Kamu Entrepreneur Bidang SaaS ? Yuk Ketahui Hal-Hal ini

0 15

Anda mungkin mematok harga yang terlalu rendah. Jangan lakukan itu!

Menentukan harga yang tepat adalah sebuah seni dan ilmu. Bisa jadi Anda mematok harga terlalu tinggi dan mungkin Anda juga bisa menentukan terlalu rendah namun sejumlah tekanan membuat sebagian besar entrepreneur menentukan terlalu rendah.

Anda mungkin terlalu senang karena merasa sudah mendapatkan konsumen. Sebagian besar pendiri startup gembira karena ada orang yang menggunakan produk mereka, meski tanpa membayar atau membayar dengan harga yang rendah. Seringkali ini membuat penentuan harga yang lebih rendah di masa awal demi memaksimalkan jumlah konsumen awal dan penggunaan produk. Akan menjadi sulit untuk menaikkan harga setelah Anda berada di posisi yang lebih solid.

Anda ingin menyenangkan konsumen. Dan memang kurang menyenangkan menyaksikan konsumen marah dan kecewa pada Anda.

Anda tidak ingin berbicara dengan konsumen. Akan sangat menggoda untuk memilih menerapkan harga yang rendah yang akan mendukung kecepatan yang tinggi, model penjualan yang berkelas rendah. Mayoritas orang benci negosiasi konsumen yang tidak menyenangkan. Namun, dalam banyak pasar, sebagian besar kesepakatan yang dirundingkan merupakan cara untuk memaksimalkan pemasukan bagi konsumen yang lebih besar.

Anda adalah juru runding yang buruk. Anda menelepon konsumen yang mendapati masalah dengan hasil produk Anda dan berkata,”Saya tidak akan pernah membayar lebih dari $500/ bulan untuk POS ini.” Anda mengiyakan. Ternyata konsumen itu seharusnya membayar $5000/ bulan: mereka hanya bernegosiasi, yang mereka lakukan setiap hari.

Anda tahu ada banyak hal yang salah dalam produk Anda. Anda menemukan bugs dan menyadari adanya berbagai fitur lain yang tidak terpikirkan. Anda merasa berasa bersalah menentukan harga yang terlalu tinggi hingga produk itu sempurna.

Inilah Alasannya

Namun, berikut adalah sejumlah alasan untuk mengenakan biaya sebanyak mungkin yang Anda bisa:

  1. Maksimalkan pemasukan: Katakanlah Anda gandakan harga produk. Anda kehilangan 10% pemasukan dan sebagian yang lain bersedia membayar 2 kali lipat? Bukan hal yang buruk. Umumnya, Anda akan kehilangan konsumen lebih sedikit daripada yang Anda pikir.
  2. Kuatkan posisi Anda sebagai penyedia produk premium di pasar Anda – bahkan jika itu belum sepenuhnya benar. Itu akan memberikan Anda pemasukan yang membuatnya nyata karena mengarah pada persepsi itu.
  3. Anda menjadi pakar dalam penambahan manfaat dan menjual manfaat – belajar lebih awal untuk menjual manfaat, bukan harga dan itu akan mempengaruhi semua hal di perusahaan Anda. Semua itu akan berdampak pada produk yang Anda buat dan jenis orang yang Anda rekrut. Anda harus belajar banyak dari sini. Jadi mulailah sekarang.
  4. Dukungan dan implementasi akan menghabiskan dana lebih banyak dari yang Anda pikir. Anda membutuhkan konsumen Anda untuk membiayai pengalaman dukungan yang baik. Anda bisa menjelaskan itu pada mereka saat Anda menanyakan mengapa Anda memberikan harga yang tinggi.
  5. Anda bisa meminta hal lain dari konsumen. Misalnya, harga yang Anda tentukan ialah $5000/ bulan dan konsumen spesifik berkata jujur ia hanya bisa membayar $1000. Diskusikan dengan memintanya melakukan studi kasus bagi Anda. Bicaralah di konferensi Anda. Jadilah referensi. Anda masih akan mendapatkan $1000 yang Anda seharusnya dapatkan, dan kini Anda menjadi rekanannya.
  6. Anda bisa memangkas konsumen marjinal Anda. Katakanlah Anda kehilangan 10% dari konsumen karena kenaikan harga. Jumlah itu merupakan akun-akun terburuk, yang paling tak menghargai produk Anda dan mereka paling tidak berpeluang tumbuh bersama Anda dan menariknya adalah orang-orang yang paling mengabaikan dukungan yang Anda berikan untuk produk Anda. Semua waktu dan upaya Anda untuk mendukung kenyamanan mereka dalam menggunakan produk Anda kini bisa ditujukan sepenuhnya untuk akun-akun yang lebih bersedia membayar harga yang layak dan premium.
  7. Anda mungkin harus menghitung lagi jumlah konsumen yang ada di pasar Anda, jumlah mereka yang bisa Anda rebut, dan apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen potensial tersebut. Mungkin Anda tidak memiliki banyak pilihan. Pasar SaaS adalah pasar yang penuh dengan perusahaan yang bisa meraup ribuan akun dengan pemasuka dari tiap akun sebanyak $99 per bulan dan menyimpulkan kemudian bahwa Anda tidak bisa membuat sebuah perusahaan dengan jumlah yang demikian sedikit.

Saya terus menemui kejadian serupa, lagi dan lagi. Direktur atau CEO sebuah perusahaan menaikkan harga produknya, perusahaan cemas dengan dampak kenaikan itu. Kenaikan akan terjadi, sedikit konsumen mengeluh dan kondisi akan kembali normal dengan cepat. Dan akan ada lebih banyak pemasukan yang Anda raup.

Di perusahaan saya yang sebelumnya, kesepakatan bisnis kami terbesat mencetak rekor lebih dari 6 juta dollar. Setiap kali saya mengatakan pada CEO atau Wakil Pimpinan Penjualan kami bahwa hal itu tidak akan berhasil memacu pemasukan kami, saya selalu salah.

*SaaS ( Software as a Service)

Komentar
Memuat...