Inspirasi Tanpa Batas

Jangan Biarkan Iri Hati Menggerogoti Hidup Kita

Tops merubah rasa iri hati ketika melihat kesuksesan atau kebahagiaan orang lain menjadi sebuah motivasi

0 13

Konten Sponsor

Tahukah kamu, bahwa iri hati merupakan salah satu dosa besar?. Jika kamu pernah merasakan iri hati kepada orang lain, maka jangan biarkan perasaan itu mendominasi hidup kamu. Tanpa disadari, mungkin kamu pernah merasakan iri hati pada saat melihat orang lain sukses, membeli barang-barang mewah. Iri saat kamu melihat mantan pacar memiliki pacar baru yang lebih cantik atau tampan dari kamu. Iri saat kamu melihat teman menikah dan Iri saat teman kamu mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Sedangkan kamu pacar saja tidak punya atau sudah beberapa kali melamar pekerjaan tapi di tolak terus, atau bisa juga karena melihat teman kamu jalan-jalan ke luar negri. Rasa iri hati ini akan sangat membingungkan ketika terjadni pada orang-orang terdekat, karena di satu sisi kamu ingin merasa ikut bahagia, tapi di sisi lain kamu juga ingin merasakan atau mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan yang sama seperti mereka.

Nah, untuk menjauhkan rasa iri hati tadi, di sini akan ditulis beberapa tips dari Jill Brown, penulis dan pendiri situs “The Duchess Guide” yang dikutip dari buku karangan Alam Bachtiar yang diterbitkan oleh Araska tahun 20017.

Ketahui apa yang menjadi dasar rasa iri

Berfikirlah untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya menjadi dasar rasa iri hati kamu. Jika teman kamu sukses, kenapa itu membuat mu menjadi sangat iri? Apakah kamu rugi jika teman mu sukses? Lalu, jika kanu juga ingin mendapatkan kesuksesan yang sama, bukankah seharusnya kamu berfikir bagaimana caranya supaya mendapatkan kesuksesan, bukan malah iri atau mencibir kesuksesan orang lain.

Jujurlah pada diri sendiri untuk menemukan akar permasalahan yang membuat pikiran kamu begitu tak tenang akan kesuksesan orang lain.

Cobalah berpikir, seandainya kamu berada di posisi orang lain

Pikirkan, kira-kira apa yang sudah dilakukan orang lian untuk mendapatkan kesuksesan seperti yang mereka raih sekarang? Mungkin mereka telah berusaha sekuat tenaga dan telah mengalami banyak kesulitan sebelum akhirnya bisa sukses dan bahagia. Jadikanlah itu sebagai motivasi untuk kamu supaya menjadi orang yang lebih baik dan lebih rajin dalam bekerja.

Sadari bahwa mimpi hanya bisa diraih dengan usaha dan kerja keras, bukan dengan melamun saja. Jika orang lain yang awalnya sama-sama bermimpi dulu seperti kamu, lalu bisa menjadi kenyataan, maka hal itupun bisa menjadi kenyataan pada hidup kamu. Pikiran seperti ini bisa membuat kamu turut senang akan kebahagiaan orang lain.

Cari cara sendiri untuk menghilangkan rasa iri.

Tanya pada diri sendiri, “apa yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut?” jika kamu ingin menajdi orang kaya yang suskes, yang bisa membeli barang mewah, maka kamu harus bekerja lebih rajin dan lebih keras lagi, pandai memanage keuangan, jangan boros, dan mulai lah menabung.

Atau jika kamu merasa mumet dan bosan, kamu bisa mengalihkan pikiran dengan mencari hiburan ke luar, atau sekedar ngobrol-ngobrol dan becanda dengan teman atau keluarga supaya pikiran iri tersebut dapat terlupakan.

Ingatlah, bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Jika saat ini kamu belum sukses, bukan berarti

kamu tidak ditakdirkan menjadi orang sukses, dan bukan berarti kamu harus menyerah sampai berhenti berusaha. Jika kamu melihat orang lain sukses, maka janganlah iri, tapi jadikanlah cerita sukses mereka sebagai motivasi supaya kamu menjadi orang yang lebih baik supaya bisa mencapai mimpi-mimpi dan kesuksesan seperti mereka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar