Jurus Jitu Meningkatkan Rumah CEPAT Dan HEMAT

0 60

Meningkatkan rumah kini bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan, biaya yang anda keluarkan pun bisa dihemat. Tapi ada syaratnya. Apa saja?

Ketika jumlah keluarga bertambah, makan kebutuhan ruang pun ikut bertambah. Bila terbentur lahan, maka solusi satu-satunya adalah menumbuhkan secara vertical (menambah lantai ke atas). Duku, menambah lantai (ngedak) kerap dilakukan dengan cara konvensional, yakni mengecor beton langsung di tempat. Namun, berkat perkembangan teknologi material, pekerjaan ngedak dapat dilakukan dengan material instan yang praktis dan hemat waktu.

Cara konvensional membuthkan takaran material yang tepat agar adonan semen pas. Bila takarannya asal-asalan maka akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko tersebut, ia menyarankan untuk menggunakan material instan yang sudah memiliki takaran yang sesuai.

Lebih Murah, Asal ……

jurus-jitu-meningkatkan-rumahBanyak yang beranggapan jika material instan sudah pasti mahal, karena dilengkapi teknologi terkini. Bila kontraktor atau pemilik rumah tidak menghitung RAB secara matang dan rinci, makan potensi biaya membengkak sangat tinggi. Oleh sebab itu, saat merancang RAB, pastikan anda mengkonsultasikannya kepada kontraktor atau arsitek yang berpengalaman. Demikian pula saat proses pembangunan. Bila menggunakan cara konvensional, maka pastikan takaran antara semen, air dan pasir sesuai.

Tukang yang tidak berpengalaman biasanya hanya menakar sesuai dengan apa yang ia lihat dan ajarkan dari seniornya. Jika ajarannya benar, tidak masalah. Jika salah? Akibatnya dapat fatal, bangunan akan cepat rusak dan lagi-lagi anda akan mengeluarkan biaya lebih.

Selain itu, pengerjaan degnan cor beton cenderung lebih berantakan dan memakan waktu yang lama. Butuh waktu kita-kira 2 minggu untuk menunggu beton kering sejak pengerjaan selesai. Dari sisi harga, umumnya ngedak dengan cor beton dihitung per meter kubik. Harga juga tergantung dengan kualitas beton yang digunakan. Umumnya untuk rumah tinggal dengan ukuran standar menggunakan beton K225 dan K250, sedangkan untuk rumah mewah lebih baik menggunakan beton K300 dan K350. Harga ngedak dengan cor beton saat ini berkisar pada angka Rp700.000 – Rp1 Juta/m3.

Besar kecilnya biaya meningkat rumah juga dipengaruhi oleh struktur bangunan anda. Bila fondasi bangunan lama anda sudah didukung untuk bangunan 2 lantai, maka tidak jadi masalah. Banyak juga rumah yang dibangunan pengembang tidak didukung untuk bangunan 2 lantai. Sehingga, anda harus banyak membongkar dan menambahkan fondasi dan kolom baru, ini tentu menguras kocek anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.