Jangan Duduk Lebih Dari Tiga Jam

0 3

Duduk terlalu lama telah menjadi kebiasaan masyarakat urban, terutama para pekerja kantoran. Padahal, kebiasaan ini dapat mengundang berbagai penyakit. Setiap satu jam duduk, maka terjadi peningkatan kadar plak dalam pembuluh darah arteri sebesar 14%. Akibatnya area tersebut dapat tersumbat. Dan katanya bahwa duduk selama tiga jam sehari juga berpotensi mengurangi harapan hidup hingga dua tahun.

Tidak Ada Batasan Pasti

Memang tidak ada batasan pasti mengenai lamanya durasi duduk. Yang jelas, semakin lama waktunya, semakin besar resiko terkena penyakit kronis. Dalam sebuah penelitian tentang durasi duduk perhari, peserta dibagi dalam empat kelompok. Yakni 4 jam, 4-6 jam, 6-8 jam dan ada yang lebih dari 10 jam.

Mereka yang duduk lebih dari 4 jam sehari beresiko terkena penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang kurang waktu tersebut. Duduk lebih dari 6 jam sehari dapat menimbulkan resiko darah tinggi, obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Sementara duduk lebih dari 10 jam perhari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sekitar 8%. Wow !

Dampak dari terlalu lama duduk juga menyebabkan depresi, suasana hati yang akan menjadi buruk. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena depresi menigkat hampir 100% pada wanita yang memiliki gaya hidup dengan kualitas rendah, dibandingkan dengan mereka yang memilih olaharaga secara teratur.

Adapun duduk terlalu lama hingga 12 jam perhari. Dapat meningkatkan penyakit jantung dan stroke, sebesar 14% daripada mereka yang duduk selama 3 jam sehari.

Saat Anda duduk, otot kaki Anda tidak akan sepenuhnya benar-benar aktif, dan Anda akan mengalami kesulitan memproses glukosa darah yang akan berdampak pada kesehatan

Karena fakta itu, maka kita diharapkan melakukan aktifitas fisik, seperti berjalan kaki atau berdiri setelah tiga jam duduk. Jadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dampak buruk dari kebiasaan duduk lama adalah dengan beraktifitas atau melakukan banyak hal yang memerlukan gerak fisik. Pastikan untuk istirahat pada jeda duduk setiap tiga jam dengan berjalan ringan setidaknya selama lima menit. Berdiri dan berjongkok juga dapat membantu tubuh kita mendapatkan kekuatan melawan tarikan beban gravitasi.

(masyarakat urban) (pekerja kantoran)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.