Juli Melahirkan Sosok yang Membuat Perancis Terkenal

Juli Melahirkan Sosok yang Membuat Perancis Terkenal
0 29

Juli Melahirkan Sosok yang Membuat Perancis Terkenal. Tahukan anda siapa yang merancang jenis pakaian dengan corak dan warna yang memikat? Bahkan melalui sosok ini, negara di mana dia dilahirkan, telah membuat dirinya, sampai saat ini diakui sebagai pusat model dunia. Sosok ini ternyata adalah seorang laki-laki bernama Joseph Marie Jacquard yang lahir di Bulan Juli.

Sosok ini lahir di Paris pada 7 Juli 1752. Ia meninggal pada usia 82 tahun, tepatnya pada pada tanggal 7 Agustus 1834 di Kota yang sama. Sampai pada usia 13 tahun, sosok ini ternyata masih buta huruf. Sampai usia dimaksud, Ia ternyata tidak mampu membaca dan menulis. Orang tuanya, karena termasuk keluarga yang miskin, tidak mampu membuat mendidik anaknya itu di sekolah formal

Sosok yang dahsyat dalam konteks model pakaian ini, awalnya hanya dikenal sebagai pembuat topi terbuat dari jerami. Ia memiliki watak otodidak. Ia meningkatkan kemampuan diri melalui ketekunannya dalam mengerjakan usaha memintal [menjahit pakaian] dalam jenis kain sutera.

Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba melalui usaha dan pekerjaannya ini, ia kemudian membuat suatu rancangan awal untuk membuat kartu berlubang. Kartu itu dibantu dengan menggunakan perkakas tenunan. Alat bantu yang digunakannya, sebenarnya telah lama dikembangkan Jacques de Vaucanson di tahun 1745 di Kota yang sama.

Pembuat Paris terkenal itu Ternyata Buta Huruf

Mekanisme perkakas tenun Jacquard, umumnya dikendalikan dengan menggunakan pola lubang tercatat di seuntai kartu. Pola ini, untuk era moderen memang dianggap rumit, sehingga untuk saat ini dianggap tidak lagi populer. Tetapi, dari pola dia pula, akhirnya banyak perancang terinspirasi membuat sesuatu. Sesuatu yang bukan saja langka bagi negaranya, tetapi, juga langka bagi negera lain di dunia.

[irp posts=”19697″ name=”Mereka yang Lahir di Bulan Juli Berkarakter Intelektual”]

Melalui mekanisme mesin yang dia ciptakan itulah, akhirnya justru keajaiban dunia model terbingkai. Sehingga wajar, jika pada tahun di mana dia meninggal [1834], pemerintah Perancis langsung membuat patung dirinya untuk ditegakkan secara perkasa di Lyon.

Lyon atau Lyon Couzon Au Mont d’Or adalah tempat di mana dia hidup dan dibesarkan. Di sisi Utara Kota ini terdapat Sungai Saone. Sungai indah bagi mereka yang pernah ke sana. Patung ini dibuat untuk memberi penghormatan atas jasa-jasanya dalam membuat perkakas tenun. Itulah yang membuat Paris, Perancis sampai saat ini terkenal sebagai kota model dunia. Tanpa peran sertanya, Paris tampaknya masih kesulitan mencari model teristimewa bagi negaranya.

Joseph Marie Charles adalah pengikut katolik konservatif di Lyon. Setelah dia menjadi sosok yang mulai terkenal dalam bidang model pakaian, ia baru mempelajari cara membaca dan cara menulis. Saudara  ipar dia yang bernama Jean-Marie Barrett, yang mengelola bisnis percetakan dan penjualan buku, itulah yang mengajarinya.

Melalui Barrett juga-lah, Joseph Marie Charles diperkenalkan kepada masyarakat umum dan tentu ilmuwan yang terpelajar di generasi. Dia pula yang akhirnya menjadi salah sebab munculnya tokoh-tokoh kritis pendidikan. Mengapa? Sebab karena dia yang tidak sekolah formal namun kemudian mendigjayakan Perancis itulah, menginspirasi kritisis pendidikan di mata kritikus. Dari berbagai sumber dan peta lokasi langsung dari Perancis. Prof. Cecep Sumarna

Komentar
Memuat...