Inspirasi Tanpa Batas

KABUPATEN JAYAPURA PRIMADONA PARIWISATA DI TIMUR NEGERI

0 30

Konten Sponsor

Wilayah Papua sudah lama dikenal sebagai daerah yang sangat kaya. Baik dari sumber daya alam, khususnya pertambangan maupun keelokan alamnya yang terkenal hingga manca negara. Hal itu sangat disadari oleh pemerintah Indonesia termasuk pemerintah kabupaten Jayapura sendiri. Berbagai pembenahan dan peningkatan berbagai sektor pun terus dilakukan, terutama dalam bidang industri dan pariwisata.

Pemerintah sangat menyadari bahwa potensi alam untuk pariwisata sangat besar. Kalau mengandalkan tambang saja, tentu suatu hari nanti akan habis, tetapi kalau mengandalkan keindahaan alam dan kebudayaan, tidak akan habis. Oleh karena itu saat ini pemerintah setempat lebih memfokuskan pembenahan pada sektor pariwisata. Beberapa sektor pariwisata yang menjadi andalan diantaranya kehidupan warga asli Jayapura dan keindahan alamnya. Untuk itu, Pemkab Jayapura serius menggarap penataan kota dan tata ruang serta insfrastruktur supaya menjadi wilayah yang rapih dan tertata baik supaya para wisatawan merasa nyaman ketika datang ke Jayapura.

Langkah perbaikan yang terus dilakukan antara lain adalah pengembangan Bandara Sentani yang menjadi pintu utama  untuk memasuki Papua. Bandara ini menjadi pusat menuju semua wilayah di Papua. Selain itu, pemerintah juga sedang dalam proses menyiapkan pelabuhan internasional supaya kapal-kapal pesiar bisa mendarat di sana.

Beberapa potensi dan kegiata wisata yang menjadi andalan diantaranya, setiap tahun menggelar festival Danau Sentani pada bulan Juni. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan sudah banyak dikenal dalam kalender pariwisata.

Beberapa kegiatan budaya dan kesenian digelar pada kegiatan tahunan ini. Mulai dari tari-tarian, aksi perahu, memperkenalkan berbagai kerajian daerah dan masih banyak lagi. Bahkan salah satunya ada aksi memanggil buaya yang merupakan salah satu kebudayaan penduduk di sekitar Danau Sentani tersebut.

Memang, Danau Sentani ini sangat luas dan unik. Wisatawan bisa datang ke pulau atau kampung Asey Besar. Penduduk di pulau ini terkenal dengan lukisan yang terbuat dari kulit kayu. Kerajinan ini biasnya menjadi kerajinan para kaum ibu. Hampir setiap rumah menghasilkan kerajinan lukisan ini. Tiadak ada wilayah lain yang menghasilkan kerjainan yag serupa. Jika berminat, maka membeli langsung di tempat ini akan lebih murah daripada membeli di tempat yang sudah dipasarkan di kota. Harganya bervariasi, tergantung ukuran, mulai dari 50.000 sampai 350.000.

Selain itu, wilayah lain yang wajib didatangi jika melancong ke Jayapura adalah Tugu Mac Arthur yang merupakan tugu peringatan sejarah perang dunia ke-2. Tugu ini merupakan peninggalan dari Jenderal Douglas Arthur yang mendarat di Papua pada tanggal 22 April 1944 dan sempat bermukim selama tiga tahun sambil mempersiapkan serangan menuju Filipina dan dilindugi UU NO. 5 Tahun 1992 tentag Cagar Budaya. Tugu ini berada di wilayah Ifar Gunung. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan pemandangan indah kota Sentani beserta Danau Sentani yang menawan. Setiap tahun selalu saja ada turis yang datang ke tempat ini, yang katanya cucu atau keturunan dari anggota pasukan Mac Arthur. Selain itu, kawasan wisata di seputaran Gunung cyclop yang sangat indah juga akan terus diperkenalkan oleh pihak Pemda kabupaten Jayapura.

Destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi yaitu pantai Harleem Desa Tablanusu yang terletak di Distrik Depapre. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Ombaknya pun tidak teralu besar karena pantai ini merupakan wilayah teluk, sehingga cocok bagi pencinta snorkeling. Temburu karang, ikan laut dan biota laut lainnya dapat kita saksikan saat snorkeling. Tidak perlu snorkelling sampai ke tengah laut untuk melihat keindahan bawah laut pantai Harleem ini. Beberapa meter dari bibir pantai pun sudah menawarkan snorkeling spot yang indah.

Bagi pecinta batik, ternyata Sentani pun  mempunyai batik khas. Saat ini sudah bisa didapatkan di beberapa toko khusus batik Sentani dan Papua yang mulai marak di Sentani. Motifnya sangat khas dengan warna-warni yang berani.

Untuk itu, demi meningkatkan potensi wisata yang akhirnya dapat membuat roda perekonomian Jayapura semakin membaik, maka pemerintah sangat mengharapkan banyak investor yang datang. Misalnya untuk hotel-hotel besar, bisnis pariwisata dan berbagai industri lainnya yang mendukung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar