangan Abaikan Asupan air Putih selama menjalani Ibadah Puasa

0 10

Health- Sebagian besar dari kita mengabaikan Asupan air Putih selama menjalani Ibadah Puasa. Berbuka puasa dengan yang manis memang dianjurkan. Akan tetapi meminum air putih terlebih dahulu juga dianjurkan.

Faktanya saat ini banyak orang yang pada saat puasa berbukanya hanya dengan yang manis dan melupakan air putih. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis berkalori tinggi dapat mengakibatkan penimbunan kalori berupa lemak. Sedangkan air putih, selain dapat menghilangkan dahaga saat berbuka juga akan membantu tubuh menutupi kehilangan cairan saat puasa.

menurut pakar kesehatan, saat berpuasa kita harus pintar menjaga keseimbangan dalam memilih makanan dan minuman baik sahur maupun buka puasa.  Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari akan menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh.

Hindari minum yang berlebihan, karena minum terlalu banyak sekaligus dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal). Sehingga, sangat penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur hingga berbuka.

Manfaat Asupan air Putih saat berpuasa

Seperti yang kita ketahui, Dehidrasi Akan Merusak Kinerja Otak. Bukan hanya berdampak pada Demikian pula dengan sel-sel otak, sehingga ketika dehidrasi kita jadi susah untuk berpikir dan berkonsentrasi. Dehidrasi yang sudah kronis dapat mengerutkan sel-sel otak, sehingga untuk mengolah informasi otak harus bekerja lebih keras.

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling dibutuhkan saat bekerja, seperti mengolah informasi, berkonsentrasi, serta mencari jalan keluar. Hampir seluruhnya menggunakan otak. Maka dari itu penting dalam menjaga agar tubuh tetap terhidrasi supaya bisa bekerja dengan baik.

Manfaat Dari Asupan air Putih yang cukup saat berpuasa,  antara Lain sebagai berikut:

  1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita,
  2. Menjaga kadar cairan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan mempercepat penyerapan makanan, melancarkan sirkulasi pada ginjal.
  3. Mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal,
  4. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur,
  5. Sangat membantu mengendalikan asupan kalori tubuh,
  6. Minum air putih sangat ampuh dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan dengan meminum yang mengandung tinggi kalori,
  7. Menjaga kesegaran kulit kita,
  8. Melindungi saraf tulang belakang dan bagian jaringan sensitif pada tubuh lainnya,
  9. Air putih akan membantu dengan cepat proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran dari tunuh kita.

Pada akhirnya kita tidak boleh mengabaikan peran penting air bagi tubuh kita, apalagi saat kita menjani ibadah puasa yang memang menghabiskan banyak cairan tubuh dalam aktivitas siang hari. [aL]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.